#245 Pesona Seni Negeri Kincir Angin Belanda

Tahukah kamu? Meskipun negeri ini luas wilayahnya relatif kecil dan sempit, tetapi mereka memiliki SDM yang begitu kreatif. Masyarakatnya dikenal rajin, mempunyai semangat dan keuletan yang tinggi. Contoh, pernahkah terpikirkan olehmu “Kok bisa hanya dengan membudidayakan bunga tulip, mereka bisa menjadikannya sebagai komoditi ekspor yang menjanjikan? Padahal bunga tulip hanyalah bunga liar dari pegunungan”.

Atau keberhasilan mereka mengatasi masalah wilayahnya yang sebagian tanahnya berada di bawah permukaan air laut dengan menggunakan kincir angin. Keberhasilan mereka membuat Belanda semakin terkenal di kancah internasional dengan berbagai sebutan kesuksesannya. Seperti negeri kincir angin, negeri tulip, negeri keju, dan lain-lain.

Bahkan di dunia seni, Belanda juga tetap mengibarkan benderanya. Karya seni Belanda termasuk yang diminati oleh kalangan pecinta seni dunia, utamanya Perancis. Beberapa waktu lalu Perancis sempat kewalahan ketika karya seni Belanda membanjiri negeri fashion tersebut. Seharinya ada 4000 pecinta seni yang terus mendatangi museum-museum Perancis untuk melihat karya seni Belanda, bahkan saking banyaknya pengunjung, Perancis harus rela membuka museumnya hingga malam hari.

Karya seni Belanda memang sudah mulai terkenal di dunia mulai abad ke-17. Pada abad itu karya seni Belanda, terutama seni lukis, berada pada masa kejayaannya sehingga disebut ‘Abad Keemasan Seni Lukis’. Saat itu hadir seniman Belanda bernama Rembrandt Van Rijn dengan ciri khas teknik lukisnya yaitu teknik pencahayaan, detail lukisan, dan pewarnaannya yang sangat indah. Banyak bangsawan-bangsawan Belanda yang ingin dilukis oleh Rembrandt, sehingga ia disebut ‘The Most Wanted Painter’ di Eropa. Kepopuleran Rembrandt ini membuat Belanda dikenal sebagai pusat seni Eropa.

Seniman Belanda generasi selanjutnya yang terkenal di dunia adalahVincent Van Gogh, seorang seniman lukis beraliran ekspresionisme. Lukisan-lukisannya menarik, bagus dan sangat mahal. Lukisannya yang berjudul ‘Cafe Terrace at Night’ menempati urutan ke-enam sebagai lukisan paling terkenal di dunia. Bahkan lukisan lainnya yang berjudul ‘Starry Night’ berhasil menempati posisi ke-dua!

Perkembangan karya seni Belandapun terus berkembang hingga saat ini. Tidak hanya indah, unik, dan menarik, tapi juga canggih!

Adalah Peter Westerlink, seorang seniman kreatif Belanda masa kini yang menciptakan seni 3D jalanan, yaitu seni lukis tiga dimensi yang bisa dilukis dimana saja, bahkan di jalan beraspal sekalipun! Lukisan‘Terracota De Army’ adalah salah satu karyanya yang dibuat di Florida dan meramaikan Sarasota Chalk Festival yang tengah digelar waktu itu. Dan karyanya itu mendapat penghargaan dari Guinness World Record.

Karya seni Belanda lainnya yang begitu canggih adalah pembuatan awan dalam ruangan tertutup oleh Berndnaut Smildeas yang diperkenalkan awal tahun 2012. Merupakan kombinasi dari mesin uap, kelembaban suhu ruangan, dan pencahayaan dramatis membuat si‘Nimbus II 2012’ ini benar-benar seperti awan sungguhan!

Terobosan membuat awan dalam ruangan ini, membuat seniman Belanda lainnya terus terpacu untuk menciptakan karya seni lainnya yang tidak hanya indah, tapi juga canggih. Seperti rencana seorang seniman ini yang akan memadukan karya seni dengan desain penggunaan Energi terbaru Belanda untuk membuat patung es di gurun Sahara!

Sungguh negeri kecil dengan pesona kreativitas tiada habis, Belanda 🙂

– ditulis oleh Fauziyyah Putri Awalia

12 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

12 responses to “#245 Pesona Seni Negeri Kincir Angin Belanda

  1. tia

    kenapa gak menulis tetang keindahan indonesia…

  2. Saya suka seni jalanan 3D semacam itu. Sampai saat ini, saya belum menemukan hal semacam itu di Indonesia. Apakah ada?
    Saya pernah dengar, kalau Belanda itu menghargai seni. Pantas saja seniman semacam Van Gogh bisa berkarya begitu bebas.

    • Fauziyyah Putri Awalia

      yap, tapi di Indonesia apresiasi terhadap seninya baik itu oleh pemerintah ataupun masyarakatnya masih tetap kurang yaa.

  3. yadi

    mudah2an tulisan nya byk menginsfirasi dan terus berkarya

  4. rikitiw

    subhanallah sekali,coba di indonesia kaya gini.

  5. lanjut tulis artikel lainnya put..

  6. yudi wahyudin

    unik dan menarik….artikelnya cukup memberi pencerahan…

    • terimakasih 😀
      mudah-mudahan Indonesia bisa belajar dari negeri kecil yang luar biasa ini. Malu rasanya, padahal jumlah penduduk kita lebih banyak dari mereka, apalagi kekayaan alamnya, tapi kita tidak bisa menyaingi negara itu yaa. Harusnya banyak penduduk justru harus lebih kreatif yaa, banyak ide atau inspirasi dari masing-masing individu ‘harusnya’

  7. negeri kincir angin memang mempesona, artikel yang bagus!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s