#316 Kreativitas Belanda Sudah Ada dari Zaman Kompeni

Rata rata masyarakat indonesia masih sangat awam dengan peta. Terletak di garis khatulistiwa, memiliki luasan area yang sangat besar, memiliki banyak pulau yang dengan lautan sebagai jaraknya, menjadikan Indonesia negara yang sangat wajib memahami peta. Masih ingat kasus kasus perebutan wilayah dan batas administrasi dengan negara tetangga? Jika saja kita memiliki informasi yang jelas mengenai batas administrasi ini, yang terdokumentasikan dalam peta yang resmi dan sah, tentu hal ini tidak akan terjadi. Mengingat pentingnya peta bagi Nusantara kita ini, yuk kita lihat bagaimana kondisi pemetaan Indonesia pada zaman kompeni.

Kalo zaman sekarang kita bisa membuat peta dengan menggunakan citra penginderaan jauh. Lalu bagaimana dengan zaman dahulu yang belom ada istilah penginderaan jauh? Tentu saja peta dihasilkan oleh survey. Pada zaman dahulu, peta belum begitu terkenal di Indonesia, hingga bangsa Eropa khususnya bangsa Belanda masuk ke wilayah Nusantara. Sebenarnya peta dunia sudah ada semenjak zaman dahulu, biasanya dimiliki dan dikembangkan oleh negara negara maju. Namun karena eropa dan wilayah arab dijadikan sebagai pusat dunia dalam peta tersebut, alhasil Indonesia terletak di pinggiran peta tersebut yang akhirnya menutup mata dunia akan posisi Indonesia. Namun keadaan alam di Eropa yang tidak memadai memaksa Eropa untuk belayar menjelajahi dunia mencari tempat tempat yang kaya akan SDA. Terletak di dekat garis khatulistiwa dan di wilayah pertemuan beberapa lempeng menyebabkan Indonesia menjadi negara yang subur dan sangat kaya. Sehingga pada akhirnya bangsa kompeni pun menginjakan kaki di Nusantara. Semenjak itulah pemetaan Indonesia mulai berkembang, walaupun pelaku pemetaan ini masih dari pihak Belanda.

Kongsi dagang Belanda yang ada di Indonesia, VOC sendiri pun dengan serius mengembangkan dan membuat peta Indonesia. Dalam setiap pelayaran mereka, mereka selalu membawa kartografer (pembuat peta) di dalam kapal mereka untuk membantu proses pemetaan. Berikut adalah peta peta yang dihasilkan pada masa kejayaan Hindia-Belanda:

Setelah melihat peta peta diatas, kita dapat melihat ternyata kreativitas dan inovasi orang Belanda sudah ada sejak zaman penjajahan. Mereka menyadari pentingnya peta dalam pelayaran dan dalam perdagangan. Dan luar biasanya adalah bahwa peta peta ini dihasilkan pada masa kolonialisasi Belanda di Indonesia (sekitar abad 15-18). Dimana teknologi pembuatan peta pada zaman itu masih sangat konvensional dan menyulitkan. Saya sebagai mahasiswa geografi sangat menyadari sulitnya membuat peta, bahkan di zaman yang sudah modern ini.

Mirisnya, di zaman yang sudah modern dan dipenuhi oleh teknologi ini, bangsa kita masih cukup tertinggal dalam proses pembuatan dan pengupdate-an peta. Padahal peta sangat penting untuk mengetahui proses perkembangan sebuah bangsa, terlebih lagi negara yang menerapkan sistem Suistainable Develompent seperti Indonesia. Selain itu masyarakat indonesia pada umumnya cukup awam dengan peta. Berbeda dengan negara negara maju di luar sana yang sangat concern dalam pengembangan ilmu pemetaan.

Nb: Di Indonesia VOC (perkumpulan dagang pada masa Hindia Belanda) memiliki sebutan populer Kompeni atau Kumpeni. Istilah ini diambil dari kata compagnie dalam nama lengkap perusahaan tersebut dalam bahasa Belanda

– ditulis oleh Mia Renauly

Iklan

6 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

6 responses to “#316 Kreativitas Belanda Sudah Ada dari Zaman Kompeni

  1. Nur'aini Utami Rahmawati

    Hwuuuaaa ternyata seperti ini yaaa……
    baru tau. ckckckckkckk

  2. fajree

    wah artikelnya unik sekali. teman πŸ™‚ salam kenal saya fajri. mari saling berbagi tulisan. menang urusan belakangan, yang penting ketika tulisan yang saya buat di baca oleh orang lain, itu sudah menjadi kemenangan dan kebahagian tensendiri bagi saya, selamt membaca πŸ™‚

    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/
    dan
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/

    semangat teman!

  3. Nur Mufidatunnisa

    pemetaan Indonesia harus dikembangkan dan semoga dengan tulisan ini geografi di Indonesia semakin berkembang pesat dibidang pekerjaan karena geografi dan pemetaan berbicara mengenai spasial (keruangan) yang ada di bumi ini. Tanpa geografi dan pemetaan kita tidak tahu fenomena apa saja yang terjadi dari tahun ke tahun.

    Terima kasih miaa. tulisannya sangat menginspiratif bahwa geografi sudah ada sejak dahulu kala dan kita tidak usah takut apabila kuliah di geografi karena geografi dan pemetaannya sangat dibutuhkan di bidang pekerjaan saat ini. terlebih lagi di Indonesia jarang yang bisa membaca peta πŸ™‚

    • bener banget mif, apalagi pemetaan skala detail yang kaya di TNI AL ama Dishidros, cool banget kan kalo perkembangan pemetaan di Indonesia kaya begitu. Semangat indonesia. Semangat adik penyuuuu #eh

  4. Eva Sari Tampubolon

    Mi, keep fighting yaaa!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s