#215 2 C + P + Be Happy

Curiousity, Creativity, and Persistence

Berdasarkan opini saya, tiga kata tersebut sungguh mewakili perspektif saya terhadap orang belanda. Bayangkan saja, terkadang sesuatu yang kita anggap tidak mungkin, tetapi akan menjadi suatu hal yang mungkin bagi orang Belanda. It’s possible to something impossible.

Kita ketahui bahwa 70% wilayah belanda adalah laut. Hampir separuh daripada negara belanda berada kurang 1 meter dpl. Menurut logika kita, seharusnya Belanda sudah tenggelam, tetapi pada faktanya tidak. Why?

Nah, melalui proses berpikir dan kreativitas orang belanda, mereka membangun suatu bendungan atau dam di pantai sekeliling wilayah tepi Belanda. Dalam proyek itu, kincir angin memegang peranan penting yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan membendung air, serta untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin.

Seiring waktu, fungsi kincir angin semakin berkembang atau bersifat multiplier effect. Sekitar abad ke-17 kincir angin digunakan juga sebagai sarana pembantu di bidang pertanian dan industri seperti : memproduksi kertas, menggiling jagung, mengasah kayu, dan mengeluarkan minyak dari biji. Bahkan, sebagian kincir angin yang masih ada sekarang menjadi  obyek wisata yang sangat menarik. Saya menjamin, apabila turis mengunjungi Belanda pasti akan melihat kincir angin. Belanda dan kincir angin itu sudah sepaket atau sejiwa. Makanya, belanda di sebut juga negeri kincir angin.

Dari hal diatas, kita dapat mempelajari bahwa keterbatasan bukan suatu hambatan. Namun, dapat menjadi suatu peluang, apabila kita mau untuk berpikir dan bekerja keras.

Dari segi engineering masih banyak kreativitas yang diciptakan oleh warga belanda, salah satunya yaitu mobil terbang. Pernah tidak kita berpikir untuk menciptakan mobil terbang? Ternyata belanda mempunyai ide tersebut. The ideas won’t always just be ideas for dutch people. But, they do something. Orang belanda men-create kan mobil dengan kemampuan untuk terbang. Hanya dengan menggunakan tombol on/off, mobil dapat digunakan di darat atau di udara. Mobil ini dinamakan PAL-V (Personal Air and Land Vehicle). Sungguh, ini merupakan teknologi mutakhir untuk mengatasi negara yang padat penduduknya dan selalu bermasalah dengan kemacetan, Jakarta maybe 🙂

Nah, dari penciptaan mobil terbang ini, kita dapat belajar juga bahwa belanda merupakan problem solver. Dalam artian, jika melihat atau dalam masalah, orang belanda tidak hanya diam, tapi mencari solusi. Ini merupakan ciri negara yang sukses. Tidak salah, negeri van oranye ini termasuk dalam peringkat ke-10 penerima nobel terbanyak.

Tidak hanya dari segi engineering dan science yang patut diacungi jempol, di sisi lain seperti art, sport dan tourism nya pun tidak kalah menarik. Dari art, belanda mempunyai banyak pelukis ternama. Ketika abad ke 17, belanda memiliki pelukis seperti Rembrandt van Rijn, Jan Steen, Johannes Vermeer dan lain – lain. Pada abad ke 19 dan 20 terdapat pula pelukis ternama yaitu Vincent van Gogh dan Piet Mondriaan.

Satu pelukis yang akan saya bahas yaitu Rembrandt van Rijn.

Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan. Banyak karya yang telah dihasilkannya, salah satunya karya yang berjudul sang filosofer.

Dalam bidang sport, Belanda banyak memenangkan piala di kejuaraan internasional. Contohnya, pada olimpiade musim panas di Sydney tahun 2000, Belanda berada di tempat ke delapan dalam memenangkan piala emas. Sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer. Selain itu, berenang, sepeda balap, tenis, dan bola voli juga digemari. Robin van Persie, salah satu pemain sepak bola asal belanda yang semua pencinta sepak bola pasti mengetahui. Van Persie memperkuat sebagai penyerang tim sepakbola Belanda dan bermain untuk tim Arsenal.

Dari segi tourism pun, banyak dari setiap sudut Negara Belanda yang menjadi tempat objek wisata. Baik dari Anne Frank Museum sampai taman bunga tulip. And you know, bunga tulip hanya ada di belanda. Maka dari itu, bunga tulip juga merupakan suatu ciri khas dari Belanda.

Last but not least, be happy. Perhaps ini merupakan kunci utama suksesnya negara Belanda. Belanda termasuk pada peringkat ke-4  negara yang paling bahagia di dunia dari 156 negara, menurut the world happiness report yang diterbitkan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Happiness itu berpengaruh nyata terhadap actionnya kita. So, dari rasacuriousity orang belanda terhadap sesuatu dapat menimbulkan creativity di tambah dengan persistence. sehingga jadilah belanda seperti sekarang ini. Dan terakhir, be happy, dalam artian kebebasan orang belanda dalam berinovasi dan enjoy dalam melakukannya. It’s completed. :))

– ditulis oleh Ayu Arisa

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s