#263 Creative-minded Dutch!

Sebelumnya saya memang tidak pernah berkunjung ke negeri Belanda. Tetapi, sungguh sangat menarik untuk dapat mengenal sejarah negeri ini. Belanda merupakan sebuah negara yang keberadaannya tidak biasa. Bagaimana tidak? Negara ini terkenal dengan keberadaan kincir anginnya yang jumlahnya begitu banyak. Kincir angin yang berada di Belanda bukanlah kincir angin biasa yang hanya berfungsi sebagai penggiling padi atau hasil pertanian lainnya, melainkan juga untuk drainase air. Bisa dibilang, kincir angin inilah yang menjadi faktor penentu utama berdirinya negara Belanda.

Dahulu, Belanda hanya merupakan tanah yang diliputi dengan rawa-rawa dan bisa mengalami banjir setiap saat ketika laut sedang pasang. Hal itu disebabkan karena permukaan tanah negeri ini berada di bawah permukaan laut. Namun, sekarang Belanda dapat tumbuh menjadi negeri yang utuh di mana 27 persen dari wilayahnya berada di bawah permukaan laut, namun tetap kering dan bahkan dapat ditinggali oleh masyarakat. Pengalaman selama lebih dari 2000 tahun ini menumbuhkan budaya masyarakat Belanda yang inovatif dan mendukung berkembanganya teknologi terutama dalam konstruksi air. Tidak hanya itu, masyarakat Belanda pun mampu menghasilkan air tawar cadangan untuk memenuhi segala keperluan mereka sehari-hari.
Apa sih yang bisa kita ambil dari kisah sejarah negeri kincir angin ini? See the way they struggle to stay alive. Keadaan terpuruk dan terdesak memang terkadang membuat kita harus lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Nah, inilah yang memicu seseorang untuk melepas ide-ide kreatif mereka. Merupakan naluri yang alami bagi kita untuk berjuang untuk dapat bertahan hidup di tengah-tengah perkembangan dunia dengan persaingan yang begitu kuat.
Jangan pernah puas terhadap apa yang telah ada atau berhasil kita lakukan. Bersyukur adalah sangat baik. Biar bagaimana, hal tersebut janganlah membuat kita lengah terhadap apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Contohnya saja nih, Indonesia. Wuih… luar biasa kekayaan alam yang dapat diolah. Tetapi mengapa masih ada 30 juta penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan?
Sebenarnya itu bukan rahasia umum lagi dan publik pun pasti sudah tahu jawabannya. Yang menjadi permasalahan adalah mindset yang tidak dapat diubah tersebut. Saat ini kita masih dapat leha-leha, hidup dalam sangkar kita sendiri dengan jalan pikiran kita sendiri. Tidak menyadari adanya potensi luar biasa di dalam diri kita dan apalagi kita dibantu dengan kekayaan alam yang luar biasa.
Cobalah beradapatasi seperti orang-orang Belanda yang dengan caranya sendiri mampu mempertahankan sebuah kehidupan.  Jangan pernah mau untuk menjalani hidup yang begitu-gitu saja. Thinking out of the box is really important for us all. Siapa sih yang tahan hidup di bawah tekanan dan rutinitas yang sama. Let’s unleash our creative minds! Jadilah seseorang yang mampu menciptakan perubahan dengan menjadi orang yang berbeda. Anugerah apalagi yang kita harapkan bila kita sudah memiliki semuanya. All you have to do is to think creatively! Be wise for every single decision you choose so together we can make a better world! 🙂
– ditulis oleh Ratih Nawangwulan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s