#264 Creativity Comes from a Pillow


Bila bicara mengenai negara yang aman, bersih, indah, kreatif, dan menyenangkan maka Belanda adalah salah satunya. Geliat Negeri Kincir Angin tersebut di berbagai sendi kehidupan sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya sukses dalam menciptakan sebuah negara yang menjadi impian setiap orang, sepak terjangnya di kancah internasional juga sangat dominan. Di bidang ekonomi, Belanda hadir bak Goliat yang merajai pasar dunia. Berbagai produk belanda ada di mana-mana dan telah menjadi sebuah kekuatan yang sangat diperhitungkan. Dalam penguasaan sains dan teknologi Belanda juga tidak mau ketinggalan. Begitu piawainya negara ini dalam menaklukan air hingga menciptakan mobil terbang menjadi bukti bahwa Belanda adalah negara yang kreatif dan produktif.

Bicara mengenai kenyamanan hidup, pasti Belanda lah jagonya. Kota-kota tersusun dengan rapi, lingkungan yang bersih, dan stabilitas keamanan yang kondusif merupakan segintir daya tarik kenyaman hidup di negeri itu.  Akhir kata, negara yang juga terkenal dengan bunga tulipnya ini telah menjelma menjadi salah satu kekuatan dunia dalam skala nasional maupun internasional. Gelar sebagai salah satu negara terbaik bukanlah hal yang berlebihan bila melihat kenyataan yang ada.
Menyadari itu semua, terbesitlah tanya di pikiran saya ”Apa rahasia negera yang terletak di bawah permukaan laut itu sehingga mampu muncul menjadi negara yang begitu terkenal dengan segudang prestasi?” Ternyata, jawabannya sederhana yaitu a pillow. Jawaban ini serius lho, bukan hanya sebatas candaan tetapi mengandung arti yang begitu dalam. Sebuah bantal dapat dianalogikan sebagai suatu kenyamanan. Seperti halnya orang-orang Belanda yang hidup di dalam lingkungan yang nyaman sehingga mampu berkreasi tanpa henti. Kenyamanan itu adalah modal kreatifitas penduduk Belanda. Tidak percaya?
Bila dijelaskan secara ilmiah, tingkat stres seseorang akan sangat dipengaruhi oleh kenyamanan lingkungan di mana ia berada sehingga memunculkan suatu istilah yang disebut stres lingkungan. Menurut Lazarus dan Folkman (1991), dikatakan bahwa besarnya peluang stres seseorang akan sebanding dengan setiap ancaman yang datang dari dunia luar [2]. Ancaman-ancaman itu dapat berupa kondisi keamanan yang tidak stabil, jalan ke tempat kerja yang berbahaya, kecemasan finansial, dan lain sebagainya. Sebaliknya, lingkungan yang nyaman akan berandil dalam peningkatan produktifitas seseorang [3].
Lalu, bagaimana dengan Belanda? Apakah kebanyakan penduduknya hidup pada kondisi yang tidak nyaman? Tentu tidak. Kondisi sebaliknya justru terjadi di Belanda dimana rasa bahagia, aman, dan damai yang dirasa sebagai buah dari kenyamanan merupakan teman sehari-hari penduduk di sana. Dalam laporan PBB (2012) yang bertajuk World Happiness Report menempatkan Belanda sebagai peringkat ke-4 negara paling bahagia di dunia [5]. Tidak ada alasan bagi penduduknya untuk tidak bahagia apalagi stres bila semua kebutuhan dasarnya telah terpenuhi. Ekspresi yang demikian tentu sangat didukung oleh kenyamanan lingkungan di mana mereka berada.
Sifat hidup eco-friendly yang kemudian dikolaborasikan dengan pola hidup sehat misalnya giat bersepeda bila bepergian, menggunakan energi seperluanya, tidak membuang sampah di sembarang tempat merupakan segelintir resep untuk merajut sebuah bantal di Belanda. Dengan bermodalkan bantal ini, Belanda mampu  menghasilkan karya-karya kreatif yang begitu mendunia. Creativity comes from a pillow merupakan ungkapan yang sangat cocok untuk rahasia kesuksesan orang Belanda saat ini.
– ditulis oleh Hendris Wongso
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s