#343 Dutch Salah Satu “Crucial Player” di Industri Gaming Dunia

Gaming?? Siapa yang nggak suka nge-game??. Salah satu aktivitas yang membuat bosan kita hilang dan mengisi waktu luang kita. Bahkan dari yang anak-anak sampai yang tua pun suka game bahkan banyak dari mereka yang “addicted by game online”.

Saat ini game online lagi booming. Beberapa tahun yang lalu, game online sudah mulai berkembang sangat pesat. Dengan maraknya game online ini, perusahaan game Dutch juga nggak mau ketinggalan dong. Mereka juga secara signifikan telah mengikuti perkembangan game online saat ini. Bahkan institusi edukasi Belanda telah memberikan tanggapan pada maraknya tren ini dengan cara diselenggarakannya pengembangan kursus dan kurikulum untuk mendukung perkembangan di sektor game ini. Saat pasar dunia game dikuasai oleh perusahaan luar negeri, Dutch menegaskan untuk tetap menunjukkan yang terbaik pada pasar seperti gaming yang casual dan serius. Spil games adalah salah satu sistem game online yang terluas. Website dari spil game ini menarik perhatian 130 juta pengunjung di setiap bulannya. Di bidang industri game ini, perusahaan game Belanda juga memperkenalkan beberapa hasil karyanya seperti Overlord (Triumph) dan Killzone (Guerilla).

Ada dua macam tren di dunia yang biasa dikenal. Yang pertama, kemajuan hardware gaming yang membuat game secara grafik lebih menarik. Yang kedua, jaringan komunikasi yang lebih cepat dan lebih tersebar luas yang mungkin membuat game itu dimainkan lebih lanjut dalam game online. Hadirnya perkembangan broadband dan jaringan 3G+ berhasil memperbaiki akses internet dan menimbulkan semakin banyaknya penggunaan jejaring social dan internet mobile.

Pada sector gaming, perbaikan jaringan telah menuju munculnya Massive Multiplayer Online Games (MMOGs) dan telepon seluler dan permainan pada umumnya (World of Warcraft dan Farmville).

Dan trend lain baru-baru ini adalah pengembangan game-game yang bersifat serius. Maksudnya game disini adalah sebuah simulasi atau game yang untuk tujuan yang mempunyai nilai pendidikan. Game-game ini dapat digunakan pada proses pencalonan, pelatihan respon darurat atau kumpulan praktik keahlian dari kegiatan mengemudi sampai pemahaman tingkah laku.

Pemerintah Belanda juga mendukung perusahaan dalam pendanaan. Pemerintah Belanda menyediakan jaminan untuk keamanan dan pinjaman bisnis, fasilitas microfinance, dan mendukung dana modal usaha yang ditanam dalam teknologi.
Nah, nggak cuma itu saja loh. Mereka juga telah membuktikan bahwa:

1. Industri game Belanda sedang berkembang. Di tahun 2010 ada 173 perusahaan game di Belanda yang memperkerjakan sebanyak 2.300 pekerja. Jumlah pergantian dari industri gaming Belanda ini diperkirakan mencapai 145 juta Euro di tahun 2009. Sejak tahun 2004 jumlah perusahaan game ini meningkat menjadi 39. Jumlah pekerja yang bekerja didalamnya juga hampir pada periode yang sama meningkat dua kalinya dari 1200 hingga 2300.

2. Aktivitas utama yang dilakukan perusahaan gaming Belanda adalah pengembangan game (30%), advergaming /game portals (20%) dan penerbitan dan pengembangan (17%). Penerbitan MMO dan pengembangan (10%) dan penerbitan serious game dan pengembangannya (8%).

3. Penjualan game di Belanda telah meningkat pesat di tahun lalu. Tahun 2009 ada 9,3 juta pemain game di Belanda, yang keluar dari total populasi 16,5 juta. Pasar Belanda untuk game 931,6 juta Euro (tahun 2009) yang meningkat 18,9% dibanding tahun 2008 dimana rata-rata biasanya hanya meningkat 19,4% tiap tahunnya sejak tahun 2004. Ada tiga pabrik utama yang beroperasi di Belanda diantaranya adalah Nintendo (27,7% dari saham pasar), Sony (16,6%) dan Microsoft (11,2%).

4. Pasar game online di Belanda merupakan 3 terbesar di Eropa. Pasar game online Belanda terdiri dari 12,2% pasar game online Eropa Barat.

5. Bagian pertumbuhan tercepat di Belanda adalah pasar iklan yang mana mereka harapkan dapat bertambah 15,6% per tahun pada periode 2010-2014. Tahun 2009 pasar untuk iklan game di Belanda 16 juta Euro, dan di tahun 2014 di harapkan hasil pada bagian ini mencapai 33 juta Euro.

6. Untuk bagian game online diharapkan meningkat paling cepat (9,1% per tahun), pasar game wireless (7,7%) dan pasar untuk console game (5,4%). Pasar untuk game PC diharapkan turun rata-rata 3,2% per tahunnya.

– ditulis oleh Delvi Eka P.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s