#270 Kita dan Negeri Belanda

Negeri Kecil yang terkenal akan bunga tulip ini, memiliki sejarah panjang yang dekat dengan bangsa Indonesia. Walaupun Aku Akui, Sejarah yang pahit.  350 Tahun Penjajahan mungkin masih melekat kuat  diingatan.  Negeri  yang memilki kedekatan emosi dengan negeri kita, Yah aku yakin itu.
 
Tapi Mari kita lupakan sejenak atas penderitaan masa lalu itu. Penderitaan yang memang kita rasakan namun mungkin dahulu banyak  orang belanda disana sendiri tidak tahu penderitaan negeri kita. Dan semoga Indonesia dan Belanda saat ini menjalin  hubungan yang dekat sebagai keluarga. Dan masa lalu biarlah masa lalu untuk dikenang.
Negeri Tulip inilah tempat dimana beberapa pahlawan nasional pernah  belajar seperti dokter sutomo dan dr Ratulangi.  dimana Raden Ajeng Kartini menulis di dalam  surat suratnya keinginan pergi kesana untuk belajar dan membangun Negeri Indonesia.  Untuk mendalami ilmu, dan ingin mempelajari budayanya.
Surat Suratnya pada Nyonya J.H Abendanon yang memukau dimana keinginanya untuk  memajukan kaum perempuan pribumi . Aku Tidak ingin memuji muji Negeri Belanda ini. Namun Aku ingin agar orang Indonesia Sekarang  belajar dari negeri ini.
Ketika ke Kota Tua Jakarta atau ke Kota Lama Semarang  membuatku  membayangkan negeri belanda, dengan  bangunan bangunanya yang artistik mungkinkah aku jumpai juga di  Negeri Tulip itu?
Aku ingin  Perbedaan budaya kita yang ketimuran yang penuh kesopanan dan kelembutan  disandingkan dengan  budaya mereka yang penuh warna Hidup Bersama .
Dimana suatu saat nanti Gamelan akan disandingkan dengan piano di sebuah teater di Amsterdam  atau  kisah sang penulis cilik “Anne Frank” dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta.
Yah mimpi itu ada, Kita Indonesia dan Negeri itu
Belanda
– ditulis oleh Deny Widiyan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s