#257 Kwalitas dan Keunikan Pendidikan di Negeri Tulip

Mungkin kita semua sudah tau, beberapa pencapaian hebat yang telah di raih negeri tulip ini di bidang pendidikan. Semua itu ternyata bersumber dari sistem pendidikannya. Selain sistemnya yang terkelola dengan baik, Belanda memunculkan inovasi inovasi dalam bidang pendidikan yang bisa dikatakan unik.
 
  1.  Kualitas Pendidikan diumumkan secara terbuka. Di Belanda, pemerintah melakukan penilaian terhadap sekolah dengan tujuan agar masyarakat bisa memilih sekolah terbaik untuk anaknya. Penilaian ini dilakukan oleh inspektorat pendidikan, dan hasilnya diumumkan secara terbuka, di mana setiap orang di dunia bisa melihatnya.
  2. Sekolah mengundang anak. Menurut hukum Belanda, setiap anak wajib bersekolah sejak usia 5 tahun. Uniknya, pada usia 4 tahun, sekolah akan mengundang, bahkan mendatangi anak anak yang berusia empat tahun untuk mengikuti kegiatan di sekolah selama beberapa jam. Tujuannya agar anak tersebut terbiasa dengan suasana sekolah.
  3. Absen tanpa alasan, orang tua kena tilang. Layaknya pelanggaran lalu lintas, ada sanksi berkaitan dengan ketidakhadiran siswa ke sekolah. Undang undang pendidikan belanda mengatakan bahwa setiap orangtua siswa SD wajib memberangkatkan anaknya ke sekolah, bila memang tak berhalangan. Bila bukan karena siswa yang bersangkutan sakit (ditunjukan dengan surat dokter), atau ada kepentingan keluarga (pernikahan dan pemakaman), maka orang tua harus memberangkatkan anaknya ke sekolah. Sekolah pun akan menghubungi orang tua bila anaknya tidak hadir ke sekolah.
Mungkin bila ditelusuri lebih dalam, kita bisa menemukan hal hal unik lainnya di negeri kincir angin ini, terlebih bila kita punya kesempatan untuk menginjakan kaki di sana.
– ditulis oleh Mayank Sari Kusuma

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s