#266 Kreatif Melalui Beasiswa

Berbagai prestasi yang di torehkan oleh negara Belanda dalam berbagai disiplin ilmu seperti tekhnologi, Kebudayaan dan Sosial sudah diakui keseluruh penjuru dunia. Indonesia dengan Belanda saling berkaitan satu dengan yang lain dalam berbagai hal. Salah satunya yaitu dalam segi sosial, Belanda memberikan banyak torehan pada bidang pendidikan di Indonesia khususnya bagi pelajar Indonesia, salah satunya yang saya rasakan melalui beasiswa pendidikan yang saya peroleh. Salah satu beasiswa yang disediakan dari Belanda kepada Indonesia dalam bentuk berbagai macam beasiswa seperti Nuffic Neso Indonesia buat salah satunya dimana kita akan mendapatkan beasiswa untuk belajar selama musim panas di Belanda.
            Bila berbicara mengenai sejarah Indonesa kita akan mengenal Van Deventer, adalah seorang ahli hukum Belanda dan tokoh politikal etis. Dalam sejarahnya, Van Deventer sangat menginginkan kemajuan Indonesia dalam berbagai. Van deventer mencanangkan Trilogi Vandeventer yaitu transmigasi, Irigasi, dan Pendidikan.
            Transmigasi adalah pemindahan penduduk dari Jawa keluar Jawa dan diberikan lapangan pekerjaan, hal ini mengatasi kepadatan penduduk. Program ini sangat cocok diterapkan di Indonesia karena jumlah penduduk yang berada di Jawa yang sangat padat. Hingga saat ini transmigrasi masih digunakan di Indonesia, ilmu yang ditinggalkan oleh sosok Van Deventer.
            Sedangkan Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian. Diseluruh pertanian di Indonesia, sistem ini hingga kini masih setia untuk digunakan rakyat Indonesia dalam mengairi lahan pertanian mereka.
            Pada bagian pendidikan yang khususnya saya rasakan secara pribadi yaitu pemberian beasiswa yang diberikan oleh yayasan Van Deventer sangat membantu bagi pelajar, dan tujuan utama memajukan bangsa Indonesia. Inilah kreativitas Belanda yang sudah bisa kita rasakan sejak zaman dahulu dan tentu saja masih digunakan hingga sekarang di Indonesia. Van Deventer mempunyai mimpi untuk membangun Indonesia semakin baik dan sepeninggal beliau Mrs. Van Deventer melanjutkan pengabdiannya kepada rakyat Indonesia yaitu dengan membuka Yayasan Kartini, dimana ribuan wanita mampu bersekolah di Sekolah Kartini tersebut dan sepeninggal Mrs. Van Deventer, yayasan tersebut Van Deventer Maasstiching dimana tujuannya adalah untuk memajukan bangsa Indonesia khususnya pada sektor Pendidikan, hal ini betul-betul saya rasakan bagaimana dari beasiswa tersebut sangat berguna. Ada begitu banyak beasiswa yang berlimpah dari . Menurut saya hal ini adalah bentuk tanggung jawab dan kepedulian Belanda terhadap negara yang lain dalam bidang pendidikan, melalui berbagai macam pendidikan untuk kemajuan dunia.
– ditulis oleh Surie Anggerningrum
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s