#304 Totaal Voetbal, Standard Permainan Sepakbola Modern

“Tuhan menciptakan dunia, tapi orang Belanda sendirilah yang menciptakan Belanda” adalah salah satu ungkapan terpopuler di Belanda. Tidak hanya mengungkapkan kebanggaan, tapi juga kepercayaan diri yang tinggi dari Nederlanders terhadap kemampuan mereka. Bahkan ada yang berpendapat ungkapan itu secara tidak langsung menyiratkan kenarsisan! Sebetulnya tidaklah berlebihan apabila hal-hal tadi tersematkan, karena banyak hasil karya yang inovatif yang berasal dari buah pikiran mereka. Mulai dari bagian besar tanah yang ada di sana yang ‘diambil’ dari laut dan dikeringkan dengan menggunakan teknik membangun tanggul dan sistem drainase rumit yang telah dipakai selama berabad-abad. Hasil karya seni modern dari banyak artis terkenal yang tidak hanya terpajang di museum tapi juga tercermin di banyak ruang keluarga di Belanda. Sampai beberapa hasil inovasi yang berupa Mobil Terbang, Lampu LED Melayang, Energi yang bersumber dari getaran jalan raya (Vibration Energy) dan banyak lainnya.

Salah satu inovasi Nederlanders yang mempunyai dampak paling luas dan paling banyak dikenal di dunia adalah Total Football. Pada Piala Dunia 1974 tim Oranje tampil memukau sepanjang turnamen. Mereka mengalahkan tim- tim juara seperti Argentina dan Inggris di babak awal dengan cara bermain bola yang tidak penah dilihat orang sebelumnya. Saat itu sangat tidak wajar bagi sebuah tim untuk bermain dengan mendorong garis pertahanan sampai sangat jauh ke depan dan meninggalkan ruang yang lebar di belakang. Filosofi utama yang dianut oleh Rinus Michels, menyerang adalah cara bertahan yang terbaik benar-benar diaplikasikan saat itu. Hampir semua pemain mempunyai tugas untuk membantu penyerangan, dan ikut bertahan jika diperlukan. Mereka memperkecil ruang gerak lawan dan menguasai pertandingan. Sang Kapten Johan Cruijff, disebut sebagai salah satu jenius dalam sepakbola. Dia dikenal lebih banyak bermain dengan menggunakan mulut daripada kaki, maksudnya adalah dia banyak memberikan arahan kepada rekan lainnya.

Pada 7 Juli 1974 dilangsungkan pertandingan final antara Belanda melawan tuan rumah Jerman Barat. Banyak yang memprediksi de Oranje akan bisa mengalahkan Jerman Barat, terutama bagi mereka yang terkesan dengan penampilan mereka sepanjang turnamen. Berada di atas angin, kepercayaan diri skuad Belanda meningkat –terkesan terlalu percaya diri malah— mereka merasa bisa mengalahkan Jerman Barat, yang notabene adalah tuan rumah turnamen. Kepercayaan diri itu diejawantahkan dalam permainan mereka, terbukti baru menit pertama pertandingan berjalan Uli Hoeneß terpaksa harus menjatuhkan Cruijff di kotak penalti. Eksekusi pun diselesaikan dengan sempurna oleh Johan Neeskens.

Tetapi kepercayaan diri yang terlalu tinggi juga menjadi bumerang bagi Belanda, mereka kebobolan dua gol yang diawali serangan balik pada menit ke-25 dan 43. Meskipun dianggap bermain lebih baik, skor akhir mentahbiskan Jerman sebagai Juara Piala Dunia untuk kedua kalinya. Dasar orang Belanda yang bangga dengan penampilan Tim Nasionalnya, mereka menyebut kalau Jerman adalah Tim terbaik turnamen tersebut, tetapi Belanda adalah tim yang lebih baik. Sampai sekarang banyak yang menganggap Tim Nasional Piala Dunia Tahun 1974 itu sebagai juara tanpa gelar.

China boleh dianggap sebagai tempat pertama munculnya permainan bola sepak, Brasil boleh berbangga mempunyai tradisi sepakbola yang kental, dan Inggris boleh saja mengklaim sebagai negara penemu Sepakbola. Tapi praktis setelah selesainya perhelatan Piala Dunia 1974 Belanda boleh disebut sebagai peletak standar baru permainan sepakbola modern!

– ditulis oleh Bogi Firmansyah

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s