#272 Belanda Kurang Lama di Indonesia

Belanda merupakan penjajah Indonesia paling lama yakni 3,5 abad. Pada saat menjajah indonesia, Belanda dianggap membodohi rakyat Indonesia. Namun dengan keluarnya politik balas budi, terlihat sikap belanda terhadap indonesia menjadi lebih elegan. Belanda pun justru berpikir untuk memajukan negeri jajahannya, Indonesia. Dimulai dengan memberikan pendidikan kepada bangsawan pribumi hingga tingkat perguruan tinggi. Kemudian Belanda membangun gedung-gedung dan fasilitas infrastruktur yang sampai saat ini masih digunakan oleh bangsa Indonesia. Sempat saya berpikir bahwa Belanda kurang lama di Indonesia.

Gubernur Jenderal Belanda, Herman Willem Daendels merupakan tokoh yang terkenal kejam, bahkan dijuluki jenderal mas galak. Kebijakannya yang memaksa mempekerjakan pribumi untuk membangun jalan sepanjang Anyer-Panarukan yang dikenal dengan nama kerja rodi. Dalam perspektif masa itu maka hal itu adalah hal yang sangat mengerikan. namun dalam perspektif masa kini hal tersebut justru bermanfaat sebagai jalur lintasan dari Jawa bagian barat menuju Jawa bagian timur. pada saat Gubernur Jenderal Daendels meninjau ke Kota Bandung saat itu beliau menancapkan tongkatnya di sautu titik dan berkata, ““Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd!” yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Usahakan, bila aku kembali ke sini, sebuah kota telah dibangun!”. Konon lokasi titik tongkat yang ditancapkan Daendels tersebut telah menjadi titik kilometer nol Kota Bandung.

Di Kota Bandung ini, Belanda memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan arsitektur. Sebuah perguruan tinggi teknik didirikan di Bandung, yaitu Technische Hogeschool Bandoeng yang sekarang terkenal dengan Institut Teknologi Bandung. Bagunan yang memiliki atap khas minangkabau tersebut dirancang oleh  arsitek Belanda, Henri MacLaine Pont. Selain itu ada Wolff Schoemaker seorang arsitek berkebangsaan Belanda yang juga ProfessorTechnische Hogeschool Bandoeng (sekarang ITB) yang banyak memberikan sentuhan arsitektur bagi Kota Bandung. Salah satu karyanya adalah  Villa Isola yang sekarang menjadi kantor rektorat Universitas Pendidikan Indonesia di kampus Bumi Siliwangi. Selain itu arsitek berkebangsaan Belanda lainnya adalah Albert Aalbers yang merancang Hotel Savoy Homann di Bandung yang bergaya art deco.

Pada tahun 1920-an, Belanda berencana untuk menjadikan Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan. oleh karena itu dibuatlah master plan perencanaan pembangunan tersebut. Sayangnya Belanda harus bertekuk lutut terhadap Jepang yang menyerang Indonesia pada 1942, sehingga proyek tersebut harus berhenti di tengah jalan. Salah satu gedung pemerintahan yang behasil dibangun adalah Gouverments Bedrijven yang kemudian dikenal sebagai Gedung Sate yang sampai saat ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Dalam master plan pembangunan yang dibuat oleh Belanda, telah dipikirkan secara matang agar tidak menggangu keseimbangan alam. Saya teringat kepada seorang guru yang pernah berbicara “Di Bandung dulu tidak ada banjir Cileuncang. Udara Bandung tidak gerah seperti saat ini, dulu itu sejuk. Kenapa ? karena dulu, Belanda sudah merancang kawasan Bandung agar menjadi kota besar yang tidak menggangu keseimbangan alam.” Seperti kita ketahui di Bandung saat ini banyak pembangunan yang tidak manusiawi, kawasan Bandung Utara yang diperuntukkan sebagai area resapan justru dibagun menjadi hutan beton. Akibatnya banjir melanda kawasan Kota Bandung. Nah kalau sudah begini salah siapa ? apakah mungkin Belanda kurang lama di Indonesia ?

– ditulis oleh Hadi Yanuar

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s