#277 Kreatifisme Yang Tidak Berbatas Dari Negeri Belanda

Negara yang kecil, yang bahkan tidak ada setengahnya Pulau Jawa. Membuat orang-orang Belanda sangat kreatif. Ruang yang sempit, sumber daya alam yang terbatas, iklim yang tidak bersahabat ditambah sistem pendidikan yang rumit. Membuat kreativitas mereka menjadi menggila-gila.
Di mulai dari membangun rumah, meskipun lahan mereka sempit, mereka mampu membuat rumah menjadi cantik dan nyaman di lihat mata.  Bukan sekedar membangun rumah untuk  10-20 tahun, melainkan membuat rumah yang kokoh untuk selamanya. Seperti yang bisa kita lihat pada rumah-rumah buatan Belanda- eks jaman kolonial- yang banyak tersebar di Bandung, Menteng,  Depok- yang masih kokoh sampai sekarang. Meski mereka hobi mempercantik  rumah- tetapi  rumahnya merupakan tipe sederhana- jauh dari kata megah seperti istana- ataupun desain megah ala Italia. Namun rumah-rumah Belanda  tetap menghadirkan nilai eksotisme yang tinggi, dan nyaman untuk di tinggali.
Salah satu hasil kreatif orang-orang Belanda- adalah desa Giethoorn-  sebuah desa yang terletak 114km dari Amsterdam. Merupakan desa Apung- dimana tidak ada jalanan di sana, dengan transportasi utama adalah perahu. Mirip seperti kota Venice di Italia- tentunya dengan nilai artistik yang berbeda.

Tata ruang kota yang rapi, dengan pengelolaan lingkungan yang efisien dan terencana- membuat Belanda yang tanahnya merupakan dataran aluvial, dimana kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut- menjadi jarang banjir- mulai dari sistem drainase yang kompeten, tanggul yang kokoh, rawa gambut yang tersebar di mana-mana, kanal dan stasiun pompa yang kompleks tapi modern.
Dan karena banyaknya sungai yang melintas di Belanda serta sedemikian kreatifnya orang Belanda- salah satu jembatan di Belanda- di buat sedemikian rupa sehingga seperti membelah sungai- yang mana biasanya jembatan berada di atas sungai- ini di bikin di dasarnya (membelah)- maka di namakan Jembatan Musa.
Tak ketinggalan pula- banyaknya  kincir angin yang bertebaran di Belanda, sebagai energi alternatif, dari tenaga angin- untuk menggerakan mesin, memompa air bahkan untuk menciptakan energi listrik.

Selain itu kreatifitas mereka juga tampak di panggung olahraga, seperti sepakbola, dengan sistem Total Football- para pemain Nasional Belanda ketika menerima bola, bergerak menyusuri ke setiap jengkal tanah yang ada di dalam lapangan- mereka mengeksploitasi, mengeksplorasi dan memanfaatkan segala penjuru, untuk menciptakan sebuah ruang. Bahkan konon katanya ketika pemain lawan menerima bola, para pemain Belanda bisa menutup ruang-ruang yang terlihat luas itu- menjadi sebaliknya. Oleh karena itulah- meskipun liga dari negara kecil (Eredivisie)- tapi liganya sangat terkenal di mana-mana.
Dan bahkan para pemain top dari Eredivisie- seringkali di bajak oleh klub-klub papan atas Eropa.

So, melihat itu semua- kita tahu bahwa kreatifisme tidak di batasi oleh ruang, waktu, keadaan dan kondisi alam. Tidak ada alasan standar untuk “tidak bisa” menjadi kreatif.
Semua itu di buktikan oleh orang-orang Belanda- di belahan negeri manapun mereka berpijak- kreatifitas mereka tidak tertinggal sampai batas negara Belanda- tetapi mereka mampu membawa kreatifitas mereka melintasi garis batas negara yang hanya terlihat di peta buta.
Oleh karena itu- kita sebagai bangsa yang besar, yang di anugerahi beraneka macam kebudayaan, tanah yang berlimpah, dengan sumber daya alam yang tertumpah ruah- ini saatnya untuk berkreasi, menciptakan inovasi dan kreatifitas- sehingga suatu saat kita mampu tampil di panggung internasional dengan bangga- layaknya bangsa Belanda.

– ditulis oleh Aria R.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s