#285 Belanda: Masa Lalu di Masa Kini

 

Ada yang tau arkeologi apa? Sebagian orang berfikir tentang tulang belulang dan candi. Padahal arkeologi lebih luas dari itu. Kata ahlinya arkeologi itu adalah ilmu yang mempelajari manusia masa lalu melalui benda-benda peninggalannya.
Mari kita lihat tinggalan Arkeologi di Belanda. Belanda memiliki 1800 monumen dan 1500 situs yang dilindungi oleh Negara. Arkeologi Belanda berhutang pada lingkungan yang basa di Negara itu karena banyak tinggalan organik yang cepat rusak seperti pakaian, makanan, dan kayu dapat terpelihara dengan baik. Kadang-kadang tinggalan sejarah ini bisa bertahan hingga ribuan tahun!
 
Setidaknya terdapat 2 situs arkeologi terkenal di Belanda, seperti situs megalitik Hunebedden di Drenthe dan Pulau Schokland di Flevoland yang telah terdaftar di UNESCO sebagai situs warisan dunia.
Drenthe adalah salah satu provinsi terhijau dengan pemandangan indah di Belanda. Sangat baik apabila dieksplorasi dengan bersepeda. Jangan khawatir jalannya jelek, ada jalur sepeda disana untuk memanjakan pengunjung. Provinsi Drenthe terkait erat dengan Hunebedden yaitu situs dengan 54 perkuburan megalitik yang dibangun manusia 5000 tahun lalu. Kalau kalian ingin tahu bagaimana mereka dahulu bisa membangun pemakaman dengan batu-batu dengan berat 40 ton itu, ada Borger Hunebed Centre yang akan menjelaskan.
Beralih ke Schokland yang berabad menjadi sebuah pulau dengan penduduk yang pada di Zuiderzee. Pulau Schokland sebelumnya merupakan monumen Belanda pertama yang ditetapkan menjadi warisan UNESCO. Di Schokland kini terdapat sisa-sisa mercusuar, tinggalan pelabuhan di titik Utara, gereja di Selatan, dan adanya Museum Schokland. Selain itu, pemandangan Schokland pun mengaggumkan!
Mau tahu objek arkeolgi Belanda lain yang mengagumkan? Silahkan datang ke National Museum of Antiquities di Leiden!
Lalu apa bedanya tinggalan Belanda dengan Negara lain? Jawabannya: ada di cara kreatif Belanda  melestarikan situs warisan budaya mereka. Kalian harus tau Belanda memiliki cara kreatif untuk melestarikan dan memperkenalkannya kepada rakyatnya dan dunia. Belanda juga menerbitkan panduan cara menjaga kelestarian situs warisan negara. Lihat disini!
Cara kreatif yang digunakan Belanda dalam melestarikan situs warisan ini adalah mengadakan ‘Open Monumentendag’ atau yang disebut dengan Hari Warisan yang diselenggarakan setiap tahun di bulan September. Hampir 4000 bangunan bersejarah dan situs dibuka untuk umum. Dari sini kita bisa belajar lebih jauh tentang kesejarahan dan tahu cara untuk mempreservasi bangunan bersejarah. Tidak hanya itu, di acara ini juga ada eksebisi, musik, dan tour guide. Ajang tahunan ini menjadi kesempatan unik untuk belajar tentang warisan Belanda.
Negara Belanda secara serius mengelola semua peninggalan arkeologinya baik menggunakan teknologi terkini dan mendidik warganya untuk langsung terlibat membantu melestarikannya. Belanda pun membuat kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi. Di Fakultas Arkeologi di Universitas Leiden, ilmu arkeologi ditambahkan dengan fokus ekologi dan geologi juga dikaitkan langsung pada penelitian lapangan. Pengajar terlibat dalam proyek arkeologi seluruh dunia yang meyakinkan kita bahwa pengajar mengerti dengan baik area kebudayaannya. Kurikulum pun terus dikembangkan dengan metode baru dan penggunaan teknologi terkini. Jadi, bagi kalian yang bercita-cita menjadi arkeolog mari belajar di Belanda.Belanda adalah tempat yang tepat dalam menggabungkan sejarah dengan teknologi masa kini.
Lihatkan bagaimana kreatifnya Belanda mengelola masa lalu di masa kini? Tidakkah kita terkagum dengan apa yang bisa Belanda lakukan terhadap nilai sejarah mereka? Kita harus banyak belajar dan tidak membiarkan warisan budaya kita teronggok begitu saja. Sepatutnya banyak Negara meniru kreatifitas Belanda!
– ditulis oleh Rucitra Deasy
Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#285 Belanda: Masa Lalu di Masa Kini

  1. bikin pengetahuan saya jadi bertambah nih. kalimat-kalimatnya juga sederhana dan mudah di mengerti orang umum. good job! 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s