#273 Rem Koolhaas, Arsitek Belanda

Gambar 1. Rem Koolhaas

Rem Koolhaas adalah salahsatu arsitek berkebangsaan Belanda yang karyanya mendunia. Nama lemngkapnya adalah Remment Lucas Koolhaas, ia lahir di Rotterdam, Belanda pada 17 November 1944. Yang menariknya adalah beliau pernah tinggal di Indonesia pada tahun 1952-1955. Sebelum menjadi arsitek, Rem Koolhaas berprofesi sebagai seorang jurnalis di surat kabar Belanda, Haagse Post. Sebelum akhirnya beliau menjadi pendiri OMA (Office for Metropolitan Architecture) pada 1975 bersama Elia dan Zoe Zenghelis.

Beberapa hasil karyanya adalah dua diantaranya Seattle Library di Washington, Amerika Serikat serta gedung CCTV di Beijing, China. Seattle Library seperti namanya adalah sebuah bangunan perpustakaan. Perpustakaan ini berbeda dengan biasanya. Dari bentuk bangunan yang mencolok karena berbeda dengan bangunan di sekitarnya, mengundang orang untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Sebagai gudang informasi, perpustakaan ini dirancang menjadi bangunan publik yang nyaman untuk memperoleh data dan informasi serta melakukan hal lain selain membaca buku.

Gambar 2. Seattle Library Washington, USA

Satu lagi diantara hasil kreativitasnya adalah gedung CCTV di Beijing, China yang selesai dibangun pada tahun 2004. Konsep gedung ini adalah gedung yang terdiri dari dua buah menara berbentuk L yang pada bagian atas dan bawahnya bergabung seperti huruf Z yang disilangkan. bangunan ini menjadi unik karena bagian atas gedung terkesan melayang tanpa ada penopang struktur di bawahnya. Itulah beberapa karya dari Rem Koolhaas bahkan beliau telah mendapatkan beberapa pengahrgaan yaitu “Pritzker Prize” (2000), “Cevalier de Legion d’honneur” (2001), “Premium Imperiale” (2003), “Royal  Gold Medal” (2004) serta pada tahun 2007 mendapatkan gelar “Doctor Honoris Causa by the Katholieke Universteir Leuven“. pada 2010 beliau mendapatkan penghargaan “Golden Lion of the Venice Biennale of Architecture for lifetime achievement“.

Gambar 3. CCTV Herdquarters Beijing, China

Meskipun karyanya telah mendunia dan dijuluki sebagai “starchitect” justru membuatnya tetap bersahaja dan rendah hati. Rem Koolhaas sendiri mengakui bahwa gelar “starchitect” yang disematkan kepadanya justru membuat dirinya tidak nyaman. beliau berkata, “an architect has become less important due to this title, I hopes this title will disappear soon” yang artinya kira-kira “seorang arsitek telah menjadi kurang penting karena gelar ini, saya berharap gelar ini akan hilang segera”.

– ditulis oleh Hadi Yanuar

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#273 Rem Koolhaas, Arsitek Belanda

  1. No matter if some one searches for his vital thing,
    thus he/she needs to be available that in detail,
    therefore that thing is maintained over here.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s