#233 Creative, the Legend of Dutch

Assalammu’alaikum….
Angin terus berhembus menerpa badan saya dengan kencangnya, padahal diluar tidak sedang badai.
*ya iya lah, saya kan pake kipas angin, hehehe…*
Ngomongin tentang angin, saya jadi kepikiran tentang kincir angin, dan kalau sudah mikirkan kincir angin pasti pikiran selanjutnya adalah Belanda…
Dan, taukah kalian? Belanda merupakan negara yang dihuni oleh orang-orang yang kreatif. Mereka selalu memiliki pemikiran yang unik bahkan cenderung gila.
*gila atau kreatif sih?, yang jelas donk Dis!*
Iya iya, kata dosen saya, orang yang kreatif adalah orang yang memiliki pemikiran bebas layaknya orang gila berpikir. Nah, orang-orang Belanda juga begitu, mereka memiliki pemikiran yang gila. Coba deh bayangin, pada mulanya negara Belanda adalah negara yang sebagian besar tanahnya berada di bawah permukaan laut, akibatnya mereka kesulitan untuk melakukan perkembangan negaranya. Akan tetapi mereka mulai bertanya pada diri mereka sendiri, bagaimana caranya agar air laut yang menggenangi sebagian besar wilayah mereka berkurang? “Mengurasnya!” itulah pemikiran gila yang mereka lontarkan. Coba pikirkan, memangnya bisa air laut dikuras? Tidak. Tapi orang-orang Belanda membuktikannya bahwa air laut dapat dikuras, tidak dengan ember, tidak dengan tangki melainkan dengan kincir angin.
Mereka mengetahui bahwa air yang menelan lahan mereka berasal dari laut. Mereka mempelajari bahwa laut juga memberikan angin (angin darat pada malam hari dan angin laut pada siang hari). Kemudian mereka menemukan ide, memanfaatkan angin laut untuk mengalahkan air laut. Sungguh kreatif, menyelesaikan masalah tanpa masalah, *bukan Dis, itu sih pegadaian*, iya ya, maksud sayamenyelesaikan masalah dengan memanfaatkan masalah tersebut.
Dengan menggunakan kincir angin dan tenaga angin tentunya, mereka memindahkan air laut serta mendorongnya ke lautan kembali sehingga terbentuklah daratan yang lebih luas (polder).  Hasilnya, sekarang belanda memiliki daratan yang lebih luas dan memiliki objek wisata yang menarik yaitu kincir angin itu sendiri, sungguh keuntungan ganda yang hanya bisa diperoleh melalui kreatifitas.
Orang Belanda memang kreatif dan inovatif. Kincir angin tersebut merupakan hasil pemikiran kreatifitas mereka di waktu yang lampau.
*Hah? Lampau? Kalau dulu saja sudah se-kreatif itu, bagaimana sekarang ya, ckckck?*
Di waktu modern ini, kreatifitas mereka tak pernah surut bahkan semakin berkembang dengan banyak sekali penemuan inovatif yang mereka hasilkan. Salah satunya adalah Vibration Energy.
Vibration energy adalah suatu metode inovatif produksi energi dari sebuah getaran di jalanan sehingga bisa digunakan sebagai energi alternatif. Sungguh kreatif, di jurusan kuliah yang saya ambil, arsitektur, getaran yang ditimbulkan oleh kendaraan di jalan harus diminimalisir, disingkirkan atau dihilangkan sehingga tidak mengganggu kehidupan manusia di sekitarnya. Tetapi, ilmuwan Belanda malah berkata lain, mereka mengeluarkan pertanyaan, ‘apa getaran tersebut harus dihilangkan?’ ‘Tak bisakah dimanfaatkan?’.
Berangkat dari pertanyaan tersebut, mereka melakukan suatu penelitian dan percobaan, dan pada klimaksnya, ahli riset Belanda dari Tauw dan University of Twente berhasil menunjukkan bahwa getaran yang dihasilkan kendaraan di jalanan dapat menghasilkan tenaga listrik. Penelitian tersebut berhasil dilakukan pada jalan raya N34 dekat Hardenberg di Belanda bagian timur menggunakan material piezoelectric .
Seperti Avatar Aang yang mengendalikan berbagai elemen dengan takdir kekuatan, Belanda juga dapat mengendalikan berbagai aspek dengan kreatifitas. Two thumps…eh, enggak, eight thumps lah buat Belanda, meski saya harus pinjam jempol teman saya. Hehehe..
– ditulis oleh Hawadis
Iklan

5 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

5 responses to “#233 Creative, the Legend of Dutch

  1. the rise of creative class, city with knowledge based. silahkan mencontoh yang positive. 😀

  2. Sangat menarik.. harus byk belajar dari belanda.. walaupun kita sempat dijajah org belada, tp sayang pemikiran org kita g ikut djajah utk menjadi seperti mereka..
    Intinya, pelajari permasalahan yg dihadapi.. Nice post..!!

    • Ridwan Ali

      boleh juga artikelnya, unsur edukatif, informatif dan yang utama, komunikatifnya dapet….. two thumps…. tapi Belanda kok kreatifnya bisa merata ya pada tiap penduduknya?? jadi pengen ke Belanda juga…

      • Terima kasih, kalo mau tau kenapa Belanda bisa kreatif, ya karena mereka senantiasa bahagia…. bisa dibaca di artikel saya yang lain post #234 Belanda Tersenyum, Dunia Memberi Senyum…. (promosi.. hehehe)

    • iya gan, bahkan di bidang arsitektur, belanda berhasil memenangkan Best International Venue lewat Amsterdam RAI-nya dan mengalahkan juara tahun lalu, ADNEC Abu Dhabi….. Kalo mau belajar arsitektur, arsitektur Belanda bisa jadi pilihan yang menarik….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s