#238 Zulanda ke Belanda

Berbicara mengenai disiplin ilmu dalam dunia pendidikan. Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih sebuah negara sebagai tujuan untuk menjalani studi. Belanda menjadi salah satu negara yang menjadi tujuan studi mahasiswa-mahasiswa dari berbagai latar negara, bangsa dan budaya yang tidak sama. Semua berkumpul dan menyatu dalam satu tujuan yang mulia, yaitunya menuntut ilmu pegetahuan.

Nah, terkait dengan bahasan “Zulanda ke Belanda” ini, merupakan suatuanekdot (lelucon) yang sebenarnya terlahir dari sebuah guyonan teman-teman sewaktu masih berada di bangku Madrasah Aliyah (MA). Mungkin karena kemiripan dalam pengucapan kata Zulanda yang mendekati kepada kata Belanda, maka pada saat guru melakukan presensi kehadiran, nama saya selalu menjadi bahan tertawaan yang menurut saya itu merupakan suatu keunikan tersendiri dan dapat membuat orang lain menjadi senang.

Buat saya itu tidak masalah dan saya merasa fine-fine saja dengan gurauan tersebut. Toh, ada tidak merugikan saya sedikit pun. Namun, bisa jadi karena hal tersebut memberikan dorongan yang positif dan yang tak terduga pada diri saya, sehingga sampai saat sekarang ini saya memiliki tekad pada suatu hari nanti dapat melanjutkan pendidikan di kota Zulanda, ops salah, kota Belanda.
Yang pasti, bakal seru dan gak rugi seumur-umur deh! Untuk lebih meyakinkan, mari kita simak alasan-alasan mengapa studi di belanda itu terasa lebih nikmat. Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker bahkan juga mengungkapkan sejumlah alasan yang mendasari Belanda menjadi negara favorit bagi mahasiswa yang berasal dari berbagai negara.
1.      Menjadi Pelopor/Perintis
Belanda dikenal sebagai negara yang menghasilkan banyak pengusaha dan penemu. Mereka dikenal sebagai seorang perintis. Negara ini telah melahirkan peraih Nobel terkenal di bidang fisika, kimia, ekonomi, dan kedokteran. Selain itu, ada pula filsuf, seniman, serta ilmuwan. Dalam dunia pendidikan, Belanda merupakan negara pertama di Benua Eropa yang menawarkan program-program belajar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Para mahasiswa pun didorong untuk mendatangkan ide–ide kreatif dan inovatif, sehingga menjadi pelopor.
2.      Kreatif
Belanda juga dikenal sebagai negara yang dipenuhi orang-orang kreatif yang selalu hadir dengan ide-ide baru. Bagi mereka yang pernah atau sedang menjalani studi di negara ini pasti mengetahui bahwa mahasiswa didorong untuk berpikir tentang solusi kreatif.
3.      Menjalin hubungan
Orang Belanda sangat ingin menjalin hubungan dengan budaya lain di dunia dan komunitas bisnis. Ini artinya, sebagai mahasiswa Anda akan mengambil bagian dalam kelas Internasional. Faktanya, di Belanda saat ini terdapat lebih dari 81.700 mahasiswa internasional.
4.      Menikmati pendidikan berkualitas tinggi
Dalam hal pendidikan tinggiPada tahun 2011, sebanyak 12 universitas di Belanda masuk dalam peringkat 200 besar daftar perguruan tertinggi di dunia. Peringkat ini juga menempatkan sistem pendidikan tinggi Belanda di tempat ketiga, yang dalam pengukuran tersebut sebagai sistem nilai pendidikan terbaik di dunia.
5.      Mendapatkan keuntungan ekonomi
Kehidupan di Belanda tidak mahal jika dibandingkan dengan negara–negara berbahasa Inggris dan menerapkan biaya kuliah yang relatif rendah. Dengan kualitas pendidikan dan biaya hidup yang relatif rendah itu, belajar di Belanda akan memberikan nilai yang menguntungkan dari sisi ekonomi.
Maka dari itu, sangat besar keinginan dari “Zulanda ke Belanda”
Keep fight, spirit, dan istiqomah
– ditulis oleh Andri Zulanda

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#238 Zulanda ke Belanda

  1. Niken

    nice 🙂
    Zulanda ke Belanda. I dont know why, but honestly, since the first time i knew ur complete name, i thought ur name is definitely has relationship with netherland. bedanya cuma di dua huruf awal. “Zu” dan “Be”. Semoga kedekatan nama itu juga semakin mendekatkan km sm Belanda. hehe

    Anyway, good luck for netherland. Semoga lolos. Amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s