#351 Inovasi Tiada Henti di Negeri Miskin SDA

Pernah membayangkan mobil terbang seperti di cerita Harry Potter karya J.K Rowling hadir di dunia nyata? Mobil terbang itu sekarang bukan hayalan. Para ahli di Belanda berhasil mewujudkannya.


Mobil Terbang
Perusahaan Belanda, PAL-V (Personal Air and Land Vehicle) berhasil mengembangkan prototipe mobil terbang dan sukses diujicobakan melakukan perjalanan darat dan udara. Rangkaian uji coba mobil terbang berlangsung di pangkalan udara Gilze-Rijen , akhir Maret 2012. Kendaraan itu berhasil terbang mulus pada ketinggian 400 meter di wilayah Brabant, Belanda Selatan.

Mobil beroda tiga, berkapasitas dua penumpang ini sangat ramping, ringan dan menggunakan rotor untuk terbang. Kendaraan ini menggabungkan mekanisme mesin hidrolik dengan sistem kemudi yang mudah seperti sepeda motor.

Meski miskin sumber daya alam, Belanda kaya akan kreativitas. Mereka berpikir satu langkah ke depan dengan menggunakan biodesel dan bioethanol yang ramah lingkungan untuk bahan bakar mobil terbang.

Didukung oleh mesin 160 kW, mobil PAL-V diklaim mampu melaju 100 km/jam hanya kurang dari 8 detik. Bila sudah terbang, kecepatannya menjadi 180 km/jam. Mobil bisa melaju sampai 400 kilometer jika bahan bakar penuh.

Untuk terbang, mobil harus berhenti dulu, kemudian ekornya akan memanjang dan sayap muncul. Setelah 10 menit, mobil pun siap tinggal landas. Saat tidak untuk terbang, rotor akan melipat secara otomatis.

Kendaraan ini butuh landasan minimal 165 meter untuk take off dan 30 meter untuk mendarat. Mobil yang diklaim mampu terbang setinggi 1.200 meter ini, dilengkapi Visual Flight Rules (VFR) yang memungkinkannya pergi ke berbagai negara tanpa perlu mengajukan rencana penerbangan sebelumnya. Asyiknya lagi, siapapun yang punya surat izin mengemudi dan lisensi terbang dapat mengemudikan mobil ini.

Pesaing dan Peminat
Saat ini pesaing PAL-V adalah perusahaan Amerika, Terrafugia yang berhasil membuat model yang sama pada 2009. Terrafugia dikabarkan membandrol mobilnya seharga 279.000 dolar. Sementara mobil PAL-V dijual senilai 200.000 euro. Mobil yang rencananya akan diluncurkan di pasaran Maret 2014, sudah dibanjiri peminat, dari perusahaan tambang, lembaga penegak hukum, militer dan dokter.

Mobil Tenaga Surya
Rasanya tak berlebihan jika Belanda disebut negara inovatif. Selain mampu mewujudkan mimpi mobil terbang, mereka juga handal dalam teknologi mobil tenaga surya seperti yang diciptakan oleh mahasiswa Delft University of Technology.

Setiap dua tahun, mahasiswa dari TU Delft yang tergabung dalam Nuon Solar Team merancang dan membuat kendaraan bertenaga surya. Anggota tim ini berasal dari latar belakang studi yang beragam seperti Teknik Elektro, Aerospace, Desain Industri, Teknik Mesin dan Fisika Terapan. Dengan dukungan sponsor dari sebuah perusahaan energi di Belanda, mahasiswa beda jurusan itu berkolaborasi untuk membuat mobil bertenaga surya yang diharapkan mampu melesat tercepat dalam “Solar Racing” tingkat dunia.

Sejak 2001, Tim Delft itu ikut serta dalam “The World Solar Challenge” yang diadakan di Australia. Puluhan tim dari universitas teknik dan perguruan tinggi di dunia bersaing ketat dalam balapan dari Darwin ke Adelaide dalam satu putaran, dengan jarak 3000 kilometer. Dan hebatnya, Nuna—mobil tenaga surya yang mereka ciptakan mampu memenangkan empat kali dari lima pertandingan sejak 2001 hingga 2011. Ungkapan “Success requires a “go and do it” mentality” tampaknya menjadi modal utama mereka untuk meraih keberhasilan.

– ditulis oleh Siti Anisah Susana

40 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

40 responses to “#351 Inovasi Tiada Henti di Negeri Miskin SDA

  1. Salman Nasution

    Untuk teknologi, dari dulu saya suka kreatifitas dan inovasi Belanda yang berbasis green technology. Mantap San!

  2. ahmed ilmaniz

    negara yang miskin akan SDA namun kaya akan SDM..
    sehingga bnyak inovasi-inovasi di berbagai bidang…

  3. fajree

    belanda memang gak ada matinya dalam bidang teknologi. dan meciptakan kreatifitas dan menggabungkan dg teknologi yang ada.
    mari ambil sisi positif belanda dan tebarkan dalam nilai dalam kehidupan kita:)
    nice aticlel teman:)

    salam kenal teman2 semua, saya juga peserta kompiti blog:)
    suatu kebahagian tersendiri bagi saya apabila teman membaca tulisan saya dan dapat mengambil manfaat dari tulisan saya tersebut.
    mari berbagi tulisan,
    selamat membaca🙂

    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/

    • Susana

      Salut buat Belanda karena mereka terus membuat terobosan-terobosan baru dalam bidang teknologi, industri kreatif dan pertanian. Semangat suka berinovasi dalam hal positif dari Belanda memang harus kita tiru.

      Terima kasih atas komenmu Fajree

  4. hadiiswa

    Itulah kehebatan negeri Belanda (negeri yg pernah menjajah Indonesia)…banyak sekali teknologi yang diwariskan kepada Indonesia…di saat Indoneisa di jajah Belanda, saat itu pula sudah ada alat transportasi kereta api dengan rel kereta yang membentang di sepanjang pulau Jawa. Belum lagi dibangunnya jalan dari Anyer sampai Panarukan. Apalagi karya arsitektur bangunan yang sampai sekarang masih menjadi rekomendasi bangunan2 modern. Seiring berjalannya waktu, tentu inovasi2 baru tentang teknologi selalu ditelurkan oleh negeri Belanda…good news

    • Susana

      Ayo Indonesia, kita bangkit dan segera menyusul Belanda dalam pencapaian-pencapaian yang positif seperti inovasi dalam bidang teknologi dan transportasi.

  5. teghar

    berfikir teknologi, berfikir tentang kurikulum pendidikan. karena pada dasarnya teknologi itu hasil dari pendidikan. kita perlu belajar pada negara seperti belanda tentang bagaimana ia bisa berbuat seperti itu terrmasuk tentang mental yg ada. sebenraya kita sudah ada sedikit kemajuan dg munculnya mbl esemka. tp sayang kita terlalu bangga berlebihan padahal baru bs merakit blm menciptakan. dan jg hobi kita selalu memberi memberi komentar negatif yg tak jd solusi. krn urusan politik selalu ada.

    • Susana

      Teknologi dan pendidikan memang saling terkait. Pendidikan yang bisa memunculkan ide-ide kreatif serta “liar” perlu ditingkatkan. Mental PD juga harus kita punyai agar tidak kalah sebelum bertanding.

  6. fajree

    wah artikelnya unik sekali. teman🙂 meninspirasi untuk lebih baik🙂
    salam kenal yaa. mari saling berbagi tulisan. menang urusan belakangan, yang penting ketika tulisan yang saya buat di baca oleh orang lain, itu sudah menjadi kemenangan dan kebahagian tensendiri bagi saya,

    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/
    dan
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/
    selamt membaca🙂
    semangat teman!

  7. Indonesia got so many natural and human resources. But the government seem to have too many other problems, or maybe they just don’t care. So, I guess we should stand on our own to build this country.😀

    • Susana

      Indonesia is actually the wealthiest nation in the South East Asian region. The vast amount of natural resources beneath the Indonesian soil and waters is so abundant and virtually limitless. Experts estimated that these abundant resources, if utilized properly and traded fairly in world’s market, are more than enough to pay for the education and health care of every single citizen of Indonesia.

      So, I guess if the government really has a good will to develop this country; our nation can be the Asian “tiger”.

  8. susi

    Sebenarnya kita bisa seperti mereka karena didukung SDM dan SDA yang cukup. yang dibutuhkan adalah kemauan dari pemerintah bagaimana caranya agar bisa mengembangkan kemandirian industri di dalam negeri.

  9. Belanda memang suka bermimpi dan terbukti mampu mewujudkannya. maka dari itu, marilah kita bermimpi agar bisa menciptakan detektor antikorupsi agar tidak usah pengadilan Tipikor yang banyak dicurangi “oknum” tak bertanggung jawab. Mari kita bermimpi!!!

  10. wahuri

    kalau kita masih jauh untuk dapat seperti orang belanda,kita perlu lebih keras lgi dlm belajar,bu bagi infonya laagi.

    • Susana

      setuju untuk lebih keras lagi dalam belajar. kalau inovasi-inovasi yang dimiliki putra-putri Indonesia didukung pemerintah dan pihak-pihak terkait, rasanya tidak akan mustahil kalau kita bisa seperti Belanda.

  11. ardiyan_castro

    dukungan dari pihak-pihak terkait dan belum ada promosi yang masif soal prestasi/inovasi yang dicapai bangsa kita, itu hanya trjdi di negeri impian semata.. di negeri yg nyata hanya pepesan kosong belaka..

  12. Arum S. Puspita

    “Penyakit yang merongrong hati bangsa kita adalah penyakit tidak PD”, itu kata seorang dosenku.
    Setelah dipikir-pikir ada benarnya juga ya….padahal kemampuan SDM orang Indonesia banyak yang tidak diragukan lagi. Banyak ahli yang sudah dipake oleh beberapa perusahaan asing. Kenapa itu menjadi maju kita belum bisa? Tanya kenapa???!!!

    • Anisah Susana

      Bukan hanya tidak PD, tapi karena kurangnya dukungan dari pihak-pihak terkait dan belum ada promosi yang masif soal prestasi/inovasi yang dicapai bangsa kita. Misal saja mobil esemka dan penemuan sebuah alat pengubah air menjadi bahan bakar kendaraan oleh siswa SMK Langsa. Kalau didukung secara maksimal, aku yakin negara kita bisa maju.

  13. Anouk

    I like to see this! i was also a student of Delft and its fun and good to see that stories at the otherside of the world are written about our small country! i really want to fly that PAL-V haha

    • Anisah Susana

      It’s because your country has many innovations and great in technology. PAL-V is one examples of them. I think it would be fun to fly with the flying car–it feels like in a movie.😀

  14. Joko

    The competition to ”go green”, is something were the Dutch are taking an important step. Development is fast and innovations as described by Anisah are important lessons about what’s possible. Interesting article about Dutch innovations!

    • Anisah Susana

      Wow, it’s an honour for me that a dutch gives a comment to my article. Your country is indeed developing “go green” in almost of the technology you have. That is a smart way in keeping a healthy environment.

  15. seharusnya pemerintah melihat postingan2 dan berita seperti ini….🙂

  16. trembes

    he he he geli juga mengupas soal inovasi,orang kita sebenarnya jg luar biasa…. contohe kecilnya orang tegal terkenal dengan cetakan part rakitan mesin alias imitasinya atau istilah bengkel “diakali”dan itu seantero jagat indonesia tau,sebenarnya di negeri kita ini salah management pemerintahane bae….

    • Anisah Susana

      trembes, mari berharap Indonesia ke depan bisa lebih baik. tetap optimis dan berusaha memajukan tanah air tercinta ini. mungkin kita bisa mulai dari hal kecil dengan cara mengenal inovasi-inovasi anak negeri dan memberikan dukungan sambil terus belajar dari negara-negara maju seperti Belanda

  17. Keren! Pemikiran futuristik perlu juga lo, walau kadang terlihat impossible. Memang dulu ada yang menyangka mobil terbang itu kenyataan. Sekarang semua bisa diwujudkan. Yuk marik kita berimajinasi dan berilmu agar bisa mewujudkannya (apalagi kalo bs menuntut ilmu di Belanda :P)

    • Anisah Susana

      sepakat. banyak hal hebat berawal dari mimpi/imajinasi. Yang paling terus berusaha dan percaya diri untuk mewujudkannya. Semangat Zulfika, semoga mimpi kita menuntut ilmu ke Belanda bisa tercapai.

  18. andri agus fabianto

    Gw yakin kalo generasi muda Indonesia ke depannya bisa seperti ini. Asalkan dapat dukungan dari pemerintah dan pihak-pihak terkait.

  19. Devi Asriana

    Teknologi canggih yang ramah lingkungan, semoga dimasa depan Indonesia mampu seperti ini…

  20. hasti

    kita masih bermimpi membuat mobil terbang,,..dan bangsa kita harus tetap belajar seperti negeri kincir angin… kreatif dan inovatif…
    harapan pun tetap ada untuk jadi bangsa produsen bukan bangsa konsumen…
    Mobnas mimpi yang harus segera jadi nyata,.. esemka dan teman2 nya hasil karya anak bangsa harus terus kita dukung…

  21. wahhhhhhhhhh!!!! hebatttttttttttt!!!!!!!

  22. adjie

    mau kendaraan kaya giniiiii !!!

  23. mazandy

    Tulisan yang bagus Ms. Suzan.
    Saya yakin sebenarnya SDM kita mampu kok membuat inovasi-inovasi baru.

  24. lutfi jayadi

    Bukan hanya mengatur aliran air yang rumit tapi juga membuat mobil terbang, mengagumkan! tulisan yang menarik

  25. BuleTom

    Hi I’ve seen a few innovations come out of Indonesia’s technical colleges. And whatever many think of him, former President BJ Habibie did much to usher along engineering capacity in his time as minister in the 1990s. Let’s hope in the future Indonesia’s innovators get the funding and institutional back up their creations need to hit a world stage. Great blog post , Ms. Anisah.

  26. wuih hebatnya… kapan ya mahasiswa indonesia bisa kayak gitu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s