#258 Gowes di Negeri Kincir Angin, Guys!

Sepeda ? Gowes ?
yah! negeri ini hampir di seluruh tempat, di setiap jalan, pasti selalu ditemukan yang namanya ‘sepeda‘.
Berdasarkan keterangan dari salah satu situs lokal, 62 % perjalanan di negeri ini dilakukan dengan bersepeda, Wow. Baik orang muda maupun tua, Baik itu laki-laki maupun perempuan, mereka lebih memilih menggunakan sepeda untuk bepergian. Tanah di sini cukup datar, jarang yang naik turun seperti di Indonesia, sehingga memudahkan bagi pengendara sepeda untuk menempuh perjalanan jauh sekalipun.
Di negeri ini setiap orang bisa bersepeda dengan aman dan nyaman, karena terdapat jalur khusus untuk sepeda.  Di setiap jalan terdapat dua jalur sepeda untuk masing-masing arah sesuai dengan jalan untuk kendaraan. Selain itu, ada rambu-rambu khusus untuk para “Gowes” tersebut, jalur merah merupakan jalur khusus untuk sepeda. Pejalan kaki tidak boleh berjalan di jalur ini. Sepertinya sepeda merupakan bagian yang cukup penting dari sistem transportasi di negeri ini. Seperti halnya pengemudi kendaraan lain, pengendara sepeda juga harus mematuhi rambu lalu lintas yang ada. Karena terdapat rambu-rambu lalu lintas khusus untuk sepeda.
Pemerintah belanda juga benar-benar memfasilitasi sarana yang lengkap bagi para pengendara sepeda. Tempat parkir tersedia di mana-mana dan terjangkau. Dilengkapi dengan fasilitas lain seperti perbaikan, penyewaan, dan penjualan.
People can do anything on their bike here”. Yup, kalimat tersebut sepertinya sesuai dengan kenyataan di negeri ini. Disini setiap orang bisa bersepeda sambil melakukan banyak aktivitas, bisa nelpon sambil bersepeda, membawa belanjaan, bawa anak, bahkan sambil makan.
Dari segi lingkungan, penggunaan sepeda juga merupakan hal yang efektif untuk menghindari pencemaran. Oh iya, satu lagi, dengan bersepeda juga berarti berolahraga setiap hari. Kita tak perlu lari berputar mengelilingi lapangan. Cukup dengan bersepeda setiap hari pada saat bepergian.
– ditulis oleh Mayank Sari Kusuma

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s