#327 Lampu Melayang : Terobosan Terbaru Menghadapi Tantangan

Lampu penerangan menjadi hal yang mutlak bagi pengguna jalan terutama ketika hari menjelang senja. Namun bagaimana jika lampu tersebut hanya akan membatasi ruang gerak yang akan berujung pada kondisi kota yang semakin semrawut?

Belanda, sepertinya tidak pernah kehabisan ide dalam membuat berbagai terobosan inovatif guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan penerangan. Salah satu buktinya, dapat dilihat dalam terobosan terbaru Philips, perusahaan asal Negeri Kincir  Angin yang berhasil menciptakanFreeStreet lighting system atau bisa diasumsikan sebagai lampu tanpa tiang yang melayang di langit. Lampu ini hanya mengandalkan kabel dan dipasang bergelantungan di langit. Lampu tersebut pertama kali diperkenalkan pada masyarakat lewat eksibisi di Dutch Design Week 2011,dan saat ini lampu tersebut sudah dipasang di Catharinaplein (lapangan Catharina), Eindhoven.

Awal munculnya ide ini dimulai dari kondisi kota yang kian ramai dimana ruang gerak semakin terbatas. Penambahan lampu tiang hanya akan menimbulkan kesemrawutan, tidak enak dipandang mata dan juga membatasi ruang gerak. Hal ini menjadi tantangan bagi Philips untuk menciptakan inovasi terbaru guna memberikan penerangan yang memadahi tanpa membatasi ruang gerak yang ada. FreeStreet merupakan ide kreatif yang mampu menjawab tantangan tersebut. Sekalipun tidak menggunakan tiang, semua komponen-komponen utama tersimpan dalam kabel yang menghubungkan LEDs. Cahaya dari lampu LED tersebut tidak menimbulkan light pollution karena intensitas cahaya yang sesuai dengan kondisi cahaya malam dan juga terfokus, sehingga para pejalan kaki masih dapat menikmati indahnya bintang di malam hari. Tidak seperti lampu jalanan pada umumnya yang memiliki cahaya terang benderang sehingga sulit bagi pejalan kaki untuk menikmati panorama langit malam yang indah. Selain itu, penggunaan lampu LED ini juga ramah lingkungan karena daya listriknya yang jauh lebih rendah daripada lampu biasa.

 FreeStreet di Catharinaplein yang dipasang akhir maret 2012

Dengan adanya FreeStreet ini, para pejalan kaki dan pengguna sepeda dapat bergerak secara leluasa dan tentunya menikmati panorama malam yang lebih indah daripada sebelumnya. Sebenarnya jika diteliti lebih lanjut, orang Belanda selalu menjadikan setiap masalah sebagai sumber inspirasi. Proses penemuan inovasi tersebut muncul dari sebuah masalah.

Masalah tata ruang yang semakin sesak, menimbulkan pertanyaan bagaimana solusi untuk menciptakan penerangan tanpa memakan ruang dalam jumlah besar. Dari pertanyaan, orang Belanda diajak untuk berpikir kreatif dan ber-eksplorasi dalam rangka mencari solusi terbaik. Ide kreatif pun terlahir melalui inovasi-inovasi yang luar biasa. Sehingga dapat disimpulkan, masalah bukan lagi menjadi sebuah hambatan melainkan sebagai batu loncatan bagi manusia untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif. Terus bertanya akan membawa manusia dalam menemukan inovasi- inovasi terbaru yang tentunya semakin memudahkan manusia. Salut buat orang Belanda yang tidak ada hentinya menciptakan inovasi dalam menjawab berbagai tantangan hidup.

– ditulis oleh Vania Utami Gunawan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s