#212 Belanda dan Rahasia Industri Kreatifnya Yang Mendunia

Konsep tentang industry atau ekonomi kreatif awalnya dikembangkan oleh Perdana Menteri Inggris Tony Blair pada tahun 1990, dan saat ini telah berkembang ke seluruh dunia. Belanda merupakan negara yang sukses mengembangkan industri kreatif, selain terkenal akan sifat ulet dan pekerja keras, Belanda juga terkenal sebagai bangsa kreatif dan seringkali menghadirkan ide-ide baru dalam bentuk produk inovatif. Industri kreatif di Belanda tidak hanya sebagai industri alternatif namun telah memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan ekonomi Belanda. Menurut laporan dari Explorative Study of the Creative Industry SenterNovem pada tahun 2009, nilai tambah industri kreatif di Belanda mencapai sekitar 16,9 milyar Euro, atau lebih dari 3% GDP. Industri kreatif Belanda seperti desain, arsitektur, fashion, seni pertunjukan, tari, format tv, software, dll. mengalami pertumbuhan yang tinggi bahkan telah merambah level global. Tercatat bahwa ekspor pertahun dari industri kreatif mencapai 7 milyar euro atau 1,7 % total ekspor Belanda.

Industri kreatif di Belanda mencakup banyak bidang, seperti sektor fashion, Belanda memiliki lebih dari 1.300 orang Fashion designers dengan turnover indutri fashion yang mencapai 9 milyar euro, 4.4 milyar euro berasal dari ekspor. Banyak brand fashion dengan reputasi dunia berasal dari Belanda. Spijkers en Spijkers adalah salah satu contoh brand fashion Belanda yang mendunia, merupakan karya kreatif para desainer muda yang memiliki desain casual, dinamis namun tetap elegan sesuai dengan jiwa generasi muda. Dalam bidang musik, Belanda adalah perintis bagi event musik dan tari intenasional, hal ini dapat dilihat pada ekspor musik dari Belanda yang mencapai 39 milyar euro dan 40% berasal dari musik untuk tarian. Di bidang pertelevisian, kita mengenal acara reality show fenomenal Big Brother, yang sampai saat ini telah ditayangkan di hampir 50 negara dengan format lokal masing-masing negara termasuk Indonesia.

Di bidang arsitektur, Belanda sejak dahulu telah terkenal akan karya arsitektur, pembangunan kota, dan konstruksi seperti De Rotterdam (The Vertical City), Waterstudio, Amsterdam Arena Stadium, dan kita juga masih dapat melihat karya arsitektur Belanda di Indonesia seperti Gedung Merdeka Bandung, Observatorium Bosscha, Museum Fathillah, dll. Di bidang desain, terdapat nama desainer terkenal serta jenius Rietveld, dengan desain paling fenomenalnya Rietveld Schroder House yang kini telah ditetapkan UNESCO menjadi salah satu situs warisan dunia. Pada bidang software, Belanda mengembangkan sebuah open source bernama Blender, yang membantu para animator di seluruh dunia untuk menciptakan animasi dengan software yang powerful namun dengan harga yang terjangkau.

Terdapat beberapa hal yang menjadi rahasia mengapa industry kreatif tumbuh dengan pesat di Belanda. Pertama adalah budaya kreatif dan inovasi yang telah ditanamkan sejak dini pada pendidikan di Belanda melalui metode student-centered dan problem-based learning. Kreatifitas dan inovasi merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan di Belanda, saat proses belajar siswa di Belanda didorong untuk selalu mencari solusi kreatif dan inovatif. Kedua adalah dukungan penuh pemerintah terhadap industry kreatif, hal tersebut dapat dilihat dengan pembentukan Dewan Industri Kreatif Belanda (Dutch Creative Industries Council). Selain mengucurkan dana besar di industry kreatif, pemerintah Belanda secara total memfasilitasi pihak swasta yang ingin berinvestasi di bidang industry kreatif.

Jadi culture dan government support merupakan unsur utama bagi pengembangan kreatifitas dan inovasi di Belanda.

– ditulis oleh M. Fajar

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s