#302 Rumus E = mc², Rahasia Kesuksesan Belanda

Sektor industri kreatif memainkan peran yang cukup signifikan bagi perekonomian Belanda. Tidak hanya menghasilkan banyak wirausahawan, tetapi berperan besar menjadikan Belanda salah satu dari 10 negara pengekspor terbesar dan negara paling kreatif di dunia. Beberapa sektor unggulan dalam industri kreatif Belanda adalah desain, media, hiburan, fashion, dan arsitektur. Apakah rahasia kesuksesan Belanda tersebut?

Albert Einstein menemukan rumus relativitas di bidang fisika yakni E = mc². Rumus ini juga digunakan untuk mengukur besarnya energi yang dihasilkan dalam reaksi nuklir. Belanda mempunyai sudut pandang lain terhadap rumus itu dan mengaplikasikannya dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

Bagi Belanda, E = mc² adalah persamaan bagi Education = maintaining curiosity². Dalam artian, selain memberikan pendidikan yang berkualitas, sistem pendidikan Belanda benar-benar mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, menumbuhkan dan memelihara rasa keingintahuan, serta berusaha untuk menemukan jawaban kreatif dan inovatif bagi berbagai pertanyaan yang telah muncul di benak mereka. Ide-ide yang inovatif sangat dihargai dalam pendidikan Belanda dan rasa keingintahuanlah yang menjadi stimulus untuk mendapatkan ide-ide tersebut. Jean Piaget, seorang psikolog dan pionir dalam studi kepandaian anak (1896-1980) berkata “The principle goal of education is to create men who are capable of doing new things, not simply of repeating what other generations have done – men who are creative, inventive and discoverers” Dengan pendidikannya, Belanda sukses menghasilkan orang-orang yang kreatif dan inovatif. Salah satu contohnya adalah Sjoerd Smit yang merupakan lulusan TU Delft.

Sjoerd adalah seorang industry designer VanMoof, perusahaan yang dirintis akan kecintaan terhadap sepeda. Timbul dalam benaknya mengapa ada orang-orang yang tidak suka bersepeda dan dia pun berkesimpulan bahwa mereka tidak menyukainya karena desain sepeda yang rumit. Oleh karena itulah di VanMoof, dia menciptakan sepeda dengan desain yang sesederhana mungkin tetapi memberikan kenyamanan, sistem pengamanan yang kuat, dan pencahayaan yang bagus sehingga hal itu diharapkan dapat membuatnya menjadi kendaraan alternatif pengganti mobil. Sjoerd menyembunyikan kebanyakan detail sepedanya di dalam rangka utama.

Rumus E = mc² juga diterapkan Belanda dalam bidang ekonomi, yakni Economy = managing creativity². Orang-orang kreatif Belanda yang menjadi wirausahawan dalam berbagai sektor juga diurus dan difasilitasi secara serius oleh pemerintah Belanda dalam naungan Kementrian Ekonomi, Pertanian dan Inovasi. Pemerintah menetapkan pajak yang rendah dan lebih sedikit birokrasi. Pengusaha dengan produk inovatif juga akan mendapatkan keuntungan pajak. Pemerintah juga telah membentuk Dutch Creative Industries Council (D-CIC). Badan ini mengkoordinasikan pelaksanaan rencana tindakan dalam industri kreatif sesuai dengan prinsip segitiga emas (kolaborasi antara industri, lembaga ilmu pengetahuan dan pemerintah). Pemerintah mengalokasikan dana tahunan sebesar € 250.000 untuk D-CIC.

Dengan rumus E = mc² dalam pendidikan dan ekonominya, Belanda menghasilkan orang-orang kreatif di berbagai disiplin ilmu yang berkontribusi dalam kesuksesan Belanda di dunia internasional. Keterbatasan lahan dan sumber daya alam membuat manajemen kreatifitas sangat penting bagi Belanda. Terdapat 43.000 perusahaan bergerak di sektor industri kreatif, mencakup 5% dari total seluruh perusahaan yang ada di Belanda. Industri ini menghasilkan berbagai produk inovatif yang diekspor ke seluruh dunia. Seperti halnya sepeda VanMoof yang kini dijual di berbagai negara. Mampukah negara kita mengaplikasikan juga rumus ini?

– ditulis oleh Ricky Mardiansyah

Iklan

27 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

27 responses to “#302 Rumus E = mc², Rahasia Kesuksesan Belanda

  1. Tyas

    mas Ricky bolehkah saya meminta alamat emailnya?hehe terima kasih mas

  2. Ternyata benar, GAGAL adalah sukses yang tertunda…. Thanks kak Ricky…. Inspiring…..

  3. baru punya niatan untuk ikutan kompetiblog tahun ini, semoga bisa ke Utrecth .. 🙂 Amin ya Allah.

  4. Semog bisa menyusul tahun ini..

  5. kak ricky….kalo sepuluh tangan aku jempol semua (ngeri siih) aku bakal ancungin semuanya buat kak ricky…hahaha
    sukses kak ^_^

  6. PRIMITIVE ART

    CONGRAT BRO..

  7. Saya ngga percaya panitia akhirnya menjadikan tulisan ini sebagai pemenang. Bahkan ketika tulisan ini masih berada dalam peringkat 30 besar. Lihat, E=mc2 itu sudah jelas-jelas rumusnya einstein… Dan itu dari jerman bukan belanda… walau bagaimanapun ngga bisa dianalogikan atau dikait-kaitkan meskipun dgn konsep yg berbeda sesuka kreativitas penulis. Kecuali summer school ini akan memberangkatkan pemenangnya ke Jerman. Kasian Albert Einstein, orang di luar Belanda, dimanfaatkan. Kalau Van Moor boleh lah, soalnya memang dia berasal dari Belanda. Tapi e=mc2…. ? Kayaknya ngga deh…

    • Geez, imaginasinya pendek amat mbak.
      Intinya pake E=mc2 itu kan utk menggambarkan “maintaining curiosity” pangkat 2 di Belanda. Kreatif!

      Judul sama inti ceritanya juga nyambung.

    • Kyknya Einstein ga bakal marah tuh dipake teorinya dan dikait2kan dgn tulisan ttg Belanda. Einstein sendiri bilang “Imagination is more important than knowledge.”

    • Lihat lagi paragraf kedua, disitu disebutin Albert Enstein kan, bukan Van Den Bosch, Prince Oranje, atau orang Belanda lainnya. Gak ada Copyright Violation di dalamnya.

      Toh inti tulisan ini adalah “pengaplikasian”, bukan “penciptaan”. Plisss…

    • makasih banyak ya anVasa untuk ide dan pemikirannya 🙂
      Iya memang Albert Einstein dari Jerman tapi kan tulisan ini saya buat untuk menggambarkan bahwa Belanda “mengaplikasikan” rumus ini dalam bidang Ekonomi dan Pendidikan, tulisan ini “pengaplikasian” seperti yang dibilang juga Rizal M. Ridzuan. 🙂
      Hanya rumus E=mc2 saja saya kutip dari Einstein, dan untuk Belanda, saya kembangkan sendiri dengan Education = maintaining curiosity2 dan Economy = managing creativity 2. Seperti yang dijelaskan juga oleh mbak Linda Regina. Itu hasil imajinasi saya sendiri melihat dari data-data yang saya miliki tentang pendidikan dan perekonomian Belanda.

      Makasih banyak 🙂

    • Sagala

      Anda betul tapi ga sepenuhnya. Einstein memang sempat jadi warga negara Jerman, tapi selain itu beliau juga pernah jadi warga negara Swiss, Austria, & terakhir US. Kalau cara pikirnya seperti Anda, harusnya penulis jg berangkat ke semua negeri2 tsb donk :p

  8. Congratz ya ricky 🙂
    banyak hal dr Belanda yg menginspirasi,
    netherland really full of innovation
    Indonesia jg pasti bisa!

    • Makasih Ella… 🙂
      Iya bener banget, dari tahun lalu saya ikutan Kompetiblog dan tahun ini juga, bikin saya menemukan banyak hal kreatif dan inovatif dari Belanda… Semuanya menginspirasi! Semoga Indonesia bisa ya! 🙂 Amin…

  9. congratulation, Ricky 🙂
    dari awal baca tulisan kamu, saya udah mikir, “wah, bakalan menang ni tulisan.” hehe.
    good job, teman.
    nitip salam buat Belanda ya.. 🙂

  10. Ping-balik: Pengumuman Pemenang Kompetiblog 2012 | KOMPETIBLOG 2012

  11. Selamat ya Ricky, akhirnya tahun ini bisa berangkat ke Belanda.. Happy for you 🙂

  12. Makasih banyak Niken! 🙂 Hehehe. Iya ide ini muncul setelah pemikiran selama seminggu lebih… hehe 😀
    Amin…semoga negara kita juga bisa menerapkan rumus ini ya biar bisa lebih kreatif dan maju 😉

  13. Nice!
    suka bgt sm konsep e=mc2 nya Belanda + suka bgt sm tulisannya. good job.
    semoga ke depannya negara kita mampu menerapkan e=mc2 kayak Belanda 🙂

    • Zaki

      Wow! Nice post! Makna rumus E= mc2 untuk Belanda itu sudah ada lbh dulu atau Anda rumuskan sendiri konsepnya?? keren!:)

      • @Zaki: Saya rumuskan sendiri konsepnya Zak… 🙂 Dan ternyata bisa nyambung dengan apa yang dilakukan Belanda dalam bidang Ekonomi dan Pendidikan, bukti-buktinya ada di tulisan ini. 🙂 makasih ya Zaki 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s