#341 Hindari Macet, Belanda Luncurkan Mobil Terbang

Mobil bisa terbang?? Really?? Nggak percaya?? Masih bikin penasaran??
Yuk kita simak blog yang satu ini :
Personal Air and Land Vehicle (PAL-V) ini merupakan mobil terbang canggih buatan Negeri vanOranje (Belanda) yang telah sukses dipatenkan. Kendaraan ini bisa terbang di udara seperti gyrocopter dengan digerakkannya auto rotor yang berputar dan maju dengan kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan baling-baling yang dapat dilipat di bagian belakangnya. Selain itu mobil ini juga bisa melaju cepat di jalan seperti layaknya mobil sport lho. Dan asal tahu saja, PAL-V ini digarap oleh insinyur-insinyur dari institusi terkenal di Belanda seperti Laboratorium Penerbangan Nasional Belanda dan Universitas Teknologi Delft yang turut berperan didalam pengembangan mobil terbang ini. PAL-V diperbolehkan beroperasi di jalanan lalu lintas dan di udara dengan rangepenerbangan antara 350 km (220 mil) dan 500 km (315 mil). Sedangkan untuk di jalanan sekitar 1200 km (750 mil). Kendaraan ini dapat dijalankan dengan bahan bakar seperti mobil biasa dan ada juga  versi lain yang menggunakan biodiesel atau bio-ethanol yang dapat melaju lebih dari 180 km/jam (110 mil/jam) di darat dan di udara.
 
Mobil terbang ini dilengkapi dengan “tilting system”  yang sangat membantu ketika mobil ini berada di area yang sangat sempit sekali dimana aerodinamik dan 3 rodanya ini dikombinasi sehingga dengan tangkasnya mobil ini membelok. Dan yang menjadi “jantung”nya PAL-V ini adalah sistem Dynamics Vehicle Control (DVC TM) yang secara otomatis menyetel sudut kemiringan pada kecepatan dan percepatan kendaraan ini, kemungkinan seperti pesawat ketika posisi “tilting and cornering”.
Pemerintah Belanda telah mempersiapkan lalulintas tambahan untuk PAL-V. Pemerintahan di Eropa mendanai program pengembangan dalam menentukan infrastruktur jalan raya lintas digital dengan menggunakan teknologi GPS.
PAL-V ini mempunyai kemampuan mendarat dan landas sangat pendek sehingga memungkinkan kita bisa mendarat dimana saja. Ketika tidak menggunakan kendali udara, kita bisa landas tanpa rencana penerbangan. Pengubahan dari pesawat ke mobil hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. Sekali mesin berhenti, baling-baling terlipat secara otomatis kedalam posisi driving. Kemudian tekan tombol lebih rendah sehingga tiang baling-baling masuk ke posisi horizontal begitu juga sama halnya dengan bagian belakangnya. Bilah bagian luar dan dalam dilipat dengan mekanisme engsel. Dan langakah terakhir proses ini adalah mendorong bagian belakang (ekor) kedalam posisi kemudi dan amankan bilah baling-baling. Proses ini dilakukan oleh kemudi atau pilot yang telah menjalani pelatihan khusus.
Selain itu PAL-V memiliki suara yang lebih tenang daripada helikopter. PAL-V mendarat dan landas dengan kecepatan yang rendah, mudah untuk dikontrol, bisa mendarat secara aman bahkan jika mesin gagal karena rotor  tetap berputar otomatis. PAL-V ini terdapat dua kursi mobil hybrid dan gyroplane. Inilah yang membuat PAL-V menjadi lebih menarik dimana ini membuat lebih nyaman dan terdapat integrasi langsung antara pintu yang satu dengan yang lain.
PAL-V ini dibuat untuk menghindari macet lho. Bahkan dengan transportasi PAL-V ini, pergi kemanapun dan kapanpun  (mau menyeberangi pulau dan pegunungan, memancing diatas air, menyeberangi jembatan) yang kita inginkan menjadi lebih mudah. Kita bisa menikmati perjalanan, terbang ke langit seperti burung, dan menikmati indahnya pemandangan dari atas langit.
            Nah, sekarang nggak ada lagi kata macet…..^_^v
– ditulis oleh Delvi Eka P.
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s