#323 Little-splashing Orange

Panggil dia Orange. Cerah, menarik perhatian, dan terkesan penuh api semangat. So, let’s see.

Belanda dengan banyak bangunan indah dan menawan dan kita pun di buat tertawan dalam pesonanya. Prestasi olahraganya terutama sepak bola tidak bisa saya pungkiri membawa ‘aroma Orange’ yang baru.

Belanda pernah menjadi negara yang membawa memori tersendiri buat saya. Di masa kecil, ingatan yang tidak pernah pernah terlupakan adalah bunga tulipnya. Bukan karena saya pernah kesana (mungkin nanti), tapi karena saya pernah melihat gambarnya di salah satu buku agenda ayah saya. Indah dan unik. Dari bunga-bunga tropis yang bentuknya umum. Tapi bunga ini memiliki warna yang cerah dan mencolok.

Bukankah Belanda adalah negara yang seperti ini? Cerah dan mencolok.

Negara yang dibangun diatas laut. Biar kecil, tapi kokoh. Teringat dengan cerita Nabi Daud di Kitab Suci. Kecil tapi perkasa.

Mungkin Belanda adalah salah satu negara yang paling ‘tampil’ di Indonesia. Sejarah menceritakan cerita yang menyiratkan konflik tapi sarat akan pelajaran.

Belanda meninggalkan jejak yang tidak akan mudah jadi debu. Bangunan-bangunan indah yang dibangun di berbagai daerah di Indonesia membuat kita belajar kalau Belanda bukan sembarang arsitek. Mereka ‘dewanya’ kalau saya bisa mengutip kata-kata teman saya.

Gereja Blendug

Luar biasa.

It sounds like they’re walking on the top of the world, right?. Yes, that’s right. They’re on the the top. T.O.P.

TOP because they are creative and innovative.

Saya sadar orang-orang yang membawa nama Belanda ke kancah dunia bukan orang-orang biasa. Mereka adalah manusia-manusia ‘perkasa’ yang percaya akan kekuatan dari kerja keras.

Dari itu semua pada akhirnya akan ada yang mengangkat tangan dan bertanya, “Apakah kita bisa seperti Belanda?” Pertanyaan ini mungkin ditanyakan oleh anak yang matanya berbinar melihat pameran Belanda di Indonesia. Kalau saya kan mengutip kata-kata dari Barack Obama, “Yes,You  Can!”

Pertanyaan itu mungkin bukan akhir dari perjalanan Belanda-Indonesia. Hubungan yang terlanjur erat ini lebih baik kita bangun bersama-sama. Menciptakan generasi kreatif dan inovatif. Membangun sejarah baru dari niatan kreatif yang luar biasa dan rasa ingin maju terus.

Dear Netherland, would you mind to splash your magic formula for Indonesia please.

Dan suatu saat saya percaya saya akan kesana. Belanda akan jadi salah satu tujuan perjalanan impian saya. That little Orange must be more beautiful than now.

Nederland, even geduld aub voor mij.

– ditulis oleh Steffany Noya

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

