#347 Inovasi Tiada Henti

Jika kita mendengar kata Negara Belanda, pasti yang ada didalam benak kitatersirat tentang kincir angin. Mungkin itu adalah salah satu dari hasil inovasi para ilmuwan-ilmuwan belanda. Masih banyak yang belum kita ketahui hasil-hasilpenemuan dari ilmuwan-ilmuwan belanda yang sangat mencengangkan danberpengaruh bagi kehidupan. Ada beberapa hasil penemuan dari ilmuwan-ilmuwanbelanda yang sangat berpengaruh bagi kehidupan yakni, pertama, mikroskopditemukan oleh Zacharias Janssen, tahun 1590. Coba kita pikirkan bagaimana nasibdunia sains jika tak ada mikroskop. Benar-benar memilki nilai manfaat yang sangatbesar. Seorang peneliti di bidang biologi tak dapat mengidentifikasikan danmenganalisis bakteri jika tak ada mikroskop. Kedua, Lensa ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek tahun 1668.

Pada awalnya ia hanya belajar membuat lensa dan dengan cermat dan tepatdia menggosokan lensa sehingga ia dapat membuat mikroskop sederhana yang daya pengamatannya lebih kuat dan jauh lebih baik dari mikroskop yang telah ada. Berkat lensa pada mikroskop buatannya itulah ia berhasil menemukan protozoa danbekteri. Peribahasa yang tepat untuk menggambarkan cerita dari Antony van Leeuwenhoek adalah sekali dayung, dua pulau terjelajahi. Ketiga, Teleskopditemukan oleh Hans Lippershey tahun 1608.

Walaupun pada awalnya banyak perdebatan tentang penemun teleskop, akan tetapi ia dinobatkan sebagai penemu teleskop karena ia berhasil mendesaindan menciptakan teleskop sederhana yang pertama. Teleskop temuan Galileo pun merupakan hasil modifikasi dari teleskop ciptaan Lippershey. Keempat, “Vibration Energy” merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Tauwdan University of Twente. Sungguh menakjubkan bukan? Sebuah getaran kendaraan yang ada di jalan dapat menghasilkan energi listrik. Mungkin hasil penelitian ini tepat untukditerapkan di Indonesia yang sedang meributkan kenaikan harga BBM danpembatasan konsumsi BBM akibat kelangkaan sumber daya minyak yang semakin lama semakin habis sedangkan konsumsi atas BBM semakin banyak. Inovasi-inovasi yang solutif yang dilakukan oleh para ilmuwan belanda menunjukanalangkah terampilnya dan sangat bekerja keras mereka dalam berkontribusimemecahkan permasalahan-permasalahan hidup. Mungkin inilah buah manis yang didapatkan oleh negara yang sadar akan pentingnya “pendidikan”. Tak dapatdielakan bahwa belanda sangat serius dalam memberikan pelayanan-pelayananpendidikan, bahkan tak tanggung-tanggung berkualitas internasional danmemberikan akses ekstra pada para pelajarnya.

Hal yang wajar jika penemuan-penemuan yang mencengangkan berasal daripara ilmuwan-ilmuwan belanda. Terlihat bahwa inovasi di belanda merupakan modal untuk pembangunan nasional, bahkan sangat bermanfaat bagi kehidupanumat manusia di dunia baik di masa lau, masa sekarang maupun di masa yang akandatang. Mungkin berinovasi dalam perspektif masyarakat belanda sudah merupakantradisi yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan mereka. Terbukti dari mikroskopsampai vibration energy telah membuktikan bahwa di belanda inovasi merupakansebuah aktivitas yang tiada henti dan tak ada matinya. Dari dulu sampai dengansekarang belanda selalu unggul dalam berinovasi. Inovasi merupakan keindahannegerinya, seindah bunga tulip yang dimilikinya.

– ditulis oleh Arjuna Putra A.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s