#307 NoMix Dukung Swasembada Urin Tanpa Demonstrasi

Apa yang terlintas ketika membaca judul ini? Apakah NoMix asing bagimu? bagaimana dengan swasembada? Kata swasembada biasanya digunakan dalam bidang pangan yang berhubungan dengan bahan pokok, misalnya swasembada beras. Suatu daerah yang mengatakan bahwa daerahnya merupakan daerah swasembada beras, berarti daerah tersebut mampu mencukupi kebutuhan berasnya dari produksi sendiri tanpa bantuan dari luar. Lantas bagaimana dengan swasembada urin, dengan dukungan NoMix tanpa Demonstrasi? masih bingung? Tulisan ini saya awali dengan pengalamanku menyaksikan demonstrasi. Begini ceritanya…

Pagi itu, kuarahkan pandanganku pada tiga orang wanita paruh baya yang melewati halaman depan rumahku. Kulihat sebuah jerigen ukuran lima liter digenggam oleh tangan-tangan keriput itu. ”selamat pagi, mau Kemana Bu?” aku bertanya.
“Mencari minyak tanah,dek.“ mereka menjawab. Setelah beberapa menit, akhirnya mereka kembali. Kuarahkan mataku pada tangan-tangan itu, namun masih saja aku dapati genggaman yang sama tanpa beban. Kekecewaan terpancar dari wajah mereka. Sambil berlalu, mereka berbicara satu sama lain, mengenai rencana kenaikan BBM. Waktu menunjukan pukul 09.00, tiba – tiba terdengar suara riuh dari radius 100 meter arah jalan utama.“Turunkan harga BBM“ demikianlah teriakan yang kudengar. Kukayuh sepeda buntutku menuju arah datangnya suara. Dan ternyata….
Kudapati sekelompok orang muda yang menyebut diri mereka “Penentang rencana kenaikan BBM bersubsidi” jumlah mereka yang tidak lebih dari seratus orang membuat mereka harus menggunakan sebagian badan jalan, ternyata hal itu mampu mencuri perhatian segelintir orang. Di bawah panasnya mentari kulihat usaha mereka menjaring simpati dari sang pengambil kebijakan, agar harga BBM tidak dinaikan. Untungnya, demonstrasi hari itu tanpa kekacauan. Lalu bagaimana hubungan antara NoMix dukung swasembada urin tanpa demonstrasi?

Disaat naiknya harga minyak dunia, yang membuat hampir semua negara pusing, hingga jalan demonstrasi ditempuh untuk berpendapat, ternyata ada temuan bijak dari Belanda. Universitas Teknologi Delft dari lembaga penelitian DHV, meneliti tentang urin, yang dapat memasok energi setara 110 ribu megawatt di 30 ribu rumah dan dapat digunakan sebagai BBM alternatif bagi mobil bertenaga listrik. Urin memiliki keunggulan dibandingkan bahan bakar fosil dan bahan bakar hayati. Sisa proses urin yaitu asam fosfat, dapat digunakan sebagai pupuk urea yang tak berbahaya karena tidak mengandung bahan kimia. Menurut Andreas Glesen, Manajer Inovasi DHV Research, urin dikumpulkan secara konvensional dan kimiawi. Sejak 2006, para ilmuan telah mengembangkan teknologi yang memisahkan air dan urin di toilet,teknologi ini dikembangkan oleh Dr. Jac Wilsenach, yang bekerjasama dengan pemerintah lokal untuk mendirikan toilet, bernama NoMix. penemuan ini telah didaftarkan di China, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Eropa.

Wow, begitu besar peran “NoMix” dalam memenuhi jumlah urin untuk penelitian, tanpa adanya demonstrasi. Saya yakin apapun yang kita lakukan, untuk mencapai tujuan yang positif, mungkin caranya yang berbeda, misalnya dengan berdemo, menulis, melakukan research, atau apapun itu, sedapat mungkin hal tersebut dapat mencerminkan siapa kita. Peneliti Belanda telah mencerminkan kreativitas penelitiannya, dimana “NoMix“ mendukung Swasembada urin tanpa demonstrasi.

– ditulis oleh Apry Selwin Leokuna

19 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

19 responses to “#307 NoMix Dukung Swasembada Urin Tanpa Demonstrasi

  1. sheny

    tulisan yg bagus.. smg realisasinya ada =)

  2. Lysti

    semoga noMix segera ada di Indonesia

  3. art

    nice solution!!
    hope it can be realized soon…

  4. art

    nice solution, hunny… hope it can be realized soon… 🙂

  5. onya

    mantaappppp….smg bs dtrapkan d indo^,^

  6. sumar

    luar biasa…semoga pemerintah cpt tanggap dan memesannomix sebanyak-banyak untuk diberlakukan dinegaraindonesia..

  7. andryan

    Good teman,, info yang baik bagi negara kita, tapi alangkah baiknya jika kerjasama terjalin, sehingga kita dapat memberdayakan hal ini demi kesejahteraan rakyat Indonesia, . .

  8. mantap…
    kalau urine-nya sdah terkumpul mau dibawah kemana bu??

  9. syalom

    memang benar apa yang kita buat untuk tujuan yang sama walaupun jalan yang berbeda-beda………tidak ada salah kita mencoba segalah hal untuk tujuan yang muliah…………….klo bisa ada ju yang teliti soal urin singa salah pegang berarti nyawa melayang

  10. ibby

    hmmmmm bagus tuh. salut buat penelitinya. alami, dan jauh lebih keren manfaatnya , Efisien , Luar biasa.
    yang jelas Without Demo ….. Siippppp

  11. NovelZ

    Bagus juga tuch……
    penggunaaan NoMix di Indonesia…. aplagi di INA khususnya para laki-laki yang suka smbarangan membuang urinnya….
    jadi bagus sekali klo adanya NoMix di INA, mengurangi pencemaran lingkungan dan juga membantu mengurangi biaya BBM khususnya bagi masyarakat yang tak mampu.

  12. nindya

    I LIKE THIS…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s