#320 Peran Penting Belanda dalam Perkembangan Penelitian Teknologi Nano

Di zaman ini, teknologi berperan sangat penting, khususnya berkaitan erat dengan kehidupan Manusia dan sekitarnya. Teknologi Nano yang disematkan pada komputer, smartphones, perangkat musik, mesin cuci, beton sebagai alat pondasi rumah dan gedung, sampai pada produk makanan, hingga obat-obatan menunjukkan bahwa Teknologi saat ini mulai beralih dan berpusat pada Teknologi Nano. Di tahun 2012 ini, Teknologi Nano sedang tumbuh dan berkembang cukup pesat, dalam artian Teknologi Nano sudah diterapkan di beberapa bidang, meskipun belum sepenuhnya Teknologi Nano diterapkan di semua bidang. Namun, di masa depan nantinya, entah 5-10 tahun kedepan, Teknologi Nano akan diimplementasikan di semua bidang. Contohnya seperti : Aplikasi di rumah dan gedung, Farmasi atau Kedokteran, Lingkungan Hidup, Teknologi Komputer, Militer, Industri, Otomotif, Konservasi Energi, dan lain sebagainya.

Sekilas mengenal Teknologi Nano, adalah teknologi yang dikembangkan dalam ukuran yang sangat kecil atau disebut dengan Nanometer. Ukuran skala 0.1 sampai 100 nm (nanometer) = (sama dengan) seperseribu mikrometer, atau seperjuta millimeter. Dengan ukuran sekecil itu, atom dan juga molekul dapat dimanipulasi untuk menghasilkan sesuatu (berupa alat atau barang) yang di inginkan oleh manusia. Sederhananya, 1 nm = satu per milyar meter (0,000000001 milyar). Ini berarti ukurannya 50.000 lebih kecil jika dibandingkan dengan sehelai rambut manusia. Bisa anda bayangkan betapa hebatnya Teknologi Nano jika diaplikasikan ke berbagai alat atau barang, sehingga ukuran beratnya menjadi lebih ringan, namun tetap tidak mengurangi teknologi canggih yang disematkan di dalamnya.

Banyak negara yang telah meneliti dan mengimplementasikan Teknologi Nano. Namun, perlu diketahui bahwa Belanda menjadi salah satu pelopor dalam sektor Teknologi Nano, dan juga aktif sekaligus menjadi pemimpin Eropa serta investor terbesar dalam merancang dan mengembangkan Teknologi Nano. Inovasi dan kreativitas negara Belanda dalam menciptakan, mempublikasikan, dan mengimplementasikan Teknologi Nano, membuat mereka sejajar dengan negara lainnya. Dalam hal penelitian dan jurnal/publikasi ilmiah. Belanda tercatat masuk ke dalam urutan dua teratas di seluruh dunia bersama dengan Swiss. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Belanda memainkan peran yang sangat penting dalam penelitian Teknologi Nano.

Selain Badan Pemerintahan, seperti Departemen Ekonomi, Pertanian, Pendidikan, Kebudayaan, dan Sains, sebagai badan yang mengawasi penelitian Teknologi Nano. Belanda juga mempunyai Nanocenter, sebagai pusat penelitian Teknologi Nano. Sebut saja, TNO (Organization for Applied Scientific Research), NanoNed, dan program tindak lanjut dari NanoNed adalah NanoNextNL (sejak tahun 2011-2016). Lembaga survey yang bernama ObservatoryNano Public Funding yang melakukan survey ke banyak negara yang dikhususkan melakukan penelitian Teknologi Nano menunjukkan bahwa Pemerintahan Belanda, dan perusahaan publik lainnya sudah menganggarkan dana sekitar 5 Milyar € (Euro). Dan wilayah yang khusus mengembangkan Teknologi Nano ini berada di Twente, Eindhoven, Delft, dan Groningen.

Berikut di bawah ini adalah sebuah grafik berdasarkan peringkat global dari negara-negara yang melakukan penelitian Teknologi Nano yang mendapatkan sumber pendanaan dari Pemerintahannya.

Memang, Belanda berada pada urutan 9. Namun itu tidak sebanding jika dibandingkan dengan negara-negara yang ada pada urutan 1-8, karena Belanda adalah negara kecil, jika diukur dari luas daratannya. Namun, adanya nama Belanda pada grafik tersebut menggambarkan bahwa Belanda memainkan peran penting dalam perkembangan penelitian Teknologi Nano.

– ditulis oleh Agung Prabowo

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s