#286 Het Nieuwe Madurodam : Uber Creative!

Sekitar lima tahun yang lalu, kakak saya yang saat itu masih duduk di bangku kuliah jurusan sastra Belanda mendapat kesempatan untuk zomercursus untuk “memperlancar” bahasa Belanda lewat beasiswa dari kampusnya.

Mendengar kabar dia akan berangkat ke Belanda, saya ikut senang namun juga sangat iri. Bagaimana tidak, Belanda adalah negeri impian saya sejak kecil. Masih jelas ingatan saya, seringkali saya menulis di kertas binder teman-teman saya di waktu SD dan SMP seperti ini ketika dimintai biodata:
Nama : Tri Hayyu Majiida
TTL: Amsterdam, 2 Januari 1992
mungkin kertas-kertas binder dan organizer (yang sekarang entah kemana itu) bisa menjadi saksi bisu betapa ingin saya menguinjakkan kaki (dan tinggal) di negeri William van Oranje itu ūüė•

Hingga suatu siang saya menemukan offline message yang cukup singkat namun sarat makna dari kakak saya:
dek, kakak weekend ini mau jalan-jalan ke madurodam.

Rasa penasaran saya saat itu mendorong saya untuk mengetik kata “madurodam” di google, dan¬†voila, saya menemukan cukup banyak informasi. Madurodam, terletak di kota Den Haag, adalah sebuah miniatur tempat dan bangunan penting di Netherland, 25 kali lebih mini daripada aslinya. Sehingga ketika berada di Madurodam, mungkin rasanya akan sama seperti Gulliver di negeri liliput.

Madurodam merupakan tempat yang sangat menawan. Madurodam resmi dibuka untuk umum pada tahun 1952, Madurodam kemudian menginspirasi banyak orang untuk membuat tempat serupa, salah satunya Walt Disney yang terinspirasi membangun Storybook Land Canal Boats (yang merupakan salah satu wahana yang paling populer di Disneyland Paris) setelah mengunjungi Madurodam.

S.J. Bouma, arsitek ternama Belanda ditunjuk oleh orang tua George Maduro (George Maduro adalah seorang letnan yang gugur pada zaman perang dunia ke-2) untuk membangun kota miniatur sebagai monumen untuk mengenang George Maduro. Setelah melakukan studi banding ke miniatur kota Beaconsfield, Inggris, dia kemudian mendesain sebuah kota mini yang mampu mengikuti perkembangan kemajuan zaman.
Madurodam benar-benar kota mini dengan details yang sangat apik dan mengikuti perkembangan zaman. Pada tanggal 21 April kemarin, Madurodam di reopen secara resmi oleh mantan walikota pertamanya (Ratu Beatrix) setelah direnovasi selama 5 bulan. Manajemen Madurodam mengatakan renovasi dilakukan untuk membuat Madurodam semakin mewakili Netherlands yang modern, apalagi sekarang Madurodam dibagi ke dalam tiga area. Area yang telah ada sedari dulu adalah the City Centre yang berisi gedung-gedung indah dan kota tua Belanda. Area yang paling baru yaitu Waterland dan Innovation Island. Waterland mengajarkan bahwa air bisa menjadi teman sekaligus musuh, dan yang terakhir Innovation Island yang menggambarkan bahwa Belanda benar-benar menjadi sumber inspirasi dunia, terutama dalam bidang arsitektur, lanskap, inovasi, olahraga, hiburan, serta desain. Ditambah lagi dari segi pendidikan, madurodam secara unik memberikan pengalaman yang mendidik bagi pengunjung (terutama anak-anak lewat kegiatan interaktif yang bisa dilakukan di dalam Madurodam). Pengunjung dapat mengetahui informasi, misalnya tentang sejarah dibalik miniatur bangunan, yang bisa diakses lewat gambar digital yang kemudian terbaca di smartphone pengunjung.
Madurodam,¬†di mata saya, merupakan bentuk¬†dutch creativity¬†yang tak terbatas.¬†well, creativity makes innovation, innovation makes technology, technology makes people’s life easier and happy.
Bisa jadi, karena kreatif juga Belanda jadi negara paling bahagia nomor 4 di dunia versi PBB. iyatoch?
Рditulis oleh Tri Hayyu Majiida
Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

