#287 Do You Want to be Researcher? Come to the Researchers Country, Netherlands!

Research is not information gathering. Research is not transportation of facts. Research is necessary for learning. Because research is contribution to new knowledge, yakni menciptakan sesuatu yang baru dan orisinil yang bertujuan untuk kepentingan manusia. Untuk menemukan research , seseorang harus gigih dalam memecahkan solusi permasalahannya. Hal inilah yang dilakukan oleh banyak ilmuwan di dunia salah satunya di Belanda. Belanda merupakan negara yang besar, besar akan manusia-manusia yang kreatif dan inovatif yang menjadi para ilmuwan dunia. Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan di Belanda. Tak jarang, hal ini membuat para pelajar di dunia tertarik bersekolah disana. Banyak cerita sukses ilmuwan Belanda yang telah menggali ide-ide kreatifnya untuk berkontribusi bukan hanya untuk negaranya namun juga dunia. Salah satu penelitian yang dilakukan dengan gigih dan terus-menerus hingga bermanfaat dan menjadi “new knowledge” adalah Anammox.

Penelitian dalam menemukan metode atau sistem pengolahan air limbah sebenarnya sudah banyak dikemukakan. Namun tahu kah anda ada metode terbaru pengolahan air limbah yang lebih mutakhir saat ini? Ya, Pengolah air limbah yang dikenal dengan nama Anammox ditemukan oleh Profesor Mark Van Loosdrecht yang berasal dari Belanda. Terobosan ini membuahkan penghargaan bagi Profesor Mark Van Loosdrecht di Lee Kuan Yew Water Prize 2012.

Anammox merupakan suatu proses pengolahan air yang dapat menghilangkan nitrogen dari air limbah diperkotaan. Kinerjanya yakni menggunakan sedikit oksigen dan karbon untuk menghilangkan polutan. Proses annamox ini telah sangat mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan, penggunaan bahan kimia dan emisi karbon dari pembangkit air konvensional. Profesor Mark Van Loosdrecht mempelopori proses biological yang inovatif ini yang dapat menyediakan metode hemat energi, hemat biaya dan berkelanjutan untuk menghilangkan ammonia, salah satu polutan yang tidak diinginkan dalam air. Penemuan proses Anammox adalah hasil dari hampir 20 tahun kerja dan dedikasi oleh tim ahli mikrobiologi dan insinyur di Delft University of Technology (TU Delft) yang dipimpin oleh Prof van Loosdrecht.

Inti dari proses Annamox adalah sekelompok autrotofik bakteri yang memiliki sekumpulan enzim unik yang memungkinkan mereka merubah ammonia menjadi gas nitrogen tidak berbahaya, yang kemudian dibuang ke lingkungan.Tidak seperti pengolahan system air konvensional, ammonia diubah menjadi gas nitrogen melalui bentuk pertengahan nitrat. Dalam proses tradisional penghilangan nitrogen, hal ini disebut dengan nitrifikasi/denitrifikasi, yakni kunci dari penghematan konsumsi energi dalam pengolahan air.

Pengolahan sistem air konvensional yang digunakan adalah proses energi yang intensif. Diperkirakan bahwa di negara industri besar, energi yang digunakan dalam siklus air memakan sekitar 1% hingga 3% dari anggaran total energi suatu negara bahkan ketika daya yang dihasilkan dengan memanfaatkan biogas. Prof van Loosdrecht dan timnya sedang mempelajari kelayakan Anammox diterapkan ke siklus air yang digunakan. Jika berhasil, ia akan merevolusi seluruh dunia untuk pengolahan air limbah dengan penghilangan nitrogen dan penghematan energi yang sangat luar biasa.

– ditulis oleh Siti Mawar Rini Wintang M.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s