#292 Restoran Ramah Lingkungan di Belanda

Pada tanggal 8 Desember 2011 telah diremikan sebuah restoran pinggir pantai di Brielle. Setelah masa konstruksi selama 5 bulan restoran ramah lingkungan menjadi kenyataan. Pengunjung restoran Aan Zee dapat menikmati alam, pandangan pada makanan, laut lezat dan sebuah bangunan sangat tahan lama. Restoran Aan Zee terletak di Oostvoorne (sebuah kota di Belanda Selatan). Restoran Aan Zee berbeda dengan restoran-restoran pada umumnya.

Siapakah arsitek yang memiliki ide kreatif ini ??

Restoran Aan Zee merupakan restoran ramah lingkungan. Ternyata bukan hanya kendaraan saja yang bisa ramah lingkungan. Restoran ini dibangun dengan bahan-bahan alami dan berkelanjutan. Energi yang dibutuhkan dihasilkan dari matahari dan angin dan dimasak di atas kayu sehingga tidak diperlukan gas untuk memasak.

Pada atap terdapat panel surya dan pemanas air matahari ditempatkan di sebelah restoran. Sumur panas bumi memberikan pemanas hemat energi dan pendinginan dengan bantuan ventilasi alami. Aan Zee menggunakan kincir angin untuk menggantikan aliran listrik. Selain itu, air limbah dimurnikan dengan helofytenveld, dan air hujan disaring di bukit pasir, sehingga restoran ini tidak memiliki koneksi saluran limbah.

Helofytenveld adalah sumur yang digali dengan kedalaman 20 meter dan lebar 10 meter. Helofytenveld merupakan jenis kolam yang ditutupi dengan kerikil dan tanah. Dalam lapisan ini terdapat pipa dengan lubang di dalamnya sehingga air kotor dalam lapisan tertekan. Di atas semua lapisan ditanam tanaman yang berfungsi untuk menguraikan limbah. harus melakukan pekerjaan sehingga airnya dapat dimurnikan.

Restoran ini memiliki menara mercuar untuk menikmati keindahaan alam sekitarnya. Pencahayaannya menggunakan lampu LED yang diperoleh dari angin dan listrik tenaga surya.

Aan Zee memiliki teras yang luas dimana selama musim panas dapat menikmati minuman atau makanan ringan dan alam sekitarnya yang indah. Sebuah bar besar mengambil ruang di tempat yang mencolok. Dari sana, kopi yang lezat, anggur berkualitas dan berbagai pilihan minuman.

yoops… !! sudah saatnya back to nature,,,

Penasaran dengan konsep beserta keunikannya ??

Graag ontvangen wij u als onze gast bij Restaurant Aan Zee Oostvoorne!

– ditulis oleh Cindy Silvia Hadi

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s