#337 Eudaimonia

Banyak orang yang ingin pergi ke Belanda, entah itu untuk bermukim, kuliah, liburan atau ikut summer course seperti yang diadakan oleh nuffic nesso. Mereka tertarik dengan informasi yang diberikan seperti kualitas pendidikan di sana, misalnya fakta bahwa Belanda memiliki universitas yang masuk dalam top 100 University. Mereka juga pasti kagum dengan inovasi yang dikembangkan seperti mobil terbang. Bahkan belum lagi kita baca bahwa belanda masuk dalam daftar nomor 4 negara terbahagia di dunia. Siapa yang tidak tergiur dengan informasi itu?

Dalam kolom di majalah New York Times yang kubaca, ada salah seorang warga Negara Amerika yang tinggal di belanda, ia mendapatkan beberapa tunjangan yang beranekaragam dari pemerintah belanda. Ada bermacam-macam tunjangan yang diberikan antara lain tunjangan hari libur dan tunjangan anak, tunjangan bagi unemployment. Bagi warga yang sudah berkeluarga, mereka akan diberikan tunjangan untuk mencukupi kebutuhan anak. Alasannya bahwa untuk membeli kebutuhan anak sudah cukup besar biayanya, maka pemerintah berusaha untuk membantu meringankan biayanya. Dengan begitu warganya tidak perlu terlalu stress memikirkan beban hidup yang besar, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih produktif dan optimis. Begitu juga bagi pengangguran yang ada di Belanda juga diberi tunjangan oleh pemerintah dengan alasan agar mereka tidak terlalu stress atau depresi sehingga menjadi warga yang tidak produktif. Pemerintah juga membantu para pengangguran tersebut agar dapat mencari pekerjaan atau setidaknya berperan secara aktif di masyarakat. Bagi warga asing yang hidup di sana, pemerintah juga membantu kaum minoritas ini dengan cara membantu mereka untuk dapat diterima dan berperan aktif dalam kehidupan bersama warga asli.

Prinsip hidup yang ditetapkan pemerintah belanda dapat juga kita sebut sebagai lingkaran setan, hanya saja lingkaran setan ini memiliki efek positif bagi warga. Jika kita merasa bahagia dan nyaman dengan kehidupan kita, kita akan mampu berpikir secara optimis dan pada akhirnya hal itu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja kita. Peningkatan produktivitas kerja tentu akan meningkatkan kesejahteraan dan pada akhirnya hal ini akan berimbas secara luas, termasuk dalam kehidupan bernegara.

Semua realitas itu selaras dengan sub tema yang diberikan yakni “Holland is a creative nation. Dutch people enjoy innovating and constantly ask themselves and others questions to come up with new ideas.” Orang Belanda merasa puas dengan kehidupan mereka sehingga tergerak untuk senantiasa mengembangkan dirinya.

Filsuf Yunani Kuno, Aristoteles pernah menyebut kata eudaimonia yang berarti kebahagiaan. Berbeda dengan hedonic (yang memiliki arti sama dengan kebahagiaan namun merujuk pada kebahagiaan yang menimbulkan rasa senang), eudaimonia atau kebahagiaan ini hadir apabila seseorang merasakan bahwa potensi hidupnya telah berjalan secara optimal. Hal itulah yang dirasakan oleh warga Belanda itu sendiri. Mereka merasakan eudaimonia yang disebutkan oleh Aristoteles. Dan pada akhirnya eudaimonia itulah yang menggerakkan individu untuk memberikan yang terbaik bagi sesamanya, karena kebaikan yang diberikan pada sesamanya itu pada akhirnya akan berimbas bagi dirinya sendiri.

Hhmmmm… akhirnya cuma bisa bermimpi suatu saat Indonesia bisa menerapkan kesadaran yang seperti itu.

– ditulis oleh Shanti Yanuarini

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s