#342 Nyamannya Pakai “Klompen” dari Negeri Kincir

Siapa yang nggak pernah denger nama ”klompen”. Di Indonesia khususnya di daerah pulau Jawa pasti sudah nggak asing lagi pastinya. Dan pasti orang-orang mengira kata “klompen” ini berasal dari bahasa Jawa. Tapi siapa sangka ternyata “klompen” ini berasal dari Bahasa Belanda yang artinya sepatu kayu. Namun di Indonesia ada juga yang menyebutnya dengan bakiak. Tapi sebenarnya kalo di Negara asalnya (Negara Belanda), sepatu ini disebut dengan Wooden Clogs. Untuk tahu lebih lengkapnya, Yuk kita simak dulu apa dan bagaimana “klompen” ini dibuat.

1. Sejarah “klompen” atau Wooden Clogs
Sepatu kayu ini sudah popular di Negara Belanda sekitar 700 tahun yang lalu. Pemakai sepatu kayu ini menganggap sepatu kayu ini terasa hangat dipakai ketika musim dingin, sejuk ketika di musim panas dan sangat didukung karena bentuknya yang bagus. Selain itu kayu yang sebagai bahan dasarnya ini juga menyerap keringat sehingga kaki kita bisa “bernafas”. Sepatu kayu ini menjadi icon dari kebudayaan Belanda itu sendiri, muncul sebagai adat seperti lelaki muda Belanda yang menghadiahkannya kepada wanita yang akan dilamarnya dengan sebuah sepasang ukiran sepatu kayu tersebut.

2. Sejarah masa kini
Orang Belanda saat ini telah memakai sepatu kayu atau wooden clogs atau “klompen” sejak tahun pertengahan. Sebenarnya sepatu kayu ini dibuat dengan tapak kaki kayu (bagian bawah) dan kulit di bagian atasnya atau menjahit jadi satu dengan kayu. Akhirnya sepatu kayu ini mulai dibuat secara keseluruhan dari kayu untuk melindungi seluruh bagian kaki. Sebenarnya, jenis kayu alder, willow dan kayu poplar yang sering digunakan. Serikat pekerja pembuat sepatu kayu (clogs) ini sudah ada sejak dari tahun 1570 di Belanda.

3. Industri sepatu

Di Belanda, sepatu kayu ini dipakai oleh para petani, nelayan, pekerja pabrik, pekerja tangan yang ahli untuk melindungi kaki mereka dari paku, kail pancing dan peralatan lain yang tajam yang mana biasanya alat-alat ini bisa menembus pada sepatu boot tetapi tidak akan menembus pada sepatu kayu ini. Ketika kita berada di perahu, dermaga maupun area berlumpur pun, sepatu kayu ini akan menjaga kaki tetap kering.

4. Tari wooden clogs

Sepatu kayu ini juga dipakai sebagai salah satu bagian kostum tradisional yang tidak boleh ketinggalan untuk tarian sepatu kayu di Belanda atau sering disebut Klompendanskunst. Sepatu kayu untuk tari ini dibuat berbeda sehingga mereka akan terasa lebih ringan. Bagian alasnya dibuat dari kayu pohon dan bagian atasnya dipotong lebih rendah hingga pergelangan kaki. Penari membuat sebuah irama dengan cara ketukan ujung kaki dan tumit pada lantai kayu.

PEMBUATAN SEPATU KAYU
Saat ini sepatu kayu ini hampir kebanyakan dibuat menggunakan mesin. Tidak banyak para pembuat sepatu kayu ini yang tertinggal, mereka bisa ditemui di beberapa area kunjungan wisatawan di Belanda. Para pengrajin ini mepertunjukkan banyak alat yang mereka gunakan dan bagaimana mereka memilih batang pohon atau batang kayu berdasarkan ukuran sepatu yang akan mereka buat. Sepasang sepatu itu harus dibuat dari jenis kayu atau batang pohon yang sama, bahkan sebuah pohon yang ada si area yang sama, sehingga kayu akan menyusutkan harga tarif yang sama. Biasanya kayu sycamore, alder, willow,dan poplar digunakan untuksepatu kayu buatan tangan, dan untuk birch digunakan untuk buatan mesin. Sepatu kayu buatan Negara Belanda ini harus melewati uji yang ketat yang mana itu mengukur bagaimana sepatu ini bertahan pada tingginya suhu dan beratnya beban.

DEKORASI
Sepatu kayu Belanda ini dapat dibuat polos, diwarnai dengan cat dan di ukir. Pemberian warna (cat) sepatu ini adalah sebuah adat lama yang kembali pada mulainya sejarah mereka. Seniman pertama yang mengecat sepatu kayu ini adalah Pieter Brueghel the Elder pada tahun 1550

FAKTA KEUNIKAN SEPATU KAYU
Setiap Bulan Juni, Perkumpulan Baseball Amerika dari The Hague mensponsori sebuah pertandingan baseball Amerika dimana kedua tim tersebut bermain dengan menggunakan sepatu kayu (clogs).
Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu “klompen”. Berarti nggak ragu lagi dong kalo berkunjung ke Negeri Kincir (Belanda) nanti nyobain pake “klompen”nya. Selamat Mencoba. ^_^

– ditulis oleh Delvi Eka P.

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#342 Nyamannya Pakai “Klompen” dari Negeri Kincir

  1. bisa disewa dimana ya kostum dan sepatu clog tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s