#213 Semua tentang Kreatifnya Mereka

Terus terang saya sih belum pernah ke Belanda, jangan kan ke Belanda, nengok ibu kota kita Jakarta aja, saya belum pernah. Saya termasuk salah satu dari ribuan orang yang punya mimpi bisa “go international”, maksud saya, saya ingin sekali bisa punya kesempatan mengenyam pendidikan di luar negeri. Saking mimpi-mimpiin itu semua, saya jadi suka sekali mengorek-ngorek info mengenai beberapa negara, salah satunya adalah negara tulip, Belanda.

Satu-satunya bahasa belanda yg saya tau cuma, ik, artinya saya. Dan tentang Belanda yang saya ingat adalah negara ini berada di bawah permukaan laut. Seperti cerita guru-guru SD saya dulu, negara ini di kelilingi oleh tanggul-tanggul, saya tidak terlalu mengerti dan belum bisa terlalu membayangkannya

Berbicara tentang kreatifitas dari negara ini, tentu sudah tidak diragukan lagi. Negara yang juga dikenal sebagai negara kincir angin ini pada awal tahun 2012 mendapat tempat kedua sebagai negara sebagai negara terbaik yg melakukan bisnis. Salah satu pendongkrak yang menjadikan Belanda sebagai negara bisnis terbaik adalah adanya 5 pelabuhan besar yang dibangun lengkap dengan kemudahan akses keseluruh dataran Eropa. Supaya diketahui, Belanda menganut sistem perekonomian internasional dan terbuka. Dalam perekonomian internasional, Belanda juga memiliki peranan penting saat mendirikan Uni Eropa, WTO dan EOCD. Saat mendirikan Uni Eropa dengan beberapa negara lainnya, Belanda juga menggantikan mata uangnya dari Gulden menjadi Euro.

Siapa yang tahu produk paling terkenal dari Belanda? Philips! Produk bohlam lampu ini memang sangat terkenal di Indonesia. Merk yang saya sebutkan di atas salah satu dari berbagai produk yang di export oleh Belanda. Masih banyak lagi produk-produk berkualitas yang di export oleh Belanda. Nah, pada tahun 2007, Belanda dinobatkan sebagai negara pengekspor terbesar ke-3 setelah Jerman dan Prancis. Tapi, jangan ditanya masalah ekonomi pertanian-nya yah. Karena, sektor pertanian hanya menyumbangkan 4% peluang pekerjaan. Jadi, negara ini memang hampir sepenuhnya bergerak dalam bidang industri.

Kalo paragraf di atas menyebutkan nama Philips, nah, akhir maret lalu, Philips membuat sebuah inovasi dengan menghias Catherinaplein (nama lapangan) di daerah Eindhoven dengan lampu-lampu Led nya yang indah. Lampu LED di buat seakan-akan melayang-layang, melilit di antara dan di tengan pepohonan. Bahkan, menurut Penasehat Eksekutif Kota untuk Inovasi, Budaya dan Ruang Publik dari kota Eindhoven, keuntungan dari inovasi lampu LED “melayang” ini dapat mengurangi pemakaian tiang lampu, sehingga para pengguna jalan mendapat tempat yang lebih luas.

Hmm.. Kalo sudah melayang, berarti hampir terbang donk? Ngomong-ngomong masalah terbang, para pakar teknologi Belanda memang sejak lama telah merancang-rancang untuk membuat mobil terbang seperti di film-film action heroes. Seperti membuat mimpi jadi kenyataan, SPARK yang terdiri dari 25 orang kreator merancang sebuah mobil yang dapat terbang. Mobil yang masih dalam tahap penyempurnaan ini di beri nama PAL-V. Si PAL-V ini dikembangkan agar bisa berjalan di darat dan terbang di udara, saat ni prototipe nya masih terus di uji secara ekstensif. Jadi, kalo mobil ini sudah benar-benar sempurna dan dipasarkan, rasanya kita gak perlu repot-repot mikirin macet ya. Kalo macet, tinggal tekan tombol fly, wuusssh, terbang dehBener-bener deh, ini negara saking kreatifnya, yang cuma khayalan bisa sampai jadi kenyataan.

Masih berbicara tentang kreatifitas. Beberapa ilmuwan di Belanda, baru-baru ini menemukan energi alternatif baru. Ketika mobil-mobil atau kendaraan semakin banyak, ternyata para ilmuwan berpikir secara keras bagaimana kendaraan-kendaraan itu semakin berguna bukan sebagai alat transportasi saja. Nah, akhirnya tercetuslah “vibration energy”. Energi getaran ini dihasilkan di jalan raya. How? Ya, kendaraan-kendaraan yang lalu lalang di jalan raya ini lah yang akan menjadi penghasil energinya. Getaran-getaran yang dihasilkan oleh kendaraan inilah nantinya akan di ubah menjadi energi. Energi ini menjadi energi alternatif karena energi yang dihasilkan tergantung jumlah kendaraan yang lewat di jalan raya. Untuk menyerap energi ini digunakan material piezoelectric. Saya jadi berpikir, gimana kalau material ini digunakan pada jalan-jalan di Indonesia? Bisa jadi energi utama ya, mengingat jalanan kita lebih banyak kendaraan. hehee..

Biasanya, inovasi dan kreativitas itu didasari oleh pendidikan yang didapat. Untuk masalah pendidikan, Belanda memang udah tidak diragukan lagi. Pada tahun 2012 ini, Belanda mendapatkan peringkat ke-3 sebagai negara dengan jumlah universitas terbanyak padaWorld Reputation Ranking 2012. Yang masuk dalam deretan universitas dengan reputasi terbaik adalah Delf university of technology, yang terkenal sebagai pencetus di bidang inovasi dan teknologi.

Selain itu, beberapa universitas multi-disiplin seperti Utrecht University, juga mendapat tempat dalam deretan 100 universitas reputasi terbaik 2012. Menurut Times Higher Education, ada 5 universitas di Belanda dalam 100 deretan tersebut. Dan baru-baru ini, Utrecht University juga mendapatkan peringkat 30 sebagai top 50 sciences university, sementara Wageningen University mendapatkan peringkat 17. Mungkin, bagi yang baru lulus SMA atau yang ingin melanjutkan studi science, universitas-universitas di atas bisa jadi tujuan yang tidak sia-sia.

Ternyata, selain terkenal dengan Kincir angin dan bunga tulip yang indah, Belanda memiliki banyak kreatifitas lain yang telah mendunia. Keberanian para ahlinya untuk ber-inovasi dan mencoba hal-hal baru, membuat negara ini semakin maju dengan pesat. Mereka saling percaya satu sama lainnya, dan mewujudkan sesuatu yang hanya fiksi menjadi kenyataan, salah satu contohnya adalah mobil terbang. Masih banyak lagi inovasi yang telah diciptakan oleh orang-orang Belanda yang kreatif.

– ditulis oleh Ella Tambunan

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s