#329 Wisata Warna-warni

Hallo, hoe gaat het met je? Ik heet Agnes 🙂

Traveling tidak hanya sebuah impian, tapi sudah menjadi kebutuhan sekunder dalam hidup. Benar, kan? Siapa di sini yang akan bilang “saya nggak suka traveling”?? Saya rasanya sedikit kemungkinannya ada orang yang tidak suka traveling. Negeri kincir angin yang terbilang jauh dari tanah air kita pun sudah menjadi salah satu tempat favorit wisatawan Indonesia. Maklum saja, sudah banyak pesawat ke sana dan menawarkan harga yang bermacam-macam. Nah, disaat sudah banyak orang yang mengunjungi suatu obyek wisata, diperlukan adanya inovasi baru yang kreatif. Contohnya membuat obyek wisata baru atau mengadakan event tertentu yang berbeda setiap waktu. Sehingga, mereka yang sudah pernah datang ingin datang kembali dan bisa menceritakan serunya kunjungan mereka kepada orang lain. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang tidak bisa dibeli loh.

Mungkin, kecintaan terhadap traveling lah yang membuat saya memutuskan mengirim tulisan ini. Awalnya saya mencari tau itinerary baru apa yang ditawarkan travel agent di Jakarta bila saya ingin ke Belanda, mumpung sedang banyak yang pameran hehehe. Rata-rata mereka menawarkan program Floriade 2012. Beberapa travel mengatakan program ini menarik banyak peminat. Tadinya saya pikir mirip dengan keukenhof yang merupakan pameran bunga tulip, ternyata Floriade adalah pameran bunga dari seluruh dunia. Apa yang membuat pameran ini istimewa? Tidak usah pusing-pusing memikirkannya, waktu penyelengaraan yang diadakan 10 tahun sekali saja sudah menjadi keistimewaan sendiri. Bayangkan, kreativitas sehebat apa yang bisa dikembangkan dalam 10 tahun itu!

Floriade pertama kali diadakan tahun 1960 di Rotterdam. Jadi, kali ini adalah pameran ke-6 yang diadakan dan diikuti secara resmi oleh 40 negara. Mengambil lokasi di Venlo ( yang pada tahun 2003 dinobatkan sebagai “Greenest city of Europe”), pameran ini mengambil tema “Be part of the theatre in nature; get closer to the quality of life”. Diselenggarakan mulai 5 April – 7 Oktober 2012, di atas lahan seluas 66 hektar; Floriade menampilkan 5 point area:

  • Environment, di area ini pengunjung akan merasakan bagaimana tanaman, pohon, bunga, sayuran, dan buah mempengaruhi kehidupan sehari-hari.
  • Green Engine, area ini menitikberatkan perpaduan antara alam dan teknologi.
  • Relax & Heal, area bernuansa oriental. Rekreasi di alam terbuka selalu memberikan ketenangan pikiran. Begitu juga dengan tanaman herbal yang dipercaya baik bagi kesehatan.
  • Education & Innovation, bertujuan menginspirasi pengunjung untuk terus belajar dan berinovasi. Ayo kita hasilkan benda-benda ramah lingkungan 🙂
  • World Show Stage. Tempat yang pastinya sangat pas untuk saya. Mau mencoba makanan mancanegara? Ini tempatnya! Terdapat paviliun dari berbagai negara yang dibangun secara kreatif dan mempesona. Kalau lelah berkeliling dan memutuskan untuk istirahat? Mampirlah ke amphitheatre yang menyuguhkan berbagai kesenian seperti musik, akrobat, teater, tari, bahkan fashion show.

Bagaimana? Rekreasi yang pas untuk anak dan keluarga bukan? Oh iya, 1 hal lagi yang harus di-highlight di pameran ini.. cable car! Cable car terbesar di Belanda yang dapat menampung 4000 penumpang dalam waktu 1 jam

Ternyata setelah pameran ini selesai, sebagian lahan akan dibangun kembali dan dijadikan kawasan bisnis dengan konsep ‘go green’. Tertarik melihat? Tunggu apa lagi! Jangan tunggu 10 tahun lagi. 🙂

– ditulis oleh Agnes M. F.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s