#283 Think Creativity, Think THNK

“Good ideas are just ideas without work.”

Seperti yang dinyatakan The Crow’s Nest, sebuah koran kampus Universitas South Florida St. Petersburg diatas, bahwa sebuah ide brilian jika tidak disertai usaha untuk mewujudkannya akan tetap berupa gagasan saja. Ide-ide kreatif yang diramu dengan keterampilan dapat menghasilkan inovasi. Inovasi ini yang nantinya dapat meningkatkan kemandirian masyarakat bahkan menumbuhkan bisnis-bisnis baru. Untuk mengembangkan kemampuan berinovasi tersebut, tentu saja membutuhkan dukungan dari banyak pihak, seperti pemerintah, dunia pendidikan, dan permodalan.

Dalam hal ini, pemerintah Belanda sangat pro aktif terhadap kreativitas yang menunjang inovasi.

Tanggal 19 Maret 2012 lalu, THNK the Amsterdam School of Creative Leadership, yang bertempat di Westergasfabriek secara resmi dibuka.THNK didirikan oleh Menno Van Dijk, direktur McKinsey and Company dan Bas Verhart, salah satu pendiri PICNIC dan CEO Media Republic. THNK juga didukung penuh oleh pemerintah Belanda, Kota Amsterdam, Vodafone, KLM Airlines, dan sejumlah perusahaan swasta dan publik lainnya. Sebagai dekan THNK, dipercayakan pada Stefano Marzano, mantan Chief Design Officer di Royal Philips Electronics.

THNK didirikan sebagai yayasan pendidikan internasional yang ditujukan bagi mahasiswa pasca sarjana yang memiliki bakat-bakat terbaik tingkat internasional yang dipilih secara cermat dari seluruh dunia. Program ‘creative leadership’ yang dijalankan oleh THNK didesain untuk memperlancar dan mengembangkan pemimpin-pemimpin kreatif dalam mengubah tantangan dan krisis global menjadi sebuah peluang.

Kurikulum dalam THNK menargetkan para profesional dari seluruh dunia untuk ikut serta dalam menciptakan inovasi dan ide-ide kreatif yang mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Saat ini sudah ada 30 peserta pertama dari 13 negara. Mereka semua adalah representasi kesuksesan di bidangnya masing-masing. Ke-30 peserta ini memiliki track record dalam mengembangkan ide dan mengesampingkan hambatan untuk membuat ide-ide mereka menjadi nyata dan bermanfaat bagi masyarakat.

Beberapa peserta THNK:

THNK’s Creative Program

Program belajar di THNK yang bertajuk THNK’s Creative Program dilaksanakan selama 18 bulan. Dalam pelaksanaannya, peserta akan bekerja sama dengan tim pengusaha kreatif dari berbagai disiplin ilmu dan beberapa CEO dari berbagai perusahaan. THNK’s Creative Program juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk mentransformasi ide-ide kreatif mereka menjadi proyek nyata. THNK memberikan dukunganyang bersifat individual, termasuk pembinaan dan pemantauan. Selain itu THNK juga memfasilitasi akses koneksi ke perusahaan terkait dan pembiayaan proyek.

Manfaat adanya THNK

Dengan mengikuti THNK, kita difasilitasi untuk menjadi creative leader berskala internasional. Selain itu, kita berkesempatan untuk bertukar pemikiran kreatif langsung dari pakar-pakar terkemuka. Yang terpenting adalah, ide-ide kita tidak hanya terpendam di benak saja, melainkan juga diwujudkan dalam kehidupan nyata. Seperti yang dinyatakan THNK dalam situs resminya: “This is not just about generating idea. It’s also about making it happen.”

Namun, untuk bisa mengikuti creative program di THNK the Amsterdam School of Creative Leadership, kita harus merogoh kocek agak dalam untuk ukuran mahasiswa menengah seperti saya, yaitu €39,500.

THNK the Amsterdam School of Creative Leadership merupakan inovasi dan ide kreatif yang cerdas dari negeri Belanda yang masih segar sepanjang tahun 2012 ini. Belanda memang selalu satu langkah di depan dalam penyediaan ruang dan waktu untuk pengembangan inovasi dan ide-ide kreatif dari para inovator dan kreator tingkat dunia di segala bidang. | tantya.2012

– ditulis oleh Septantya Chandra

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s