#256 Industri Kreatif sebagai Sektor Inovatif di Belanda

Industri kreatif saat ini menjadi salah satu sektor yang sangat berkembang di berbagai negara. Sejak dikembangkan oleh PM Inggris Tony Blair pada tahun 1990, industri kreatif berkembang di seluruh dunia. Salah satu negara yang sangat sukses mengembangkan industri kreatifnya adalah Belanda, negara terbaik kedua di dunia sebagai Best Place for Business.
Belanda seringkali menghasilkan suatu ide dan desain produk yang berbeda dengan negara lain. Belanda terkenal dengan desain arsitektur yang sangat baik. Sebut saja desain arsitektur dan interior Rietveld dari desainer furnitur dan arsitek Belanda,Gerrard Thomas Rietveld. Desainnya yang paling fenomenal adalah Red and Blue Chair (kursi merah-biru) dan desain rumah Rietveld Schroder House. Karena desainnya yang beda dan unik, PBB melalui UNESCO menjadikan rumahnya yang berbentuk desain khas tersebut ke dalam World Heritage.
Untuk penggila fashion pasti sudah akrab dengan brand-brand terkenal seperti GSUS, G-Star, dan Spijkers en Spijkers. Brand fashion ini merupakan buah karya para desainer muda Belanda yang berjiwa kreatif. Kini fashion dunia sudah dijajakin oleh berbagai macam brand-brand negeri Orange ini. Ciri khas unik dari desain Belanda ini adalah fashion yang modern casual. Siapapun yang memakainya akan terkesan modern tapi dengan perpaduan yang simpel.
Hal yang paling unik lagi adalah promosi wisata mereka. Salah satunya adalah I amsterdam sebagai branding pariwisata Ibukota Belanda, Amsterdam. Pemilihan frase “I amsterdam” sangat eye-catchy dan mudah diingat orang. Kreatifitas yang patut dicontoh dengan semua inovasi atas pemikiran uniq masyarakat Belanda 🙂
– ditulis oleh Mayank Sari Kusuma

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s