#306 Belanda dan Dunia Sepeda

Sepeda siapa coba yang gak tahu benda satu ini? Hayooo ngaku… Gak tahu gak gaul hehe. Aku mau cerita tentang sepeda di Belanda. Kalau bicara tentang sepeda pasti gak bisa dijauhkan dari negara satu ini. Di setiap sudut kota pasti selalu dijumpai orang-orang Belanda mengendarai sepeda, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Perlu teman-teman ketahui walaupun Belanda bukan negara pencipta sepeda, tapi Belanda selalu berinovasi dengan sepeda. Sepeda pertama Belanda meniru sepeda Inggris. Perbedaannya ada pada bentuk tempat duduknya yang tegak dengan frame yang lebih tinggi dibandingkan sepeda pada umumnya. Posisi seperti ini membuat penglihatan lebih baik, sangat nyaman dan ideal untuk mengoptimalkan handling dan kontrol pada kemudi, terutama di medan turunan tajam dan berkecepatan tinggi.

Bentuk sepeda yang populer di Belanda adalah Omafiets atau disebut juga Grandma’s bike. Sepeda Omafiets tradisional berwarna hitam, dengan frame yang agak jauh, sehingga membuat posisi tegak, bagian rantai yang tertutup sebagai penahan lumpur.

Pada awal pembuatan sepeda Belanda hanya ada gigi satu atau gigi tiga, sehingga kecepatannya rendah. Namun, sepeda Belanda sekarang dilengkapi dengan gigi yang lebih tinggi, bisa mencapai gigi 8.

Umumnya, sepeda Belanda dilengkapi dengan dua rem coaster (disebut juga pedal rem belakang atau rem kaki), yang berfungsi seperti rem lainnya hanya rem ini lebih baik jika pengendara melaju dengan kecepatan tinggi. Fitur lain yang pokok dari sepeda Belanda adalah penutup rantai yang dipernis, penahan lumpur dan skirt-guard. Fitur-fitur ini membuat pengendara bersih dan kering, dan melindungi rantai sepeda dari unsur-unsur cuaca. Kebanyakan rantai sepeda di Belanda tertutup. Hal ini memberikan keuntungan yaitu rantai sepeda hanya perlu diminyaki sekali atau dua kali setahun.

Fitur lain yang menarik dari sepeda Belanda adalah mereka dapat disimpan di luar sepanjang tahun dengan kondisi hujan dan salju tanpa berkarat. Hal ini penting di Belanda, karena keterbatasan ruangan. Fitur terakhir yang tak kalah penting adalah kunci roda belakang yang nyaman, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan keamanannya.Beberapa sepeda dilengkapi dengan dinamo yang terhubung dengan roda sepeda, sehingga bisa menyalakan lampu sepeda.

Ternyata, orang Belanda juga suka inovasi kawan. Salah satunya Amsterdam school pick-ups. Sepeda ini digunakan oleh orang Belanda untuk menjemput anaknya setelah pulang sekolah. Jika anaknya terlalu kecil, sepedanya dilengkapi dengan bakfietsen, sehingga anaknya akan lebih aman dan orang tua tidak perlu khawatir apabila anaknya tidur. Selain itu ada pula sepeda yang dilengkapi kursi anak (child seats) yang bisa diletakkan di depan atau belakang sepeda. Jika anaknya sudah cukup besar, orang tua membolehkan mereka untuk membawa sepedanya sendiri, tapi dengan pengawasan.

Inovasi orang Belanda tidak hanya berhenti disitu saja lho! Nih aku kasih tahu beberapa inovasi sepeda di Belanda!

Atau mau naik sepeda yang aman dan nyaman? Tinggal pake sepeda taksi di Amsterdam. Konsep sepeda taxi cukup menarik “many people, one bicycle”, bisa untuk sepeda bareng teman-teman deh. Bentuknya yang unik juga bagus untuk berfoto hehehe…

Belanda juga punya sepeda lipat lho! Dengan tempat duduk yang lumayan tinggi seperti kebanyakan sepeda di Belanda.

Bagi orang yang berjualan dan perlu kontainer yang cukup besar. Belanda juga ada lho! Sepeda roda tiga yang dilengkapi boks kontainer untuk mengangkut barang.

Buat yang suka menguji adrenaline bisa mencoba Monster Bike buatan Wouter van den Bosch. Sepeda yang beratnya mencapai 450 kg ini terbuat dari tabung baja, bagian-bagian sepeda dan ban traktor.

Mau yang hybrid? Sepeda Taga Hybrid buatan desainer Belanda-Israel bisa jadi pilihan bagi ibu-ibu yang ingin lebih ringan dalam bersepeda. Desainnya yang menarik dan mampu membawa dua anak bisa jadi pilihan bersepeda dengan keluarga.

Buat yang suka bersepeda bersama keluarga, sepeda tandem bisa jadi pilihan bagus lho… Sepeda ini bisa memuat 3 hingga 4 orang asalkan tempat duduknya ada hehehe…

Buat para turis, sepeda ini bisa jadi pilihannya, yaitu the beer bike. Sepeda ini memuat 10 orang dan bisa untuk minum beer dan berkaraoke selama mengelilingi Amsterdam. Namun, sayangnya sepeda ini mulai dilarang karena faktor keamanannya.

– ditulis oleh Tyas Nisa Utami

Iklan

6 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

6 responses to “#306 Belanda dan Dunia Sepeda

  1. nice post Tyas…
    jadi dpt pengetahuan baru tentang sepeda. andai di Indonesia sepedanya secanggih di sana, green life is not a dream anymore ! 🙂

  2. yogiswara patra

    nice info 🙂

  3. cecil

    wow something new knowledge that I know about Dutch country. something interesting and innovative story .. I like this post, thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s