#354 Surat Bersampul Orange dari Negeri Koninkrijk der Nederlanden

Surat itu telah lama kutunggu, dari seorang sahabat lawas di negeri nun jauh di sana. Sebuah negeri dengan seribu kincir angin yang terus berputar di langitnya nan biru sembari aroma tulip menyeruap hingga mengendap dalam rabu. Dalam suratnya ia bercerita tentang nikmatnya seseduh kapuchino sembari bercengkrama dengan hangatnya sinar matahari di teras kafe Den Haag saat Musim Semi. Orang-orang menawarkan senyumnya yang akrab dan bersahabat sambil di tangannya sebuah koran pagi yang memberitakan big match PSV-Eindhoven vs Ajax yang spektakuler.

Paling tidak begini isi surat itu
“Apa kabar sahabat? Dirimu dan negeri Nyiur Timur kita?, di sini, banyak hal yang menarik yang aku jumpai, masyarakatnya yang bersahabat, terbuka, ulet dan tentu kreatif. Kreatifitas adalah sebuah hal yang telah mereka pelihara semenjak dahulu. Dengan inovasi dan kreatifitas berbagai kesulitan hidup telah mereka lalui sejak lampau. Tantangan hidup berupa kondisi geografis dengan hampir separuh dari wilayahnya berada kurang 1 meter dpl terutama di Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dpl dengan kreatif mereka atasi dengan membangun Dam dan pengeringan air laut lewat kincir angin. Bahkan kreasi dibidang arsitek dan konstruksi itu melahirkan “Afsluitdijk” (Penutup Tanggul), sebuah karya arsitektur yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m.

Sahabat, di negeri dengan peraih Nobel terbanyak ke-10 di dunia ini kreatifitas dan Inovasi seperti terus hidup dan tiada pernah berakhir dalam berbagai bidang. Kenapa demikian? Sebuah contoh ketika negara lain masih berfikir pada konsep mobil konvensional, namun negeri ini telah merancang sebuah mobil Spark dan Pal-V Europe NV menghadirkan PAL-V: kendaraan inovatif yang dapat dikemudikan seperti mobil dan terbang seperti gyrocopter. PAL-V, ini dengan mudah bisa berubah dari mode drive ke mode fly. Prototipe PAL-V telah dikembangkan dan diharapkan pada 2014 nanti mobil tersebut akan dirilis secara massal.

Sahabatku, Industri kreatif di negeri ini ternyata berhasil memberikan kontribusi terhadap roda perekonomian negara. Data pada tahun 2009 lalu yang dirujuk dari Explorative Study of the Creative Industry menyebutkan bahwa kontribusi industri kreatif di Belanda mencapai sekitar 16,9 milyar Euro, atau lebih dari 3% GDP. Pertumbuhan yang signifikan tercatat pada sektor industri desain, arsitektur, fashion, seni pertunjukan, tari, format tv, software, dll. Bahkan ekspor pertahun dari industri kreatif mencapai 7 milyar Euro atau 1,7 % total ekspor Belanda.

Ternyata negeri ini telah memantapkan cikal bakal kreatifitas semenjak dini di ruang-ruang pendidikan. Pola dan model pendidikan yang dikembangkan begitu menghargai kebebasan berkreatifitas dan berinovasi bagi siswanya. Sekolah tidak saja sebagai ruang transformasi pengembangan kognitif tetapi juga mengembangkan budaya kreasi dan inovasi setiap individu. Tidak hanya itu pemerintah Belanda melalui Dewan Industri Kreatif Belanda (Dutch Creative Industries Council) memiliki perhatian yang luar biasa terhadap perkembangan industri kreatifnya. Sekian dulu sahabat, Dilain waktu aku lanjutkan.

Aku melipat surat itu. Udara menjalar menerawang, mataku memandang sebuah almanak di atas meja. Gambar itu, negeri Koninkrijk der Nederlanden dengan seribu kincir angin di langitnya, suatu saat aku akan menjengukmu ke sana sahabat.

– ditulis oleh Kurnia Hadinata

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s