#282 Negeri Impian: Fokus Pada Potensi Akan Menghasilkan 1001 Cara Mempertahankan Kemajuan

“Holland is a creative nation. Dutch people enjoy innovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas.”

 Kehidupan adalah bagaimana cara kita untuk mengenal lebih dalam tentang apa yang menjadi kelebihan kita dan bukan sibuk menghabiskan waktu dengan apa yang menjadi kekurangan kita. Mengenai kalimat tersebut, teringat sebuah negara  yang menjadi sorotan tentang kreatifitasnya, ya Belanda,  “Negeri Impian” saya. Selalu saja saya dibuat terkagum–kagum oleh negeri “Kincir Angin” yang satu ini. Bagi saya, Belanda adalah negara yang benar-benar sadar akan potensi yang dimiliki, dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup orang banyak, sekalipun negara ini tergolong negara yang kecil (dianggap suatu kekurangan). Mereka punya motto elk dubbeltje omdraaien” kata ini sering diidentikkan dengan stereotype orang Belanda dan jika diterjemahkan kira-kira seperti ini: “putar koin dua kali sebelum berpikir untuk membelanjakannya”. Maksudnya, kalau maupake uang harus pikir-pikir lagi dengan kata lain: berhematlah! Kalaupun harus ada pengeluaran maka harus dapet untung. Pelit bukan hal yang memalukan bagi orang Belanda, tetapi merupakan sebuah kebajikan. Menurut cerita, kebiasaan hemat orang Belanda disebabkan karena mereka biasa hidup susah.
Selain itu Belanda sesungguhnya dikenal juga sebagai “penghasil” tokoh-tokoh hebat. Pada beberapa abad silam, mereka memiliki seniman-seniman kelas dunia khususnya di bidang seni lukis. Anda mungkin pernah mendengar Rembrant atau Van Gogh? Kedua maestro lukis dunia itu lahir dan besar di Belanda. Di bidang olahraga, khususnya sepakbola, siapa yang tak kenal Johan Cyrruf ? salah satu pemain legendaries yang dikagumi di seluruh dunia.
 
Terlepas dari itu, muncul dibenak saya “bagaimana tentang sanitasi di Belanda?“. Ya, itu muncul begitu saja karena tidak terlepas dari saya yang adalah seorang mahasiswa Teknik Lingkungan. Menurut sebuah sumber (blog Ibu Didin) bahwa mereka sensitif sekali soal air (baik air minum maupun airbah banjir). Air untuk mandi, cuci, masak dan air untuk langsung minum sama kualitasnya, sama-sama langsung dari keran. Untuk mengelola air ini mereka kerja grubukan melibatkan banyak aktor: duta kementrian, perusahaan air milik publik di tingkat kecamatan, perusahaan swasta, pemerintah kecamatan itu sendiri, dan Ẃaterschapen atauwaterboards yang diberi mandat oleh konstitusi. Pendapat tersebut membawa saya pada sebuah artikel yang pernah saya baca (kurang lebih) 3 tahun silam. “Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan pemerintah Kota Tynaarlo, Belanda, menjalin kerjasama di dua bidang prioritas yakni air bersih dan kesehatan lingkungan atau sanitasi, selain pendidikan guna meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) – ANTARA (2009) ”. Melalui artikel tersebut, saya masih penasaran “sehebat” apa sanitasi di Belanda dan berniat mengkolaborasikan teknik dan inovasi mengenai sanitasi bersih antara Indonesia dan Belanda (itu harapan besar saya).
        Dan lihat sampai sekarang, Belanda masih terus bertahan sebagai Negara maju, seperti cita-cita para pendirinya. Simbol-simbol kepopuleran bangsa itu masih kokoh bertahan di antara kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Hati saya seolah berbisik dan terpanggil saat melihat sepenggal kalimat menarik ini dari Anne Ahira“Datanglah ke sana, maka setiap musim semi bunga tulip mekar dengan indahnya dan kincir2 angin raksasa terus berputar sepanjang waktu”. Hmm, semoga saja hal itu terjadi suatu hari nanti.
– ditulis oleh Siti Sabrina

12 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

12 responses to “#282 Negeri Impian: Fokus Pada Potensi Akan Menghasilkan 1001 Cara Mempertahankan Kemajuan

  1. fabyana

    ayooo anak indonesia, qita hrus hemat !
    berhematlah! berhematlah! jgn buang2 duit aza, kasian orgtua 😦
    ayooo jgn mahu klah sm blanda, buktikan qita bza maju keak mreka..
    lgian negeri qita punya segudang potensi & qita mesti smgt yok,,,, ^

    • Indonesia memiliki potensi alam yg luar biasa, walaupun tidak dipungkiri hasilnya sering dinikmati negara lain..
      tp jgn bersedih, karena negeri kita punya segudang prestasi dari berbagai bidang, dan itu berkat dukungan dari generasi ke generasi.. 🙂

      potensi sudah ada, tinggal mau diapakan potensi itu..
      potensi diri juga penting, asalkan kita sadar, menggalinya dan mau menggunakannya sbg bekal di zaman yg penuh persaingan ini..

      hemat adalah salah satu kunci suksesnya Belanda, dan mereka telah membuktikannya..Bukankah ‘hemat itu pangkal kaya’ ? 😀

  2. ehh, katanya belanda agak ‘pelit’ ya soal uang..

    mkanya sukses, iya gituu ?? :9

    • ‘pelit’ ini dimaksudkan agar mereka benar2 berpikir dua kali sebelum menggunakan uang..

      Selain itu,,uang sgt tdk baik jika dihamburk2kan tanpa ada kebutuhan / keperluan yg sgt penting..
      mungkin bisa dikatakan sukses, jika uang dpt digunakan sesuai dgn peruntukannya 😀

    • oohh,,bgtu ya..

      tp kalo diterapkan di Ina, malah kepake buat k*or*ps*
      hmm,,uang mmg membutakan sgala’na .
      asalkan jgn pelit2 amat jg si 😐

    • hehehe,,sprti yg sudah sy katakan..ada baiknya jika uang digunakan sesuai peruntukannya..

      seluruh komponen trmasuk masyarakat mnjadi penentu sukses / tidaknya suatu negara..dilihat dari potensi yg dimiliki oleh negara itu 🙂

  3. zoe

    ***********
    hy, blom tentu jugak kawan..Mana bukti’a..???
    kan blm pernah kesana :#]

    ***********

  4. wow, sanitasi di Belanda patut diacungi jempol 😀

    *walaupun sy blm pernah kesana :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s