#241 Belanda Trendsetter Televisi Dunia

Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka. Pemerintah telah mengurangi perannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak tahun 1980-an. Sejarah menunjukkan, ekonomi Belanda selalu bergantung pada dunia perdagangan. Atas dasar inilah, belanda juga memperlihatkan ketangguhannya di sektor televisi.  Bahkan tak tanggung-tanggung Belanda menduduki peringkat ke tiga sebagai negara pembuat acara televisi di dunia, menyusul Inggris dan Amerika. Salah satu format acara televisi yang sukses di luar negeri adalah The Voice. Ya, The Voice, semacam Indonesian Idol kalau di Indonesia. The Voice telah diperjualkan di 42 negara di dunia. Sebagai bukti kesuksesan The Voice, tepatnya, 20 Januari yang lalu, The Voice of Holland, mampu mengundang perhatian 3,6 juta pemirsa pada babak final. Untuk lebih mengenal tentang The Voice of Holland, kita dapat mengunjungi situsnya di alamat www.thevoiceholland.com. Dari acara ini, Belanda mencoba gebrakan baru dengan mencari kandidat The Voice of Holland melalu situsnya. Sungguh, ide yang cemerlang. Selain The Voice, acara televisi Belanda yang dijual di luar negeri diantaranya “All you need is Love”, “Now or Never”,Deal or No Deal”, “Big Brother”. Tentu, kita yang berada diIndonesia pun juga tak asing dengan acara-acara tersebut.

Ketangguhan Belanda memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Belanda selalu mendorong inovasi dan kreativitas khususnya di dunia pertelevisian. Belanda mampu mengantisipasi budaya asing, sehingga lebih berani dan terbuka dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Salah satu bentuk inovasi baru dari Belanda adalah TVLab. TVLab dimulai sejak tahun 2009 sebagai proyek eksperimental dari Belanda. Para pembuat acara televisi di Belanda diberikan kesempatan selama satu minggu untuk bereksperimen lewat acara televisi TVLab. Setelah kesuksesannya terbukti pada tahun pertama, ide tentang Internasional TVLab pun terjadi. Dan alhasil, acara-acara yang ditampilkan di TVLab menarik perhatian berbagai stasiun televisi internasional. TVLab pun menjadi sangat populer di luar negeri. Dan tahun ini, tujuh negara akan menayangkan televisi eksperimental ini.
Belanda juga dikenal sebagai early-adapter. Belanda selalu berperan aktif mencari ide-ide baru yang bisa menjadi pendobrak dan trendsetter di dunia. Walaupun, menurut nilai budaya yang dianut beberapa negara, sejumlah topik yang dibuat Belanda melampau batas atau tabu, namun format-format lain bisa membicarakan sebuah topik tertentu. Acara televisi “Coming Out” adalah salah satunya. “Coming Out” mengusung topik yang sangat sensitif, misalkan saja tentang pengakuan homoseksual kepada keluarga dan teman-temannya. Namun, yang tak disangka-sangka, dalam kurun waktu satu tahun, acara tersebut mampu menarik perhatian Jerman dan Belgia.
– ditulis oleh Agung Pangestu P.
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s