#239 Belanda Negeri Seribu Impian

Belanda, Negara yang hampir sebagian besar daratannya berada dibawah permukaan laut, merupakan Negara yang begitu kental dengan kincir angin, bunga tulip dan sepatu kayu, serta sifat keterbukaan masyarakatnya. Sampai hari ini sangat banyak hal yang membuat Belanda begitu menarik untuk dibahas. Pantas saja jika Belanda hari ini disebut sebagai Negeri seribu impian.
Begitu banyak impian-impian unik yang berasal dari Belanda, hal-hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya namun dapat diwujudkan dalam dunia nyata. Sebut saja mikroskop high powernya Anton van Leeunwenhoek pemuda dari Delft yang berhasil mereka mikroskop kanta tunggal dan membuat penggunaannya menjadi lebih mudah, kemudian teleskop karya Hans Lippershey yang membuatnya teganjar upah sangat lumayan dari Ratu Belanda, elektrokardiograf ide cemerlang dari Willem Einthoven yang bekerja di Leiden, kapal selam oleh Cornellius Drebbel, tak lupa ginjal tiruan yang sangat besar manfaatnya dalam proses pencucian darah, dan masih banyak lagi inovasi kualitas tinggi lainnya bagi dunia.
 Rasa keingin tahuan dan kreativitas bangsa Belanda membuat Negeri tersebut menjadi salah satu gudang ilmu pengetahuan yang hari demi hari kian tumbuh. Sebut saja Utrech dan Wagenigen, merupakan Top 50 Universitas Life Sciences dari Times Higher Education, dimana ilmu sains dan penelitian berkembang pesat di sana, tempat tersebut adalah surga bagi para penimba ilmu yang haus akan inovasi modern.
Dengan sifat perekonomian yang maju dan terbuka sejak awal tahun 1980-an Belanda menjadi salah satu Negara perintis euro, sejak Negara ini mengganti mata uang pertamanya Gulden pada tahun 2002. Walaupun ketersediaan peluang pekerjaan di bidang pertanian hanya 4%, namun Belanda berhasil meraih posisi ke-3 setelah Amerika Serikat dan Prancis sebagai Negara pengekspor makanan. Di tengah segala keterbatasan tersebut Negara Belanda masih mampu menghasilkan devisa bagi negaranya, suatu hasil yang membanggakan.
Semua hasil karya dan innovasi para rakyat Belanda dapat dilihat di  lebih dari 1000 museum yang tersebar di setiap sudut Belanda. Suatu jumlah yang fantastis bagi sebuah Negara, museum-musem tersebut menjadi tujuan wisata utama Belanda selain keindahan kota yang bernuansa klasik plus kastilnya, kanal-kanal, danau dan sungai yang eksotis.
Sifat keterbukaan orang-orang Belanda membuat mereka mempunyai daya pikir yang sangat fleksibel sehingga setiap celah keilmuan akan selalu menjadi sebuah jalan bebas hambatan dalam pencapaian innovasi dan kreatifitas baru. Salah satu buktinya, Belanda adalah Negara bebas banjir walaupun keberadaannya yang 6,7 meter dibawah permukaan laut.
Suatu hal yang sangat perlu ditiru oleh Negara-Negara berkembang di dunia. Keterbatasan yang justru menghasilkan suatu karya-karya baru yang hari ini sangat membantu kemajuan dunia modern. Rasa kritis dan keingin tahuan yang tinggi membuat Belanda sangat mapan untuk dikatakan Negara maju. Negeri seribu impian, wadah juang untuk menginvestasikan ilmu pengetahuan dan kreatifitas menjadi satu kesatuan yang ahkirnya membuat setiap mimpi menjadi nyata.
– ditulis oleh Feby Oldfisra
Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#239 Belanda Negeri Seribu Impian

  1. andiek

    🙂 nice review.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s