#326 Kereta Api Indonesia Vs Kereta Api Belanda

Siapa yang tidak kenal dengan kereta api, “raja” nya transportasi darat (raja karena setiap mau lewat pasti yang lainnya ngalah) yang banyak sekali peminatnya, bahkan satu-satunya transportasi bermesin yang ada lagunya itu cuma kereta api. Berbicara mengenai kereta api, negara belanda sudah memperkenalkan kereta api kepada Indonesia pada abad 18. Walaupun begitu transportasi ini berkembang dengan sangat lamban sekali. Disaat Belanda sudah menggunakan lokomotif elektrik yang bebas polusi baik suara atau udara, Indonesia masih menggunakan lokomotif diesel yang suara mesinnya cukup membuat telinga berdengung. Saya mempunyai impian supaya kereta api di Indonesia segera bertransformasi menjadi modern seperti di negara-negara maju seperti Belanda (amiin). Untuk itu saya akan mencoba mengulas kenapa sih kereta api di negara Belanda bisa segitu bagus-nya.

Di Belanda, perusahaan kereta api terbesar adalah NS (Nederlandse Spoorwegen), ya kalo di indonesia biasa kita kenal dengan Pt KAI (Kereta Api Indonesia) begitu. Yang menarik dari perusahaan ini adalah struktur organisasi yang tersusun rapi. Jadi, salah satu mantan CEO dari NS, Rob Den Besten, mengusulkan untuk memecah NS menjadi beberapa divisi yang independen, diantaranya NS Reizigers (urusan pelayanan penumpang kereta), ada divisi Nedtrain (urusan manitainance), ada divisi NS commercie (urusan pemasaran) dan masih banyak lagi. Tujuan dari pemecahan ini supaya masing- masing divisi mampu fokus terhadap lingkup pekerjaanya masing-masing. Dari sistem ini muncul beberapa ide-ide yang memodernisasi manajemen perkereta-apian disana. Dimulai dari sistem penjualan tiket yang sudah menggunakan mesin, pelayanan istimewa bagi penumpang ataupun perawatan mesin kereta yang baik. Untuk penjualan tiket sendiri, pihak NS mendorong seluruh penumpang kereta api untuk menggunakanticketing machine. HaI dilakukan dengan cara membuat harga tiket sebesar 0,5 euro lebih mahal untuk pembelian tiket dengan sistem tradisional. Selain menghemat waktu dan lebih murah biaya operasionalnya, penggunaan mesin tiket membuat penumpang lebih mandiri dengan menentukan tujuan sendiri. Selain itu, NS juga sudah memperkenalkan sistem pembelian tiket dengan menggunakan kartu atau OV-chipkaart yang telah dipasang sebuah chip dan dapat diisi ulang seperti halnya kita beli pulsa. Terkadang kita bisa mendapatkan diskon sebesar 40% jika menggunakan kartu ini.

Kalo di Indonesia barang yang sudah hilang di kereta api atau di stasiun sulit ditemukan lagi, maka berbeda dengan di Belanda, dimana mereka berusaha keras untuk mengembalikan barang yang tertinggal kepada pemiliknya. Barang yang tertinggal di kereta atau di stasiun lebih dari 5 hari, barang tersebut akan di transfer ke Central Lost Property Office di Utrecht. Penumpang yang ingin mengajukan klaim dapat mengisi tracer form request dan pihak berwenang akan memeriksa barang tersebut.

Dan bagi para penyandang cacat tidak perlu kuatir tersesat, pihak NS menyediakan beberapa fasilitas khusus bagi para penyandang cacat. Penyandang tunanetra-pun dapat menyusun rencana perjalanannya denganscehdule braile (itu lo semacam buku khusus untuk tunanetra). Pihak NS juga menyiapkan petugas untuk membantu orang yang menggunakan kursi roda untu masuk ataupun keluar kereta api.

Dan yang paling sulit untuk kita tiru oleh kita adalah ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan. Keterlambatan sangat jarang terjadi di Belanda dan hanya terjadi dengan probaility sekitar 10% dan keterlambatanya pun hanya dalam hitungan 5 – 10 menit.

– ditulis oleh Luthfi Ramadhani

70 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

70 responses to “#326 Kereta Api Indonesia Vs Kereta Api Belanda

  1. Satu lagi, saya tidak berterima kasih terhadap tulisan anda

  2. Lagi2 sok. Coba cek di Indonesia. Jangan sok belanda. Kalau masih ketemu KA telat, saya kasih duit

  3. Saya sudah bilang berkali-kali kepada orang agar periksa apa yang anda katakan benar. Jadi saya minta jangan sok tahu. Lok elektrik itu jelas lebih boros dari lok diesel. Karena, tolongh jangan lihat dari lok nya saja. Lihat juga LAA(listrik aliran atas). Mari tinjau. untuk membuat lok berpindah 2.700 km, lok diesel hanya perlu keluar 1.000 HSD(jenis cc 201). Elektrik? coba lihat di pembangkit listrik. biarpun lok tidak jalan, gardu LAA tetap operasi, jadi boros. Diesel hanya memakai bahan bakar sedikit untuk bolak balik JAK-SB 3x. Elektrik, Coba lihat di gardu pembangkit. hanya 1/3 energi yang dipakai. Sisanya dibuang ke udara. Kalau panas, Diesel tidak banyak buang panas. Elektrik, 2/3 panas yang dihasilkan, dibuang pula.
    Maka(maaf) jangan sok tahu

  4. Wiih, masih kecil hobi nulis. Good job! Terusin aja hobi kamu ini. setuju sama komentar Dandy. Tolong, minimalisir penggunaan kata yang diulang (ganda) dalam kalimatnya. ^_^

  5. max

    kalo ada gambarnya lebih bagus.belanda mudah utk diikuti bahkan disalip kemajuannya di bidang KA asalnya ada niat, dan bebas motif dr para pengambil kebijakan dan disiplin yg tinggi oleh seluruh rakyat indonesia. serta tdk usah kita menghujat keburukan tetapi lbh baik kita menyalakan lilin

  6. postingnya bagus,cuma lebih diperhatikan lagi spasi nya,masih terlalu rapat jadi sulit dibaca,buat semenarik mungkin design posting dan blognya,jadi yang baca juga enak. keep writing ^^

  7. Semoga Indonesia bisa lebih maju dari negara2 yg lain…

  8. Muhammad Lutfi Irianto

    wih… Good Job ^_^

  9. Gusti

    Masih belum ngerti tentang kereta api. Yang jelas Indonesia patut berterima kasih terhadap Belanda, karena negara kincir angin itu telah memberikan kita segudang ilmu pengetahuan serta berbagai fasilitas. Mulai dari rel kereta beserta keretanya, jembatan, bangunan-bangunan peninggalan. Selain itu Belanda pun telah memberikan ilmu pengetahuan tentang bagaimana bercocok tanam. Jadi, berterimakasih lah terhadap Belanda maupun Belanda pernah menjajah negeri kita

  10. w!n

    Ketapatan waktu itu mungkin menjadi tantangan bagi pereretaapian Indonesia.

  11. klo boleh cerita, alm.eyang kakung saya (boso jowone: mbahkung, red) dulu profesinya masinis loh. . dr yg masih pake kereta api jadul sampe yg dikit lebih modern sperti skrg. . Bisa dbilang bahwa “sepoor” pada waktu itu emg merupakan alat transportasi yg paling keren.. Liat aja, pesawat masih sepi, atau bahkan blum ada kali’ ya…… yg rame malah becak, bajai, pit ‘onthel’, pualing mentok ya Kapal laut klo jarak jauh, ‘n kereta api pastinya hehehee………………,Kita patut bangga thd industri perkretaapian Indonesia, meski knyataannya kini masih blum semaju negara lain, minimalnya kita bangga bahwa dunia perKeretaApian kita pny sejuta kisah n sejarah uniknya sendiri. . . #ProudToBeINDONESIA! tuuut tuut jujes jujuess 🙂

    • luthfi

      setuju
      makanya kalo ga di tingkatkan kualitasnya kan sayang.
      Dan prospek kedepanya pun transportasi kereta api sangat bagus karena jumlah penduduk indonesia sangat banyak. kalo mereka hanya tergantung pada kendaraan pribadi terus, bisa bisa indonesia akan lumpuh beberapa tahun ke depan.
      #proudtobeIndonesiatoo

  12. 1. Tulisannya cukup menarik, hanya saja perlu diperbaiki dalam penyusunan katanya karena ada beberapa kalimat yang kurang efektif sehingga agak mengganggu saat membaca.

    2. Terkait topik tulisan di atas, sebenarnya saya tidak terlalu banyak tahu mengenai hal perkereta-apian. Namun, hanya bisa berpesan bahwa meskipun Indonesia masih tergolong negara berkembang, sebenarnya Indonesia mampu mengejar ketertinggalan tersebut. Perlu peningkatan sumber daya, teknologi, manajemen, dan sarana prasarana serta hal-hal lainnya yang bisa membantu dan meningkatkan performa kerja dari industri perkereta-apaian Indonesia. At least, sedikit di bawah level negara yang cukup sukses dalam mengembangkan teknologi dan transportasi, seperti Belanda tersebut. So, tak hanya pemerintah yang berperan penting, tapi kita semua sebagai generasi muda! Kita PASTI BISA! (Y)
    Terima kasih.

    • luthfi

      thanks rizal..
      1.kalo masalah kalimat kurang efektif memang saya masih dalam tahap belajar makannya butuh kritik dari kamu dan pembaca lainnya. Selain itu deadlinenya juga mepet jadi ga bisa aku koreksi lagi
      2. Setuju, dari artikel itu kita bisa mengambil hal positifnya, seperti tepat waktu adalah hal yang utama dalam melayani penumpang dan itupun kita bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
      so far terima kasih..

  13. Tulisannya cukup menarik, hanya saja perlu diperbaiki dalam penyusunan katanya karena ada beberapa kalimat yang kurang efektif sehingga agak mengganggu saat membaca.

    Terkait topik tulisan di atas, sebenarnya saya tidak terlalu banyak tahu mengenai hal perkereta-apian. Namun, hanya bisa berpesan bahwa meskipun Indonesia masih tergolong negara berkembang, sebenarnya Indonesia mampu mengejar ketertinggalan tersebut. Perlu peningkatan sumber daya, teknologi, manajemen, dan sarana prasarana serta hal-hal lainnya yang bisa membantu dan meningkatkan performa kerja dari industri perkereta-apaian Indonesia. At least, sedikit di bawah level negara yang cukup sukses dalam mengembangkan teknologi dan transportasi, seperti Belanda tersebut. Terima kasih.

  14. desta

    Indonesia harus lebih banyak belajar lagi dari negara2 maju.. 🙂

  15. ridho

    kalo ga salah pernah denger-denger dari masinis kalo kereta-kereta indonesia lebih banyak bekas dari jepang (kalo ga salah negaranya). kenapa beli bekas? karna yang bekas lebih bagus dan juga lebih murah daripada yang baru buatan indonesia… sayang banget ya, seandainya kereta buatan indonesia bisa lebih bagus dan lebih murah dari produk bekas itu atau bahkan lebih bagus dari produk jepang yang baru rasanya bangga banget pastinya… semoga INKA dan KAI lebih baik n maju lagi,,

    • luthfi

      menurut saya itu adalah masalah trust atau kepercayaan. Pemerintah tidak percaya terhadap produk buatan negeri sendiri. Hal itu terjadi pada pesawat terbang dimana pemerintah lebih mempercayakan kepada negara lain untuk membuat pesawat kepresidenan. Namun ada fakta menarik, kalo pesawat buatan Dirgantara Indonesia malah dipesan oleh Negara tetangga kita,malaysia, yang notabene perekonomianya lebih maju dari indonesia.
      thanks for the comment

  16. indonesi=negara berkembang
    belanda=negara maju
    indonesia=budaya memperlambat kepentingan bersama,mempercepat kepentingan pribadi….
    hal yg wajar jika banyak perbedaan…
    tapi tetap berharap akan sebuah kemajuan n perubahan…

  17. nafikA

    Harus berusaha untuk lebih baik lagi, baik itu kereta dr Belanda, Jepang dll, semoga bisa jadi inspirasi buat kemajuan KA Indonesia. Masalah ketepatan waktu jangan sampe menjadi budaya, coba ubah kebiasaan yg dirasa sulit untuk kita tiru.

  18. Maju kereta Indonesia, saatnya transportasi massal

  19. saatnya kereta gantiin mobil2 pribadi, go kereta go

  20. aryo

    menurut saya.lebih baik indonesia mengembang kn kereta api sendiri.
    PT kereta api di indonesia sudah maju.
    sebenarnya indonesia bisa membuat kereta api seperti belanda. cuma kita tidak mmpunyai biaya yg cukup untuk pengembangannya

  21. Wulan Septiningtyas

    saya termasuk penggemar kereta api. baru kemarin saya naik kereta api jogja -jakarta pp. saya rasa PT. KAI sekarang ini sudah lebih maju dibandingkan dulu, jadwal pemberangkatan kereta sudah cukup on time. kalaupun terlambat tidak terlalu lama dan ada alasan yang jelas #nggak kayak pesawat yang delaynya bisa beram-jam dan alasan nggak jelas.
    beberapa waktu lalu saya juga pernah merasakan naik Madiun Jaya, dan jujur saja kereta tersebut cukup nyaman untuk perjalanan jarak dekat. suatu kemajuan yang berarti bagi perkeretaapian Indonesia. begitu juga KRL yang di jakarta, keretanya juga cukup nyaman, seperti MRT di singapura. namun, masalah kita adalah banyaknya penumpang yang melebihi kapasitas kereta.
    saya setuju sekali dengan ide-ide seperti yang diterapkan di Belanda. semoga sistem perkeretapian di Indonesia akan semakin baik dan baik.
    #kereta api adalah solusi untuk kemacetan, terutama di Jakarta 🙂

    • luthfi

      setuju, seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan terbatasnya akses jalan di inonesia membuat transportasi darat sudah tidak nyaman lagi (kecuali kereta). Jadi, seharusnya pemerintah lebih meningkatkan kenyamanan, ketepatan waktu, harga, kebersihan dan aspek lainnya supaya para penumpang lebih tertarik naik kereta.
      thanks for the comment.

  22. mudah-mudahan perkeretaan api di Indonesia lebih maju yah,Amiiin..
    salam Anker (anaKereta)

  23. red

    wah informatif skali,, tp lebih bagus kalo ada gambarnya kali ya… hehe

  24. alangkah lebih baik benahi dulu sistem birokrasi perkeretaapiannya….. misal ga lagi ada antrean tiket yg panjaang trutama ketika masa liburan, ga ada lagi calo2 tiket berkeliaran yg bikin harga tiket naik2 gak jelas, razia petugas2 ‘nakal’, kualitas SDM nya lebih dtingkatkan, dsb. dsamping juga memperbaiki tata kelola perkeretaapiannya….. yg saya tau emg moda transportasi kereta api adl yg paling aman, murah, mudah, n recommended dah buat jd pilihan jalan2 luar kota. #IndonesiaBISA!!! 🙂

    • luthfi

      Siya setuju banget
      untuk masalah antrian tiket di saat liburan, Sebetulnya pt kai sudah membuat strategi dengan menjual tiket jauh jauh hari, tp penciuman para calo lebih tajam dari penumpang. Jadi calo calo itu membeli tiket itu terus dijual ke orang lain dengan harga yang mahal.
      Jadi intinya tidak hanya pemerintah saja yg berperan tp juga kesadaran dari rakyat indonesia masih perlu di tingkatan.
      thank for comment

      • Wulan Septiningtyas

        kalo masalah calo, kayaknya sistem kereta api dibuat kayak pesawat terbang aja sekalian. harus check in sebelumnya, mencocokan nama di tiket dengan kartu identitas.

  25. Ayu elvandari

    semuanya harus dibenahi, peraturan harus lebih tegas dan benar-benar dijalankan, infrastruktur juga harus dibenahi.pasti pt KAI bisa

  26. riful ulum muhammad

    kalau saja PT.KAI mau bener bener berbenah…maka yg paling diutamakan adalah menejem ennya; pelayanan, pemasa- penjualan tiketnya, sampai kepada kenyamanan penumpang…kalau diperhatikan betul maka kereta api menjadi satu2nya armada darat yang bisa sangat menguranngi kemacetan

  27. santi

    Q lbh ska naek KA cz sopirnya gak ugal2-an hehehe….

  28. Rikii

    satu lagi jeleknya KA di Indonesia, banyak penumpang yg rela naik di atas gerbong. Padahal hal tersebut sangat membahayakn bagi mereka. Gimana coba solusinya??
    😀
    Thanks

    • luthfi

      kalo g salah penumpang yg naik k atas gerbong itu di jakarta aja. Di jakarta sendiri memang jumlah kapasitas angkut dengan jumlah penumpangnya tidak sebanding. Jadi perlu ditambah rangkaian keretanya.
      Pt kai juga suda menyikapi masalah itu dengan membuat penghalang diatas kereta tapi nyatanya masi banyak penumpang nekat naik gerbong kereta.
      kalo bung riki ada solousi lain?

  29. Kiky

    sudahlah, katanya lebih enakan naik KA Madiun Jaya. 😛

  30. Jika kereta api domestik bisa lebih dikembangkan dan di perbaiki pasti masalah kemacetan bisa teratasi.. Butuh orang orang yang berdedikasi buat kemajuan Indonesia ke depan..

    Believing in Indonesia..

  31. Kiky

    karna aku baru sekali naik kereta (itupun waktu masih kecil 😀 )
    maka dari itu, jangan mau kalah dengan negara tetangga. Maju terus PT. KAI 🙂

  32. Faidzin

    lebih sip lagi kalo dikasi jenis jenis kereta api modern di belanda…
    so far so good…

  33. ardhy

    Lucu nya negeri ini…

  34. heri

    wow menarik banget…
    smg buat pembaca jd termotifasi untuk membawa n menuntut suatu perubahan bwt bangsa qt tercinta ini, tpi jgn hanya nuntut doank…harus usaha jg.hehehe
    bwt penulis ttp smngat y, kluar kan lg aspirasi n tulisan2 yg menggebrak. hahaha

  35. ari

    Masalah penumpang juga harus dibahas…. karena sering terjadi penumpang yg diluar batas….
    penumpang yang melebihi batas.
    itu salah siapa?
    penumpang atau penjual tiketnya

    • luthfi

      kalo jumlah penumpang yang melbihi batas kita bisa melihat ini sebagai hal yg positif,,loh knp?kerena dengan jmlah penumpang yang banyak berarti kereta api itu banyak peminatnya to. Dan pemerintah seharusnya segera menyikapi hal ini dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas kereta api di indonesia,
      kalo mengenai salah siapa, itu jawaban yang sangat sulit, bisa penumpangnya atau manejemenya.Yang jelas perlu peran keduanya untuk membangun suatu transportasi modern.

    • luthfi

      oya terima kasi

  36. umb, bagus juga idenya, tetapi coba digambarkan penjual di kereta apinya bagaimana, terus orang- orangnya kan sudah beda, coba aja di usulin ke KAI dan kita tunggu responya….. capcus

    • luthfi

      nah, kalo masalah pedagang asongan memang bukan hal yg mudah untuk mengatasinya. Setiap kali saya naik kereta, jumlah pedagang asongan sangat banyak sekali, jadi perlu strategi khusus untuk mengatasinya.
      Satu solusi dari saya, pihak pt kai bisa menyediakan satu gerbong khusus atau tempat di stasiun untu para pedagang asongan tersebut
      makasi komenya

  37. Irfan Ardhianta

    oke sip kembangkan ide yang lebih mas dap.
    kalau bisa kereta bawah tanah di Indonesia diadakan.

  38. Rahma Elsa

    Ayo kereta Indonesia harus bisa seperti kereta di Belanda…

  39. kata “sepoor” dari bahasa belanda udah jadi bahasa jawa sepor yang artinya kereta api.. 😀 mau gmn lagi kalo dibandingin seolah-olah Belanda masih “menjajah” negeri ini… tp tetap semangat lah buat Indonesia jangan mau kalah sama Belanda… ^_^ hihi…

  40. Nisa_indra

    mungkin untuk sama dengan sistem KA di Belanda agak sulit, namun untuk berusaha memperbaiki sistem KA di Indonesia menjadi lebih baik lagi tidak salah untuk dicoba,.Dilihat sekarang saja penumpang KA tidak teratur dalam menggunakan transportasi ini,.jadi mending diperbanyak lagi aja jumlah kereta api,..
    tapi keren idenya untuk membuat esay seperti ini,…

  41. Sarjono Gadjah Mada

    Q menganggap gagasan km dah baik n cukup untuk di kembangka di Indonesia,,,, Ayo realisasikan yg lebih baik lagi,,,

  42. wah keren ayo KAI jgn kalah sama luar

  43. indri

    Ayooo,,jangan mau kalah dengan negara luar,,,Majulah kereta Indonesia,,,,

  44. indri

    wuihh transportasi bebas macet ni,,,hmmm ..yaapp semoga Perkereta-apian Indonesia bisa segera lebih maju lagi,,,dari segi teknologi dan pelayanannya.

  45. hendzton pamungkas solo

    senang rasax ada yg mengulas perkereta apian indonesia, krn saya sendiri adalah penggemar moda tranportasi ini. saya yakin indonesia bs seperti negara2 maju lainnya walaupun perlu waktu puluhan tahun… lihat saja sejak 2005 PT KAI gencar menggalakan kereta rel diesel modern seperti monorail solo dan krd madiun jaya yg bagus dan cepat, semoga ilmuwan2 muda putra indonesia bisa mewujudkannya….

  46. Ardi

    indonesia pasti bisa memiliki teknologi canggih seperti negara lain. butuh kerja yang lebih keras lagi…:-)

  47. Jayang A

    perlu biaya dan energi yang besar untuk membangunnya.
    maju terus KA Indonesia.

  48. fajree

    keren luthfi. belanda emang keren yaa . 🙂
    nice writing teman. salam kenal, saya fajri dari padang.
    kunjungi tulisan saya juga yaa. kasih respon juga ya kalo boleh 🙂
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/#comment-1825
    dan
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/
    makasih luthfi 🙂

  49. narezt

    bagus..
    semoga kreta api diindonesia semakin maju dan lebih baik lagi…

  50. azir

    Tidak dapat dipungkiri bahwa sistem perkerta-apian di Belanda memang bagus. Namun saya yakin diIndonesia kelak akan memiliki sistem yang sama seperti negara-negara luar yang kini telah maju. Maka dari itu perlu dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia dalam pencapaian tersebut.

    FORZA INDONESIA !!!!

  51. nurul

    menurut saya kereta jepang lebih modern dr belanda tp boleh lah sbg prbandingn

  52. agung

    setuju kereta di indonesia perlu bertransformasi secara angkutan masal paling banyak peminatnya

  53. doni

    ayo maju terus kereta indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s