#336 Belanda, Bagian Otak Dunia yang Berpikir Kreatif

Seperti halnya teka-teki orang Belanda mempunyai pikiran bagaimana sesuatu yang belum ada menjadi ada dan sesuatu bahkan sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin. Sebagai contohnya dari segi geografis Belanda terletak dibawah permukaan air laut, kalau dipikir secara logika, jika air pasang maka daratan tersebut akan tersapu oleh lautan. Akan tetapi dengan inovasi mereka, mereka menciptakan tangul-tangul untuk mengelilingi daratan mereka agar terhindar dari pasang surutnya air laut. Dan agar tanggul tersebut dapat bertahan lebih lama, mereka menanam semak belukar untuk menghindari dari apa yang namanya abrasi, karena pada dasarnya belanda memang negara sempit yaitu 0,008% dari permukaan bumi. Meskipun begitu daratan tersebut terdapat genangan-genangan kecil, sampai akhirnya munculah penggunaan kincir angin yang befungsi mengepam air, juga sebagai mejana elektrik dan biasanya dikenal sebagai turbin angin. Peristiwa penggunaan kincir angin yang saya tahu pertama dari Alexandria pada abad pertama AD yang bernama kincir angin jurutera Yunani Heron. Karena banyaknya jumlah kincir angin yang terdapat dinegara tersebut Belanda pun mendapat julukan negara kincir angin dan terkenal pula dengan bungga tulipnya.

Tidak hanya itu dalam bidang edukasi Belanda dapat dikatakan sebagai negara maju, dengan memberi Beasiswa keberbagai negara termasuk Indonesia. Sehingga di belanda terdapat orang dari berbagai macam penjuru dunia lebih memilih untuk melanjutkan studi disana. Dan hal itu dimanfaatkan negara tersebut untuk ide-ide baru, dengan adanya hal tersebut maka tumbuhlah asimilasi dan hal ini menjadi pilar utama kemajuan negara tersebut. Terkenal pula sebagai negara yang mejemuk, bedanya kalau diIndonesia majemuk yang berarti beda suku dan adat istiadat. Cara belajar orang Belanda pun tergolong aktif hal ini bisa dilihat dari cara pembelajaranya yang lebih banyak berdiskusi atau kalau diIndonesia dikenal dengan metode CBSA (Cara belajar Siswa Aktif). Di Belanda mereka berdiskusi memecahkan suatu masalah dengan cara baru. Siapa yang bisa berinovasi dan berkarya dinegara tersebut akan menjadi terhormat dan terpandang, akan tetapi yang tidak dapat berinovasi atau berkarya untuk menemukan hal baru, mereka hanya dapat melihat dan menikmati karya tersebut.

Suatu Atmosfir persaingan yang luar biasa kalau menurut saya karena orang-orang disana pasti berfikir bagaimana saya terus maju dan tak tertinggal dengan yang lain, maka dari itu mereka terus belajar dan belajar agar potensi yang ada pada diri mereka terealisasi dengan maksimal, sehingga muncullah motto “ it’s about you have, it’s about what you can give for the world ” . hal ini terbukti dari banyaknya Nobel yang terdapat dinegara ini untuk Dunia. Dan beberapa inovasi yang mereka temukan adalah mobil tebang yang merupakan solusi yang muncul akibat kemacetan. Selajutnya urine yang dapat dijadikan bahan bakar karena jika dipanaskan mengandung gas Amonia. Seperti halnya percobaan saya pada percampuran air dan minyak goreng yang ternyata dapat menghasilhan api juga. Hal ini juga bermanfaat untuk menaggulangi krisis minyak yang melanda dunia. Tak kalah menakjubkan adalah temuan Mark Vanloss Drecht dalam bidang mikrobioteknologi dan bioteknologi dengan sebutan lee kuan yew water dengan temuanya yang dapat menghilangkan hidrogen dari air limbah, proses ini dinamakan annamox dan meraih nobel pada tahun 2008. Itulah beberapa orang-orang Belanda yang saya rasa hebat, mereka tak hanya berfikir untuk dirinya akan tetapi berfikir juga tentang lingkungan, sosial dan masa depan dunia. Mereka menciptakan hal yang tak terbayangkan sebelumnya, seperti halnya mengubah lautan menjadi daratan, dimulai dari tanah yang mereka injak saja mereka sudah berpikir belum lagi perekonomian, teknologi serta SDM yang maju. Berarti negara ini berisi dengan orang-orang kreatif, hal itulah yang membuat negara tersebut begitu pesat kemajuanya.

– ditulis oleh Rion Zaki Fauzi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s