#288 Negeri Para Peneliti

Penelitian bukanlah sekedar mengumpulkan informasi. Penelitian bukanlah sekedar pemindahan maupun penggabungan suatu fakta ke fakta lainnya. Tidak dapat dikatakan penelitian jika belum berkontribusi menciptakan hal yang baru. Penelitian harus menciptakan hal yang belum pernah ada sebelumnya, bersifat orisinil, bertujuan untuk kepentingan manusia. Untuk melakukan penelitian seseorang harus gigih dan continue dalam melakukan researchnya. Penelitian sudah banyak dilakukan oleh ilmuwan dari negara-negara di berbagai belahan dunia. Salah satu negara yang sering melakukan penelitian , experimentation dan exploration adalah Belanda. Bagi saya, Belanda bisa dibilang “The researchers country” , kenapa? karena sudah tak terhitung lagi berapa banyak penelitian yang sudah dilakukan di negara tersebut yang berdampak luas bukan hanya untuk negaranya namun juga untuk dunia.

Salah satu hasil penelitian yang kreatif dan inovatif yang sedang hangat diperbincangkan saat ini adalah penemuan sumber energi tenaga listrik yang disebut “Vibration Energy”. Vibration Energy merupakan alternatif sumber energi yang dihasilkan oleh getaran kendaraan di jalanan. Sehingga padat atau tidaknya lalu lintas berpengaruh pada besar kecilnya tenaga listrik yang dihasilkan. Penelitian ini memungkinkan munculnya peluang penggunaan teknologi pieze dalam konstruksi jalan raya. Percobaan ini berhasil dilakukan di jalan raya N34 dekat Hardenberg di Belanda. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan apakah energi listrik dapat dihasilkan dari getaran lalu lintas menggunakan bahan piezoelektrik dan berapa banyak energi yang dapat dihasilkan. Sistem ini telah diuji antara bulan Oktober  sampai Desember 2011. Pengumpulan data dan pemantauan sistem dilakukan guna mengukur perangkat ini. Tauw dan the University of Twente di Belanda yang melakukan penelitian ini menyimpulkan bahwa energi memang bisa dihasilkan  menggunakan material piezoelectric yang dapat mengubah getaran yang lewat menjadi energi yang diaplikasikan pada permukaan jalan raya .

Penelitian yang hangat lainnya yang meghasilkan inovasi baru adalah lampu LED yang dapat “melayang” yang dilakukan oleh Philips di Eindhoven, Belanda. Sebelumnya Philips telah melakukan banyak penelitian yang menghasilkan bermacam inovasi seperti, “kaset audio compact” pada tahun 1963 , Philips meluncurkan CD dalam kerjasamanya dengan Sony pada tahun 1983, dll. Penemuan Philips baru-baru ini mengenai lampu LED yang “melayang” telah diimplementasikan di lapangan Catharina yang semakin indah yang dijadikan sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan karena lampu ‘melayang’ ini berada di tengah dan di antara pepohonan. Penerangan jalan raya dengan cara baru ini dapat menghemat ruang untuk penempatan tiang lampu , sehingga dapat menciptakan ruang publik yang lebih luas.

Penelitian yang tak kalah mutakhir adalah pengolah air limbah yang dikenal dengan nama Anammox. Terobosan ini membuahkan penghargaan bagi Profesor Van Loosdrecht di LKY Water Prize 2012. Anammox merupakan suatu proses pengolahan air yang dapat menghilangkan nitrogen dari air limbah diperkotaan. Proses annamox ini telah sangat mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan, penggunaan bahan kimia dan emisi karbon dari pembangkit air konvensional. Profesor Mark Van Loosdrecht mempelopori proses biological yang inovatif ini yang dapat menyediakan metode hemat energi, hemat biaya dan berkelanjutan untuk menghilangkan ammonia, salah satu polutan yang tidak diinginkan dalam air. Penemuan proses Anammox adalah hasil dari hampir 20 tahun kerja dan dedikasi oleh tim ahli mikrobiologi dan insinyur di TU Delft yang dipimpin oleh Prof Van Loosdrecht.

– ditulis oleh Siti Mawar Rini Wintang M.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s