#211 Pendidikan Menjadi Inti dari Kreatifitas dan Inovasi Belanda

Apa yang membuat sebuah negara dapat menjadi maju dan terus mempertahankan kemajuannya tersebut?

Jika jawabannya adalah sumber daya alam yang melimpah, jawaban tersebut mungkin ada benarnya namun kurang tepat, karena banyak contoh negara yang menjadi maju tanpa dukungan SDA yang berlimpah seperti yang dialami oleh Belanda. Kreativitas dan inovasi merupakan jawaban yang tepat, karena dua hal tersebut merupakan inti untuk mencapai kemajuan suatu bangsa. Sejak dahulu, selain sebagai bangsa yang ulet dan pekerja keras, Belanda juga terkenal dengan inovasi dan kreatifitas yang dimilikinya, hal tersebut dapat kita lihat di berbagai sektor.

Inovasi dan kreatifitas pada sektor pertanian di negara Belanda telah mengubah pertanian menjadi suatu industri, terbukti sektor tersebut dapat menyumbang 20% dari pendapatan nasional Belanda, padahal sebagian besar wilayah Belanda berada dibawah permukaan laut yang tergenang oleh air. Pada bidang Industri, kita dapat melihat beberapa perusahaan besar dunia yang berasal dari Belanda seperti Shell, Unilever, dan Phillips. Ketiga perusahaan tersebut telah berusia diatas 70 tahun, namun sampai saat ini masih terus berdiri dan memproduksi produk-produk yang mendunia. Pada bidang arsitektur kita bisa melihat inovasi dan kreatifitas yang dilakukan pada pembangunan dam dan polder. Keduanya merupakan inovasi dan kreatifitas bangsa Belanda untuk menahan air laut serta membuat daratan yang bisa dihuni oleh banyak orang hingga saat ini. Selain pada bidang-bidang tersebut kreatifitas dan inovasi juga terdapat pada sektor industri kreatif seperti desain, film, music, fashion, seni pertunjukan, video game, dll. Industri kreatif yang semakin maju dan berkembang tersebut sejak dahulu telah menjadi penopang utama ekonomi nasional Belanda.

Kreatifitas dan inovasi yang dimiliki oleh bangsa Belanda tidak muncul secara tiba-tiba namun muncul karena didukung oleh sistem pendidikan yang dirancang secara sistematis serta memiliki kualitas yang tinggi. Pendidikan di negara Belanda memiliki orientasi internasional yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi individu yang mampu bersaing secara global. Walaupun Belanda adalah sebuah negara kecil, namun Belanda termasuk dalam 10 besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Sistem pendidikan di Belanda, mulai dari pendidikan di usia dini sampai tingkat perguruan tinggi menjadi salah satu best practice bagi banyak negara didunia. Pendidikan di Belanda tidak hanya mengajarkan siswa untuk memperoleh ilmu tetapi berfungsi juga untuk menanamkan budaya inovasi dan kreatifitas, seperti terlihat pada metode belajar dan mengajar.

Metode belajar mengajar yang diterapkan di Belanda adalah student-centered, metode ini terbukti efektif dalam menanamkan budaya kreatifitas dan berinovasi dalam diri siswa. Pada metode ini siswa diberikan kebebasan untuk mengekpresikan pendapat yang dimilikinya. Siswa tidak hanya berperan sebagai pendengar ketika guru menerangkan pelajaran, namun siswa memiliki peran penting dengan aktif ikut serta dalam diskusi, hal ini tentunya membantu siswa untuk lebih berpikir kritis tentang ilmu yang diperolehnya. Belanda juga terkenal dengan metode problem-based learning dalam sistem pengajarannya. Dengan metode ini siswa didorong untuk bekerja secara independen dan disiplin, dengan berusaha mencari sendiri informasi yang dibutuhkan untuk menemukan solusi dan pemecahan masalah yang dihadapi.

Sistem pendidikan dan metode pembelajaran yang diterapkan di Belanda merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Selain menghasilkan banyak penerima nobel, Belanda juga banyak menghasilkan individu yang kreatif dan penuh dengan ide-ide inovasi.

– ditulis oleh M. Fajar

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s