#240 Yukk!! Belajar Dari Negeri Pendulang Prestasi: Belanda

Mendengar kata “Belanda” rasanya ingin langsung melihat indahnya alam salah satu negeri di benua eropa ini yang terkenal dengan taman keukenhof –taman bunga terbesar di dunia– yang berisi ratusan spesies bunga tulip, rasa ingin belajar di universitas- universitas terkenal sepanjang sejarah dengan ilmuwan dunia, dan juga melihat bangunan-bangunan dengan arsitektur menakjubkan. Negeri Belanda memang bisa memberikan kesan tersendiri  meski bagi orang yang belum pernah berkunjung kesana sekalipun. Tapi tahukah anda apa saja prestasi-prestasi yang sudah didapat negeri dengan simbol warna orange ini?
Benar Sekali !! Belanda memang jago mendulang prestasi diberbagai bidang, mulai dari sains, inovasi, pendidikan, kualitas hidup, dan bidang lainya.  Bahkan, di tahun 2012 ini saja, Belanda sudah berkali-kali masuk dalam peringkat sepuluh besar dalam berbagai kategori survei yang diadakan lembaga internasional. Banyaknya prestasi tingkat dunia yang didapat negeri kincir angin ini menunjukan bahwa Belanda memang patut untuk di jadikan sebagai salah satu tujuan negeri studi-banding. Contoh saja, dalam bidang pendidikan, Belanda memiliki ribuan universitas dan akademi dengan berbagai disiplin ilmu bertaraf internasional, sehingga hasil survei dari TheWorld Reputation Rangkings 2012menempatkan Belanda pada posisi ke-3 sebagai negara dengan universitas terbanyak, bahkan lima universitas terkemuka di Belanda yaitu Delft University of Technology, University of Amsterdam, Utrecht University, Leiden University , dan Wageningen University and Research Center masuk dalam peringkat 100 universitas terbaik dunia.
Peringkat di bidang pendidikan sudah tidak diragukan kualitasnya, lalu bagaimana di bidang ekonomi? untuk Belanda, jangan ditanya lagi,  Belanda mengalahkan negara-negara dengan ekonomi mapan seperti Inggris, Amerika dan Australia dengan menjadi negeri terbaik ke-2 setelah Hongkong dalam kategori tempat terbaik untuk berbisnis. Survei yang dilakukan oleh Bloomberg Rankings dengan meneliti perekonomian berbagai negara berdasarkan enam faktor; biaya set up bisnis baru; penyewaan dan pemindahan barang; tingkat integrasi ekonomi; biaya-biaya intangible seperti inflasi dan korupsi; kesiapan konsumen lokal, kategori yang mengandung unsur besarnya kelas menengah, konsumsi rumah tangga dan produk domestik bruto per orang. Penempatan Belanda di urutan ke-2 juga bukan tanpa alasan, karena Belanda memiliki  lima pelabuhan besar berskala internasional tentunya sehingga menjadikan akses yang mudah untuk masuk daratan Eropa, selain itu 80 persen market share untuk pasar peralatan semikonduktor juga ada di Belanda.
Prestasi selanjutnya adalah di kategori “kualiatas hidup”. Survei yang dilakukan oleh PBB untuk mengetahui tingkat kebahagiaan sebuah negara ini menempatkan negara Belanda pada posisi ke-4 setelah Denmark, Finlandia, dan Norwegia. Dalam survei World Happiness Report, menjadi negara kaya bukanlah satu-satu kriteria yang diterapkan untuk mengukur kebahagian bangsa suatu negara, kebahagianya suatu negara juga dinilai dari berbagai aspek lainya. Selain prestasi yang sudah disebutkan diatas, Belanda juga memilik berprestasi di kategori lainya seperti negara terbaik ke-2 dalam hal Work- Life Balance,posisi ke-3 untuk keterjangkauan biaya dan akses pendidikan menurut Global Higher Education  dan Peringkat ke-10 untuk kategori negara penerima nobel terbanyak.
Masyarakat Belanda yang dikenal sangat dinamis memang gemar menciptakan hal-hal baru yang luar biasa yang berasal dari ide-ide cemerlang mereka, maka tak heran jika Belanda mendapat begitu banyak penghargaan bergengsi tingkat internasional. Sifat yang menjunjung kebebasan berkreatifitas itulah yang perlu ditiru. Sungguh Belanda sebuah negeri yang kreatif dan inovatif.
– ditulis oleh Fauzan Akrom

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s