#248 Netherlands, An International Centre of Education

Sebenarnya saya agak sedikit ragu ketika judul tulisan saya kali ini berorientasi kepada kencenderungan arah pendidikan dunia di masa yang akan datang. Sebelum menulis tulisan ini, saya sempat diragukan beberapa teaman sejawat saya, mereka mengritisi pola pemikiran yang akan di kembangkan dalam tulisan ini, sempat di “lempar” sejumlah pertanyaan seputar keyakinan Pribadi, akan kemampuan Belanda menarik Pelajar Internasional untuk datang ke Universitas di negari ini, belum cukup sampai disitu saya juga ditanyai tentang keabsahan refrensi-refrensi ilmiah sebagai bahan penguat tulisan saya. Di kamar kos-kosan yang sempit nan panas saya memutar otak sembari mencoba memotifasi diri sendiri berharap dapat tetap fokus pada alur tulisan yang akan saya buat, entah kenapa tiba-tiba saya jadi “Jepers” dan mengalau sendiri. seakan tidak yakin kalau saja tulisan ini bisa saja menjadi benar dan kenyataan kalau Belanda akan menjadi kiblat pendidikan dunia di masa depan. sampai pada ahkirnya saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Netherlands Embassy di Jakarta. Di sini saya banyak menemukan informasi yang luar biasa bahkan keyakinan saya semaki kuat akan kencedrungan dunia di masa depan, amin ya rabal alamin,

kiblat pendidikan Dunia Fakta pertama didapatkan dari literatur dunia yang diterbitkan oleh Global Higher Educationpada tahun 2005 (saya berani jamin ke absahan, serta tingkat keakuratannya teman-teman), dalam literatur ini statistik menunjukan bahwa kualitas pendidikan Belanda dari tahun ketahun menunjukan grafik peningkatan yang signifikan, yang menempatkan belanda pada rangking 3 terbaik dunia mengungguli beberapa negara maju lainnya, bahkan melewati pencapaian angka pendidikan di Amerika Dan Inggris. Tidak dapat di pungkiri lagi kualitas pendidikan di belanda sudah cukup mempuni dan di perhitungkan dunia saat ini. Fakta keduametode Pembelajaran yang diterapkan di Belanda sangatlah Inovatif dan tentunya tidak ribet dan menyusahkan mahasiswanya. Sistem pengajaran di Belanda berpusat pada peserta belajar (learning oriented by students), serta memberikan kebebasan pada mahasiswa untuk berkreativitas, selain itu sistem pengajarannya berdasarkan Problem Based Learning yang melatih mahasiswa untuk dapat menganalisis dan memecahkan masalah. Secara logika metode ini sangat mudah di aplikasikan keseluruh pelajar (tidak menyulitkan karena hanya membutuhkan kemampuan analisis dan sebagainya), Keunggulan lainya ialah bahasa yang di pergunakan menggunakan bahasa Internasional (english language)

Fakta Ketiga, Belanda Memiliki Universitas bersekala Internasional, seperti GronigenUtrecht, dan Leiden. ketiga Universitas ini menduduki peringkat 100 terbaik dunia. Fakta ini Secara de jure dan de facto menunjukan bahwa Universitas di Belanda tidak dapat di ragukan lagi eksistensinya di ranah pendidikan dunia.

Fakta pendukung lainnya, Belanda melaui Program kemitraan dan Social Foundation-nya menawarkan kesempatan bagi pelajar dunia untuk belajar di Univeritas-universitas terbaik negeri belanda, mulai dari Workshop,Short Course,Summer SchoolStudy Exchange, sampai Pemberian Full scholarship yang diperuntukan bagi seluruh (masyarakat) pelajar Dunia.

Sampai saat ini dari beberapa literatur dan statistik yang saya baca, jumlah pelajar asing yang belajar di belanda mengalami peningkatan yang signifikan per tahunnya. Statistik menunjukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ada 20%-25% jumlah pelajar asing yang tersebar di Universitas-universitas belanda.

Lalu bagaiman korelasi tulisan saya tentang Belanda sebagai kiblat pendidikan dunia? Tanpa disadari oleh masyarakat dunia, Keseriusan pemerintah belanda dalam rangka mengembangkan pendidikan global merupakan sebuah usaha untuk merubah paradigma (mind set) dan tendensius masyarakat dunia bawasanya kiblat pendidikan dunia bukan lagi ada pada Amerika,Rusia,ataupun Inggris Melainkan Belanda. Tidak menutup kemungkinan jika belanda terus mengembangkan konsep dan metode yang lebih baik lagi dalam menarik minat pelajar dunia, maka Kiblat arah pendidikan Dunia dapat bergeser dan beralih ke Negeri Seribu pesona Negari Belanda.serta tidak berlebihan pula jika Tag line ini saya sematkan Untuk Belanda “netherland an International education centre” Alasan lain, Konsep dan Metode Pendidikan dunia mudah di pahami oleh masyarakat Global, Kemudian Kemampuan (baik kompetensi, capabilitas dan lain-lain) Alumni belanda di perhintungkan di dunia, saya contohkan beberapa tokoh Indonesia alumni hasil pendidikan di Belanda yang menjadi tokoh penting bangsa.

Pepatah lama mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”, atau “belajarlah dari ayunan sampai liang lahat”. Makna tersirat dari kutipan pepatah ini setidaknya mencoba memberikan pandangan tentang pentingnya pendidikan untuk kehidupan yang lebih baik. sudah sepatutnya kita berusaha mencoba meraih pendidikan yang berkualitas Internasional. Semoga tulisan saya ini dapat memberikan pandangan tetang Kualitas pendidikan yang lebih baik dan maju dalam tataran Global, Berangkat dari keteguhan, dan keyakinan Hati, semoga Allah SWT meridoi, Insyallah tulisan ini akan mengantarkan saya Ke negara Impian saya.

– ditulis oleh Syafri H.

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#248 Netherlands, An International Centre of Education

  1. hahaha….bagus gan ini baru pencerahan

    emmm keren keren tulisannya…
    gan kenapa musti belanda ya yang jadi centre educationnya
    kenapa g UK sama AS yg jelas2 punya kualitas yang keren sangat dibandingkan belanda?

  2. waw awesome ini tulisan terkeren yg pernah ane baca di kompetisi blog ini…
    tapi setidaknya tulisan ini harus lebih dipertajam lagi analisisnya biar lebih gigit, wkwk

Tinggalkan Balasan

