#232 Dan Kincir Itu Akan Terus Berputar

Meskipun memiliki wilayah relatif kecil jika dibandingkan dengan negara eropa barat lainnya, sejatinya Belanda adalah sebuah negara yang besar. Belanda merupakan negara yang diperhitungkan di mata internasional. Kebijakan, pandangan, dan sikap yang diambil akan membawa pengaruh pada situasi eropa khususnya dan pada dunia internasional umumnya.

Belanda salah satu negara maju dengan tingkat kemakmuran yang tinggi di dunia. Dengan pendapatan per kapita sekitar 42.000 $ US membuat penduduknya memiliki kemampuan untuk memilih. Konsekuensi dari kemampuan memilih adalah mencipta saat barang atau sesuatu yang pernah dipilih tidak sesuai dengan selera. Ketika berbicara tentang mencipta maka dapat dipastikan ada eksperimen di sana yang pada akhirnya menghasilkan sebuah penemuan. Eksperimen adalah kunci sebuah kreativitas.

Jauh sebelum Belanda menjadi sebuah negara kerajaan demokratis modern selepas Perang Dunia II, orang-orangnya telah menunjukkan sikap keingintahuan yang besar terhadap segala hal. Mereka berani menantang diri mereka sendiri untuk berpetualang ke seantero bumi demi sebuah harapan.

Sejarah dunia mencatat dalam peradaban manusia modern saat mereka mampu menyulap daerah yang letaknya lebih rendah dari lautan menjadi wilayah yang mampu dihuni secara modern. Bila sekitar sepuluh tahun lalu Dubai melakukan pembangunan di wilayah perairannya untuk dijadikan kota, Belanda telah melakukannya lebih dulu ratusan tahun lalu. Bangunan berkualitas tinggi yang tahan lama dengan teknologi yang belum semaju sekarang tentunya hanya bisa didapat dari tingginya kreativitas, dedikasi, dan pantang menyerah.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, kesempatan belajar setinggi-tingginya yang diberikan pemerintah kepada masyarakatnya membuat Belanda makin hari makin kokoh kebesarannya dengan aneka penemuan, kreativitas, ide baru yang diaplikasikan ke sendi kehidupan masyarakatnya lalu disebarkan ke seluruh dunia untuk kemakmuran bersama. Kreativitas akhirnya mendarah daging ke setiap nadi masyarakatnya untuk selalu membuat dan menemukan sesuatu.

Antusiasme masyarakat Belanda sangat didukung oleh pemerintahnya dengan menggelontorkan banyak dana untuk penelitian, kompetisi, pendidikan, dan aneka kebijakan yang mendukung terciptanya iklim kreativitas terus berjalan berkesinambungan. Pemerintah Belanda sadar dengan sumber daya alam yang terbatas, maka yang harus ditingkatkan dalam persaingan global adalah kekuatan sumber daya manusia. Dengan manusia yang unggul permasalahan negara bisa diatasi dengan ilmu, teknologi, kebijakan yang komprehensif, serta kolaborasi dengan negara lain yang saling memberi manfaat.

Hal ini yang perlu dicontoh oleh negara-negara berkembang. Belajar dan bertukar pengalaman dengan negara maju seperti Belanda. Masyarakat dan pemerintah Belanda yang terbuka dan sangat menjunjung tinggi kebebasan HAM, di mana salah satunya adalah masalah pendidikan, pastinyanya membuka tangan lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin belajar dan bertukar pikiran. Universitas dan perpustakaan di Belanda adalah yang terbaik di dunia, di mana gudang ilmu tersimpan. Tinggal bagaimana kita, masyarakat dunia memanfaatkannya.

Sebab kreativitas terjadi karena melakukan inovasi dari cara terdahulu yang pernah dilakukan pendahulu-pendahulu kita. Dan setiap catatan sejarah dari segala aspek kehidupan manusia di dunia ini selayaknya tersimpan dalam sebuah ruang yang bernama perpustakaan. Dengan demikian kreativitas akan terus bermunculan, ide baru akan terus tumbuh apabila kita menengok sejarah kemarin sebentar lalu melaju untuk menggapai hari esok yang lebih baik.

Sebuah negara bernama Belanda telah mengajarkan itu untuk dunia. Negara di mana terdapat ladang tulip terhampar, negara di mana kincir angin akan terus berputar, seirama putaran bumi mengelilingi matahari.

– ditulis oleh Saepiudin

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s