#348 Dari Sepeda Onthel Sampai Mobil Terbang

Jika kita melihat bangunan gedung-gedung tua yang ada di Indonesia pada umumnya merupakan hasil kekreativitasan arsitektur dari Negeri Kincir angin, keberadaan gedung tersebut sangatlah antik, unik dan mempunyai nilai seni yang tinggi. Tak heran jika banyak menarik wisatawan asing dan domestik. Mungkin jika kita berbicara barang antik dari Negeri Belanda, kita mengira hanya gedung-gedung arsitektur kuno ala belanda yang manjadi bukti kekretivitasan nilai-nilai seni yang terdapat dalam produk kreatif ala belanda. Kita salah, ternyata bukan hanya gedung-gedung arsitektur kuno saja yang memperlihatkan indahnya nilai seni produk ala belanda. Anda Tahu sepeda onthel? Ya sepeda onthel merupakan produk dari kekreativitasan ala belanda.

Sepeda onthel yang terkenal unik, nyeni, dan antik ini dibuat dengan bentuk yang beranekaragam yakni menyesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya serta kebutuhan akan sepeda pada waktu itu. Hal ini menandakan bahwa kekreativitasan produk ala belanda ini bukan hanya menonjol dalam aspek seni akan tetapi juga memperhatikan aspek utility serta memberi jawaban solutif dan tanggap akan masalah-masalah yang ada. Terbukti keberadaan sepeda onthel buatan belanda di Indonesia sekarang ini menjadi primadona di dunia sepeda antik Indonesia. Harganya pun mencengangkan, dan setiap penggemar sepeda onthel pasti ingin memilikinya. Motif dan bentuknya sangat klasik dan mempunyai ciri khas tersendiri sehingga sangat mudah menarik peminatnya. Ini merupakan hasil kekreativitasan orang belanda di masa lampau.Adakah penemuan yang unik, nyentrik dan keren ala belanda di era modern saat ini?

Ya ada, yakni “Mobil Terbang”. Mobil Terbang ini merupakan hasil Inovasi dari Perusahaan Belanda PAL-V (Personal Air and Land Vehicle), dan Belanda National Aerospace Laboratory juga Delft University. Kehadiran Mobil Terbang ini merupakan sebuah jawaban dari tantangan dan hambatan dunia transportasi saat ini. Mobil Terbang inipun sangat membantu aktivitas manusia se-antero dunia. Mereka tak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Dapat menempuh waktu yang lebih cepat untuk mencapai lokasi tujuan yang jauh sekalipun. Ini merupakan hasil inovasi yang memberikan sumbangsih besar bagi dunia transportasi dan teknologi serta ilmu pengetahuan sejagad raya. Benar-benar menakjubkan. Hal semacam inilah yang dibutuhkan untuk menjawab tantangan globalisasi yang penuh dengan permasalahan yang rumit dan kompleks.Kondisi demikian pun menandakan bahwa kekreativitasan orang belanda tidak berhenti pada generasi pendahulunya, namun para generasi penerusnya semakin ulet dan cerdik sehingga dapat memecahkan permasalahan di era globalisasi saat ini.

– ditulis oleh Arjuna Putra A.

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s