#271 Siapa yang Berani Mengubah?

Bicara tentang kreativitas, yang pertama kali terlintas di benakku adalag “BEDA”. Menurutku kreativitas tak hanya tentang karya yang bernilai, tetapi juga tentang siapa yang berani menilai. Bukan hanya tentang perubahan, tetapi siapa yang berani mengubah.
Belanda, tak dapat dipungkiri bahwa luas daratan negara ini tak seberapa, namun pengaruhnya terhadap negara-negara lain membuatku sulit menghitungnya. Hal tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak berabad-abad lalu. Bahkan salah satu tokoh Belanda, Desiderius Erasmus, menjadi tokoh besar yang dikenal dunia hingga saat ini. Erasmus, dengan keberaniaannya menghadirkan perubahan, membawa pengaruh besar dalam membangkitkan humanisme di masa Renaissance, masa yang disebut-sebut sebagai awal kebangkitan Eropa.
Erasmus pantas disanjung, beliau membangkitkan humanisme dengan tulisannya! Bayangkan saja, bahkan tulisan dapat berbicara kepada dunia. Pada masanya, Erasmus banyak melihat perang terjadi dimana-mana. Melalui tulisannya yang berbicara tentang perang dan kebebasan, masyarakat dididik bahwa seharusnya setiap manusia adalah bebas dan memiliki dunia sebagai tanah air bersama. Dengan demikian, seharusnya perang tidak terjadi, melainkan kedamaian yang dapat dinikmati. Sulit membayangkan bagaimana beliau dapat berpikir bahkan sangat jauh ke depan. Belanda, Eropa, bahkan dunia bangga memiliki seorang Erasmus, seorang putra terbaik pada masanya yang pemikiran terpelihara hingga masa sekarang.
– ditulis oleh Fina Andriani

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s