#225 A Super Creative Country

It’s about a super-creative country.
Mari kita mulai bercerita tentang betapa kreatifnya Negara ini, hingga terkenal ke penjuru dunia dengan kreatifitasnya yang “super”. Mari kita membicarakan sebuah Negara yang landai, berada 1 meter di bawah permukaan laut namun tak pernah mengeluh soal banjir. Ini tentang Belanda, Holland, Netherland, atau orang Inggris menyebutnya sebagai Dutch.
Bukti otentik yang menunjukkan prestasi di atas dapat kita lihat dari keterlibatan Belanda dalam 10 besar “most creative country in the world” oleh survey Martin Prosperity Institute dengan Global Creativity Index sebesar 0.854 (peringkat 10). Wow ! Maka tidak mengherankan jika Belanda punya segudang obyek kreatifitas untuk dipamerkan ke seluruh dunia. Inovasi dan kreatifitas dari masyarakat Belanda sungguh mempesona, membuat semua orang terobsesi untuk menyaksikan mekarnya bunga tulip, menyusuri perkotaan dengan perahu, atau sekedar memandangi putaran kincir angin legendaris.
Kreatifitas bangsa Belanda sepertinya memang sudah menjadi tradisi dari jaman dulu sampai era modern saat ini. Penggabungan antara seni artistik tempo dulu dengan karya cipta era modern membuat Belanda tidak hanya menarik tapi juga remarkable. Buat saya, yang baru melihat Belanda dari wikipedia, google, dan mesin pencari lainnya, Belanda itucolorfull dan amazing.
Kenapa colorfull ?
Pertama, bangsa Belanda terdiri dari bermacam-macam ras dan suku, membuat pergaulan di negeri itu semakin beragam. Kedua, banyak cinta di sana. Seperti kata Vincent van Gogh, pelukis legendaris Belanda:

I feel that there is nothing more truly artistic than to love people

Mereka menempatkan cinta sebagai sesuatu yang begitu artisitik, membuat semua yang diciptakan oleh bangsa Belanda menjadi berseni, penuh cinta, dan tentunya berwarna.
Kenapa amazing ?
Kolaborasi yang terjadi antara seni tradisional peninggalan jaman dulu, bakat kreatifitas dan inovasi dari bangsa Belanda, serta hasil karya cipta yang modern dan penuh warna menghasilkan hal yang menajubkan: satu set masterpiece. Seperti Spielberg dengan “Saving Private Ryan”-nya, Da Vinci dengan “Mona Lisa”-nya, ataupun Jobs dengan “Apple”-nya. Ada sisi klasik yang artisitik, ada inovasi yang memberikan warna, dan ada pula sisi melankolisnya. Beuh ! Amazing !
Satu yang saya kagumi dari bangsa Belanda, mereka mampu memanfaatkan keterbatasan dan menjadikannya sesuatu yang luar biasa. Dunia tentunya memahami jika Belanda punya banyak sekali kincir angin, bendungan, dan kanal, karena tanah mereka yang di bawah permukaan laut dan secara luar biasa mereka membuatnya menjadi layak untuk ditinggali. Dunia juga pastinya memahami bagaimana seorang Vincent Willem van Gogh menciptakan karya seni yang berkualitas tinggi dengan segala keterbatasannya. Last but not least, dunia seharusnya memahami juga bagaimana Rinus Michael menciptakan Total Football dan menemukan dirinya menjadi pelatih kelas dewa dengan menaklukan eropa.
500 kata sudah pasti tak cukup untuk berbicara tentang kreatifitas yang tak terbatas, tentang bangsa yang penuh warna, dan ini semua tentang Belanda.
– ditulis oleh Dhimas C. Purnama

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s